SOLO TRAVELING KELILING INDONESIA, ADA OJEK WISATA TRIJEK YANG SIAP MEMBAWAMU EKSPLOR DESTINASI FAVORIT


solo traveling dengan Trijek Indonesia
Trijek Indonesia, jasa ojek wisata untuk solo traveling.


Solo traveling atau solo backpacker kian diminati di Indonesia. Di berbagai grup wisata maupun backpacker di media sosial sering diposting pengalaman melakukan perjalanan wisata seorang diri di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini pada akhirnya menimbulkan inspirasi bagi orang lain untuk melakukan perjalanan serupa. 


Namun demikian, banyak juga yang masih ragu melakukan solo traveling, terutama para wanita. Biasanya yang menjadi ganjalan masalah transportasi menuju tempat-tempat wisatanya.


Salah satu solusi transportasi ke tempat wisata di Indonesia adalah sewa motor harian. Saat ini hampir semua kota di Indonesia terdapat persewaan motor untuk para traveler. 


Namun dengan alasan tertentu, seperti tidak trampil mengendarai motor, tidak punya SIM atau bahkan takut salah jalan (karena Google Maps juga suka "usil"), beberapa solo traveler merasa ragu untuk melakukannya.


Solusi lain bergabung dengan layanan open trip lokal, dimana dalam satu trip terdapat beberapa orang yang mengikutinya. 


Namun hal tersebut sebetulnya bertentangan dengan tujuan solo backpacker itu sendiri. Karena pada dasarnya solo backpacker adalah solo traveler atau solo trip, dari awal memang diniati melakukan  traveling secara mandiri.


Biasanya seseorang yang memilih melakukan perjalanan seorang diri karena tidak ingin terganggu privacynya dengan adanya perbedaan selera atau minat dengan teman seperjalanan yang bisa merusak suasana liburan.


Nah, bagi yang berencana melakukan solo backpacker di Indonesia yang nyaman, namun tidak PD untuk sewa motor sendiri, Trijek Indonesia bisa menjadi jalan keluar yang menarik.


Traveler tetap bisa melakukan solo traveling, menentukan tempat tujuan yang disukai dan waktu sesuai keinginan, namun ada orang - dalam hal ini driver Trijek - yang nota bene orang lokal, yang siap mengantarkan dan menjadi teman bicara yang hadir saat dibutuhkan.


Nah, penasaran seperti apa cara kerja Trijek, dan mengapa bisa jadi solusi perjalanan solo traveler.


Eksplor Tebing Masigit, Citatah dengan Trijek Indonesia.


Apa Itu Trijek Indonesia


Trijek Indonesia bisa menjadi solusi bagi para solo traveler yang bepergian seorang diri. 


Trijek sebenarnya adalah singkatan dari ngeTRIp by oJEK alias ngetrip dengan transportasi ojek.  Namun ojek disini bukan ojol yang tergabung dalam aplikasi seperti Go-Jek maupun Grab. 


Trijek Indonesia bisa dibilang adalah komunitas ojek wisata, jasa ojek yang khusus memfasilitasi traveler ke tempat-tempat wisata. Bukan ojek reguler yang bisa dipesan untuk mengantar ke tempat kerja, ke sekolah, pasar atau diminta membelikan makanan. 


Abang dan mbak Trijek fokus melayani ojek tour bagi solo traveler agar dapat mengeksplor wisata Indonesia dengan lebih mudah dan hemat biaya. Disini abang dan mbak ojeknya juga berperan sebagai guide lokal.   


Menurut mas Franky, selaku koordinator Trijek Banyuwangi, berdirinya Trijek berawal dari acara kumpul-kumpul sesama penyuka traveling.


Ada yang namanya Teh Dea, yang kemudian dianggap sebagai inisiator Trijek, mencetuskan ide tentang ojek wisata.


Berangkat dari hobi melakukan perjalanan wisata ke berbagai daerah, terpikir olehnya penting adanya transportasi yang bisa menghandle para solo traveler – khususnya wanita - secara aman dan nyaman.


