Bluefire Ijen Challange 2020 Banyuwangi, Balap Sepeda Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Protokol Kesehatan Yang Ketat

Bluefire Ijen Challange 2020

Yang hobi gowes yuk ikutan balap sepeda santai Bluefire Ijen Challenge 2020. Di tengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya, Banyuwangi tetap berusaha membangun dan mengembangkan sektor pariwisata. Setelah cukup lama tidak menggelar even olahraga, kali ini ada ajang sport tourism yang dipersembahkan bagi gowes mania.

Momennya pas, karena Indonesia lagi demam bersepeda. Buat kamu yang selama ini cuma main sepeda di sekitar tempat tinggal, sekaligus yang sudah lama tidak berwisata, ini kesempatan yang bagus.

Yang hobi gowes dapat tantangan yang menyenangkan, yang lama kurang piknik bisa melepas kerinduan.

Blurefire Ijen Challange 2020

Banyuwangi Bluefire Ijen Challenge 2020, menurut Guntur Priyambodo, Ketua Pengkab Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Banyuwangi, adalah even sport tourism dalam bentuk Race dan Fun Bike (balap sepeda dan sepeda santai). Jadi ada kompetisinya tapi juga ada unsur santuy-nya.

Lomba balap sepeda Banyuwangi Bluefire Ijen Challenge digelar pada 17 Oktober 2020 dengan menempuh jarak sekitar 34,04 kilometer. Peserta start di depan Pendopo Sabha Swagatha Blambangan dan finish di Gantasan, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Kategori Lomba

Ada dua kategori lomba dalam Bluefire Ijen Challenge Tahun 2020. Yaitu kategori balapan (Race) dan kategori sepeda gembira (Fun Bike).

Untuk peserta pria dibagi dalam beberapa kelompok umur (KU) yaitu;  KU 18 – 35 Tahun, 36 – 40 Tahun, 41 -  45 Tahun, 46 – 50 Tahun dan Diatas 50 Tahun. Sedangkan untuk peserta kelompok wanita sifatnya terbuka dan tidak dibagi dalam kategori usia.

rute tanjakan di Gantasan, Licin, Banyuwangi.
Tanjakan di Gantasan yang cukup menantang (via https://www.instagram.com/eko_ibnul_aljauziyah)


Protokol Kesehatan Dalam Bluefire Ijen Challenge Tahun 2020

Meskipun even balap sepeda, seperti Bluefire Ijen Challenge 2020, berpotensi menimbulkan kerumunan ratusan peserta, pihak panitia berupaya maksimal menekan resiko penambahan kasus Covid-19.

Pihak panitia telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Kesehatan  (Dinkes) serta stakeholder yang lain untuk memastikan bahwa gelaran Banyuwangi Bluefire Ijen Challenge Tahun 2020 bisa dilanjutkan dan mendapatkan rekomendasi aman bagi potensi penyebaran Covid-19 bagi para peserta, penyelenggara, masyarakat maupun semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan lomba.

Simulasi pelaksanaan lomba pun terus dilakukan untuk memenuhi standar protokol kesehatan.

Untuk mengikuti lomba peserta wajib menjalani rapid test. Dan dalam pelaksanaan lomba balap peserta wajib menjaga jarak mulai dari start sampai finish.

Peserta kategori fun bike, selain wajib mengenakan masker saat start dan selama lomba, pada saat start dibuat model grip seperti pada lomba motor GP.

Selama dalam perjalanan peserta diatur berjajar dua sepeda dengan jarak 1,5 – 2 meter. Untuk peserta fun bike masker wajib dikenakan selama lomba. Sedangkan untuk kategori Race di jalan yang menanjak boleh melepaskan masker karena membutuhkan oksigen yang cukup dan jarak antar peserta diperkirakan tetap aman dan terjaga.

Mengenal Wisata Gantasan


spot view keren Gantasan, Licin, Banyuwangi.
Salah satu spot panorama Gantasan (via https://www.instagram.com/banyuwangibeautiful)

Kawasan Gantasan dipilih sebagai tempat finish Bluefire Ijen Challenge 2020. Tentunya ada tujuan dibalik itu. Pastinya sekalian untuk mempromosikan potensi wisata Gantasan.

Memang ada apa di Gantasan?

Mungkin masih banyak yang asing dengan nama Gantasan. Traveler luar kota bisa jadi lebih mengenal Tamansari. Padahal Gantasan itu merupakan bagian dari Desa Tamansari, Kecamatan Ijen, Banyuwangi. 

Siapapun yang sedang menuju ke Kawah Ijen dari arah Banyuwangi, pasti akan melewati Gantasan.

Gantasan itu sebuah rest area atau tempat peristirahatan yang berada di tepi jalan ke arah Paltuding, pos awal pendakian Kawah Ijen. Kalau dari arah Banyuwangi posisinya di sebelah kanan jalan.

Panorama cantik di Gantasan (via https://www.instagram.com/azkafauziya)

Areal rest area Gantasan memang tidak terlalu luas, namun tidak ada salahnya kamu menyempatkan diri mampir sejenak di sini. Entah sekedar beristirahat, mengisi perut yang sudah keroncongan, atau mampir ke toilet. Di sini terdapat beberapa cafe sederhana yang sudah dilengkapi fasilitas umum seperti toilet dan mushola.

Gantasan memiliki sebuah spot view yang keren, dimana kamu bisa melihat kota Banyuwangi dan selat Bali dari ketinggian. Pada pagi hari juga bisa melihat sunrise yang keren dari Gantasan. Dan tentunya ini juga menjadi spot foto yang instagramable. 

Apalagi rest area Gantasan juga sudah menjadi salah satu titik kumpul komunitas bersepeda maupun motoris Banyuwangi. Rute jalan dengan tanjakan dan tikungan yang cukup menantang, disamping keindahan di sepanjang perjalanan yang dilewati, membuat Gantasan layak dijujugi.

Balap sepeda Blurefire Ijen Challange 2020 akan berakhir finish di Gantasan. Tapi bisa jadi ini akan menjadi momentum awal kesadaran traveler akan keindahan alam Gantasan. 


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

1 komentar:

  1. Terimakasih informasinya Banyuwangi Bagus:) Selalu menjadi blog yang update dalam memberikan informasi terkait Banyuwangi yaa. Kami dari Yukbanyuwangi sangat terbantu dengan blog ini. Monggo jika ingin sila melihat website kami

    https://www.yukbanyuwangi.co.id/tour/open-trip-ijen-baluran
    https://www.yukbanyuwangi.co.id/tour/open-trip-kawah-ijen
    https://www.yukbanyuwangi.co.id/tour/paket-wisata-kawah-ijen

    Terimakasih :)

    BalasHapus

Scroll to top