IKUT BANYUWANGI IJEN GREEN RUN 2017, IBARAT BERPETUALANG ALA NINJA HATORI


Berolahraga sambil berwisata, siapa sih yang nggak senang. Kalau begitu kamu wajib ikutan Banyuwangi Ijen Green Run. Apa itu ?

Ini adalah sebuah ajang sport tourism yang memadukan konsep olahraga lari dengan rute alam bebas (trail run) di kaki Gunung Ijen ini mengajak peserta berlari sambil menikmati panorama alam indah di sepanjang rute yang dilewatinya.

Banyuwangi Ijen Green Run 2017.
Salah satu medan Banyuwangi Ijen Green Run yang dilakoni peserta (via Antarajatim.com)

Setelah sukses pada penyelenggaraan tahun sebelumnya, BanyuwangiIjen Green Run 2017 kembali digelar. Pelaksanaanya pada hari Minggu 23 Juli 2017. Catet ya bro! Tahun ini dipastikan pesertanya bakal lebih heboh.

Pasalnya, pihak panitia sudah menyiapkan rute yang lebih menantang. Adrenalin para peserta akan dipacu dengan rute tanjakan serta melintasi berbagai bentang alam kawasan Gunung Ijen Banyuwangi.

Kamu akan diajak berlari melintasi lereng, tanjakan curam, belantara perkebunan cengkeh, hutan mahoni, lansekap sawah nan hijau, dan menyeberangi sungai dengan latar Pegunungan Ijen yang menjulang gagah.

Tak hanya menyuguhkan bentang alam yang hijau dan menakjubkan, kamu juga akan mendapat suguhan kultur kehidupan ala masyarakat pegunungan Ijen. Di beberapa titik peserta bisa menikmati suasana pedesaaan sekaligus melihat warga yang sedang mengolah komoditas perkebunan.

Seru pokoknya (repost https://twitter.com/bwiijengreenrun)

Terbayang nggak asyiknya berolahraga di kaki gunung dengan menaklukkan tanjakannya, lalu melintasi hulu sungai dari mata air Ijen?

Belum lagi mata disejukkan dengan pemandangan terasering sawah yang membentang hijau. Lengkap, mulai dari perkebunan, hutan, alam perdesaan, sampai medan yang melintasi sungai.
So ini akan jadi pengalaman baru buat kamu yang biasa tinggal di perkotaan. Tul nggak? Makanya buruan daftar ya.

Oya, jangan kuatir soal keamanan dan kenyaman. Supaya tahu, pelaksanaan lomba ini dirancang dengan serius. Meskipun medan yang ditempuh cukup menantang dengan trek naik turun, kamu dan para peserta lain akan mendapatkan perlindungan maksimal.

Di sepanjang rute akan disediakan pos-pos kesehatan dan titik-titik istirahat bagi para peserta yang kemungkinan mengalami kelelahan.

Siapapun kamu, semua bisa mengikuti ajang ini, baik dari kalangan profesional, komunitas, penghobi, atau penggembira. Karena panitia menyiapkan tiga kategori lomba, yaitu kelas 5 KM, 15 KM, dan 27 KM yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuanmu.

Paling tidak buat kamu dan para pemula yang jarang berolah-raga bisa ikutan kelas 5 KM yang tentunya tidak terlalu menguras energi.

KUIS ALA PAK ANAS

Nah, untuk meramaikan Banyuwangi Ijen Green Run, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggelar kuis. Yaitu bagi-bagi pendaftaran gratis bagi pemenang kuis.

Ini diumumkan beliau sendiri di akun media sosial Instagram dan Facebook-nya, @azwaranas.a3. Tersedia 20 pendaftaran gratis masing-masing 10 untuk peserta di Instagram dan 10 untuk peserta di Facebook bagi yang menang.

Caranya ikut kuis, cekidot ke akun Pak Anas di Instagram atau Facebook, terus kamu repost poster yang dishare beliau dan jangan lupa persyaratan yang diminta seperti yang tertera di poster tersebut ya.


Diakun Instagramnya, pak Anas juga mengajak semua ikut Banyuwangi Ijen Green Run, hitung-hitung sebagai olahraga membuang lemak-lemak pasca libur Lebaran sambil menikmati keindahan lengkap kaki Gunung Ijen: melintasi perkebunan, hutan, pedesaan, sawah, sampai sungai.

Ikut Banyuwangi Ijen Green Run ini, beliau mengibaratkan “Sudah kayak Ninja Hatori pokoknya.” Bahkan, bagus juga untuk yang ingin lari dari kenyataan #lho.

Seruhh…pokoknya!

Nggak cuma itu, panitia juga menjanjikan hadiah yang cukup seru juga kok. Totalnya ada hadiah sebesar Rp 55 juta buat para juara. 


Eh tahu nggak, kenapa Banyuwangi Ijen Green Run 2017 dilaksanakan pada hari Minggu 23 Juli ? Ternyata itu ada alasannya lho. Panitia sengaja memilih tanggal itu karena ingin memanjakan kamu! Lho?

Supaya kedatangan kamu ke Banyuwangi tidak sekedar buat berlari. Tapi kamu juga mendapat suguhan komplit. Sesuatu yang lebih dari sekedar berolahraga

Pada malam hari sebelum pelaksanaan lomba lari wisata, kamu bisa menikmati suguhan pentas Lalare Orchestra yang juga merupakan agenda Banyuwangi Festival 2017.

Lalare Orchestra itu kelompok musik tradisional khas Banyuwangi  yang anggotanya masih anak-anak. Jangan remehkan kemampuannya lo. Buat kalian yang belum tahu kiprahnya, kelompok ini sudah membuktikan prestasinya dengan mendapatkan penghargaan tingkat dunia dari Pasific Asia Travel Association (PATA) kategori heritage and culture. Nggak bakal rugi menyaksikan kebolehan anak-anak Banyuwangi ini. Dijamin keren bro!


Penampilan Lalare Orchestra Banyuwangi

Apalagi sekarang sudah ada penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi PP dengan NAM Air yang nota bene anak maskapai Sriwijaya Air. Jadi kamu yang tinggal di sekitar ibukota pun tidak sulit datang ke Banyuwangi.

Sedikit inpoh nih, usai mengikuti lari wisata ini kamu bisa wisata tipis-tipis di sekitar perkebunan Kalibendo, seperti Air Terjun Jagir di Kampung Anyar, Wisata Desa Kemiren, Desa Wisata Tamansari, Wisata Desa Banjar, atau boleh juga mampir ke Ijen Shelter. Menarik khan?

Akhirnya, buat kamu yang ingin mengikutinya, bisa langsung mendaftar melalui website resmi panitia Banyuwangi Ijen Green Run di www.ijenbwigreenrun.com.

Yuk…serbu….. #BanyuwangiIjenGreenRun2017



loading...

Back To Top