Hal ini mengingat banyak destinasi wisata Indonesia yang berlokasi di luar kota bahkan di pelosok, dengan medan yang cukup menantang. Bagi traveler yang tak paham medan, ini bisa beresiko.


Dari sini Teh Dea mengajak beberapa pecinta mbolang untuk bikin layanan ojek wisata untuk solo traveler.


Dalam konsep Teh Dea, ojek disini tidak sekedar jadi tukang antar traveler ke tempat tertentu lalu ditinggal pergi. 


Kang driver ojek wisata dalam gagasan Teh Dea sekaligus menjadi teman mbolang bagi solo traveler yang menggunakan jasanya.


Driver yang juga ikut nemenin ekslor tempat-tempat wisata, jadi guide, ngebantu motoin, sehingga sang tamu tidak merasa jalan sendiri, walaupun mereka datang dari kota asalnya jalan sendiri. 


Bak gayung bersambung, gagasan tentang ojek wisata dianggap angin segar oleh teman-teman maupun driver ojol lain. Merekapun bersedia bergabung menjadi driver ojek wisata. Dari sini lahirnya Trijek Indonesia.


Privat trip dengan Trijek? Bisa.

Layanan  Trijek Indonesia

Layanan utama Trijek adalah jasa solo traveling dengan motor yang diberikan para mitra drivernya di suatu wilayah.

Selain ojek motor, Trijek juga memiliki layanan mobil yang disebut Tricar, namun jasa ini masih terbatas di daerah tertentu. Salah satunya di Semarang. 

Tricar memang ditujukan untuk traveler keluarga maupun rombongan kecil.

Selain itu, untuk beberapa wilayah sudah ada driver Trijek yang menawarkan layanan jastip. Yaitu jasa titip beli makanan khas daerah. 

Kesannya memang seperti layanan diaplikasi ojol ya. Namun jastip Trijek lebih customized sifatnya. Kamu bisa minta dibelikan makanan tertentu yang paling yummy di daerah tersebut, sekaligus driver akan memberikan rekomendasi tempat penjualnya yang paling mantul.



Tarif Trijek Indonesia

Sampai saat ini Trijek masih menerapkan tarif yang fleksibel. Artinya belum ditetapkan tarif baku dari pusat.

Penentuan tarif masih diserahkan ke masing-masing area trijek. Untuk setiap wilayah/kota, para driver membuat kesepakatan bersama.

Sesuai dengan kondisi setiap daerah dan destinasi wisata yang ada, driver Trijek setiap daerah menetapkan zona destinasi beserta tarifnya. Jadi semacam paket wisata.

Sebagai contoh, untuk wisata Yogya, ada paket 150K dengan destinasi tujuan Gunung Ireng (melihat sunrise), Kebun Buah Mangunan, dan Bukit Paralayang, seperti dikutip dari salah satu postingan Instragram Trijek Indonesia.

Hitung-hitung biaya per destinasi cuma 50K. Dianterin, difotoin, dijagain. Mantullah bestie ….

Di sisi lain, dari pihak pengguna jasa juga bisa request custom destinasi favorit selain paket yang telah disiapkan driver Trijek tiap wilayah. 

Berdasarkan destinasi yang dipilih, driver Trijek akan mengkalkulasi tarifnya. Jika pengguna menganggap tarif yang diajukan kemahalan, bisa menawar hingga ketemu angka yang disepakati bersama. 

Eksplor air terjun Waimtang, Sumba Timur bersama Trijek Indonesia.


Cara kerja Trijek Indonesia

Terus gimana nih jika kamu ingin menggunakan jasa Trijek? Bagaimana cara menghubungi driver Trijek, lewat aplikasi atau bagaimana?

Menurut Franky, saat ini Trijek Indonesia masih mengandalkan media sosial sebagai sarana utama komunikasi, sambil berbenah menyiapkan konsep yang lebih matang.

