WISATA SENDANG SERUNI DESA TAMANSARI, TEMPAT REHAT SEKALIGUS PEMANDIAN ALAMI DI KAKI GUNUNG IJEN

Wisata Sendang Seruni Banyuwangi
Wisata Sendang Seruni menawarkan pesona alam yang asri dan kolam alami yang jernih.


Destinasi wisata yang berbasis masyarakat mulai banyak tumbuh di Banyuwangi. Salah satunya Wisata Sendang Seruni. Lokasinya strategis karena berada di kaki Gunung Ijen dan cukup mudah dijangkau pengunjung baik dari dalam maupun luar kota Banyuwangi.

Wisata Sedang Seruni ini merupakan bagian dari wisata Desa Tamansari yang dikelola Badan Usaha MIlik Desa (BUMDEs) bernama Ijen Lestari. Selain Sendang Seruni, sejumlah potensi wisata lain juga dikembangkan, seperti homestay, sewa kendaraan wisata, jasa pemandu wisata, dan warung kuliner khas Banyuwangi.

Mayoritas penduduk Desa Tamansari bekerja sebagai petani dan penambang, terutama tambang belerang di Kawah Ijen. Dengan berkembangnya wisata di desa tersebut, banyak warga yang nyambi menjadi tour guide lokal.

Mereka menawarkan paket wisata yang mengeksplor obyek wisata yang ada di Desa Tamansari, seperti Kampung Bunga, Kampung Susu, melihat kehidupan di kampung Penambang, menyusuri hutan pinus dan menikmati kopi desa setempat.

Desa Tamansari juga pantas dijuluki sebagai Desa Homestay, karena ada lebih dari 50 warganya yang menjadikan rumahnya sebagai penginapan. Di sepanjang jalan desa Tamansari yang dilintasi jalur menuju pendakian Kawah Ijen, berjajar rumah yang tertuliskan Homestay di depannya, belum lagi yang berada di perkampungan. Bisa dibilang, Desa Tamansari adalah salah satu surganya homestay di Banyuwangi.

Lalu seperti apa sepenggal surga yang bernama Sendang Seruni di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi itu? 


Desa Tamansari sendiri berada di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Posisinya berada di tengah-tengah antara kota Banyuwangi dengan Paltuding, pos awal pendakian ke Kawah Ijen. Sehingga sangat pas dijadikan area persinggahan untuk beristirahat sejenak atau berwisata tipis-tipis di sekitar Desa Tamansari, seperti Sendang Seruni.


Kolam alami Sendang Seruni Desa Tamansari


Wisata Sendang Seruni yang menawarkan panorama alam berupa kolam yang jernih dengan mata air jernih khas pegunungan. Nama Sendang Seruni sendiri berasal dari tanaman bunga Seruni yang tumbuh di sekitar sendang tersebut. 



 

Sendang merupakan sebuah kolam alami di pegunungan. Kolam air di Sendang Seruni memiliki kedalaman antara 130 hingga 160 cm. Terdapat 7 sumber mata air yang mengalir di sekitar sendang, tiga diantaranya berada didasar kolam. 




Dengan air yang jernih dan kedalaman kolam seukuran orang dewasa, Sendang Seruni cocok untuk berenang. Bagi yang kurang pandai berenang atau sekedar ingin berendam, pihak pengelola menyediakan ban yang bisa disewa dengan harga murah.  




Sedangkan untuk anak-anak tersedia kolam yang dangkal yang berada di sebelah kolam utama Sendang Seruni. Tentunya tetap membutuhkan pengawasan dari orangtua.


Dinamakan Sendang Seruni karena terdapat pohon Seruni di sekitar sendang.
Sebelah kiri adalah kolam untuk anak-anak dengan ketinggian air sekitar 50 cm.


Nah, bagi yang malas atau memang tidak berniat berenang, bisa memanfaatkan gazebo yang tersebar di sekitar lokasi untuk bersantai sambil menikmati suasana yang asri. Banyak juga pengunjung yang menggelar tikar di rerumputan sambil menikmati bekal dari rumah. 


Gazebo di Sendang Seruni, cocok untuk bersantai bersama keluarga.


Bagi yang sudah kelaparan atau merasa haus, tersedia warung-warung yang menyediakan makanan ringan seperti mie kuah dan gorengan atau minuman hangat. 


Deretan warung yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga merakyat.


Lingkungan alam Sendang Seruni yang alami sangat cocok untuk kegiatan outbond atau acara pengkaderan. Di sini tersedia lokasi untuk berkemah yang bisa menampung 200 orang, bahkan secara berkala digunakan untuk acara perkemahan oleh berbagai komunitas. Dilengkapi sebuah pendopo yang bisa digunakan untuk berbagai acara pertemuan.

   

Lahan perkemahan di Sendang Seruni.

Tarif masuk Sendang Seruni terbilang murah meriah. Pengunjung hanya ditarik tiket masuk sebesar Rp 5 ribu plus parkir kendaraan. Sementara fasilitas yang tersedia cukup memadai. Selain toilet dan mushola, juga ada kamar ganti bagi yang usai berenang.


Sendang Seruni menawarkan panorama asri, fasilitas memadai dan tarif masuk murah 

Untuk mencapai lokasi Sendang Seruni, pertama-tama yang jadi patokan adalah pintu masuk Grand Harvest Hotel & Resort. Posisinya yang berada di tikungan jalan memudahkan siapapun melihatnya. Tinggal ikuti jalan paving sampai mencapai lokasi Sendang Seruni.



Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top