Untuk menggunakan jasa Trijek, pengguna yang baru pertama kali disarankan follow akun medsos Trijek Indonesia terlebih dulu. 

Dari situ lalu bisa tanya-tanya di komentar ataupun DM (direct message) menyampaikan rencana tripnya. Nanti admin akan mengarahkan ke nomor kontak driver resmi Trijek di daerah yang dituju.

Selanjutnya kamu bisa berkomunikasi langsung dengan driver Trijek yang beroperasi di daerah tujuan tripmu.

Hiddem gem Banyuwangi (foto: MbolangBanyuwangi)


Kamu bisa membuat kesepakatan tentang rencana trip, tarif dan waktu pelaksanaannya secara terbuka dan fleksibel. 

Untuk waktu pemesanan mas Franky yang juga pengelola trip MbolangBanyuwangi ini menyarankan sebaiknya tidak terlalu mendadak, meskipun bisa saja dilakukan sewaktu-waktu, sejauh jadwal drivernya kosong. Ia sendiri mengaku pernah tengah malam dihubungi untuk rencana trip esok harinya.  

Namun untuk peak season mas Franky lebih menyarankan pengguna sudah bikin janji setidaknya seminggu sebelumnya daripada kedahuluan orang lain kalau secara dadakan. 

Mas Franky tengah mengantar para tamunya mengeksplor
keindahan destinasi di Banyuwangi.


Kontak Resmi Trijek Indonesia


Dibalik sukses Trijek, tak urung mengundang para plagiator. Mereka bukan kompetitor yang meniru ide dan menawarkan jasa sejenis, namun orang-orang yang mengaku sebagai driver Trijek. Tentu saja ini tindakan yang tidak etis, sekaligus merugikan nama Trijek.


Agar tidak salah pilih dan jadi korban oknum driver yang mengaku-aku sebagai driver Trijek, padahal bukan, solo traveler yang baru pertama kali menggunakan jasa Trijek, sebaiknya menghubungi akun media sosial Trijek Indonesia.


Saat ini Trijek  Indonesia memiliki dua akun resmi di media sosial, yaitu Instagram dan Facebook. 


https://www.instagram.com/trijekindonesia


https://www.facebook.com/groups/trijekindonesia


Kamu bisa bergabung dengan salah satu diantaranya untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai akivitas dan layanan Trijek.


Kota-Kota Yang Dilayani Trijek Indonesia

Setelah sekian waktu berjalan, Trijek mulai mendapat tempat di hati traveler Indonesia. 

Dimulai dari beberapa kota, saat ini Trijek telah merambah disejumlah kota Indonesia. Tak hanya di Pulau Jawa, Trijek juga tersedia di berbagai kota di luar Jawa.


driver trijek Indonesia
Kontak driver Trijek di berbagai kota Indonesia, klik untuk memperbesar.

Total tak kurang dari 30 kota di Pulau Jawa maupun luar Jawa telah tersedia layanan driver Trijek. Diantaranya meliputi Lombok, Sumbawa, Bali, Semarang, Solo, Jogja, Banyuwangi, Batu, Malang Bromo, Bandung, Lampung, Padang, Dieng, Toraja dan lain lain.


Sementara itu banyak driver ojek di kota-kota lain siap bergabung, sehingga ke depan diperkirakan semakin banyak kota-kota yang bisa dilayani Trijek Indonesia.


Dengan konsep yang sederhana, Trijek seakan hadir di waktu yang tepat. Saat ini tren wisata di Indonesia tengah beranjak bangkit setelah dua tahun redup di tengah pandemi. Para traveler pun bergegas merealisasi rencana yang sempat tertunda. 


Kehadiran Trijek Indonesia bisa menjadi solusi bagi para solo traveling yang suka melancong sendirian ke berbagai destinasi wisata di Indonesia, termasuk ke lokasi-lokasi yang tergolong hidden gem sekalipun. 

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top