BANYUWANGI PUNYA SATPAS PROTOTYPE, BIKIN SIM MAKIN MUDAH DENGAN DENGAN TEKNOLOGI MODERN


Berbahagialah para pemilik kendaraan bermotor di Banyuwangi. Saat ini untuk mengurus pembuatan SIM baru maupun perpanjangan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini berkat adanya Satpas Prototype di Banyuwangi.

Satpas Prototype Banyuwangi.
Satpas Prototype Banyuwangi.

Satpas Prototype Banyuwangi

Satpas Prototype adalah Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) prototype. Tujuan Satpas Prototype ini untuk memberikan kemudahan masyarakat Banyuwangi dalam mengurus SIM dengan pelayanan berbasis IT.

Berkat Satpas Prototype Banyuwangi, layanan bagi para pemohon SIM, baik perpanjangan maupun pemohon baru, prosesnya jadi lebih mudah dan nyaman dengan fasilitas lengkap dan dukungan teknologi modern.

Disarikan dari beberapa sumber, berikut gambaran Satpas Prototype Banyuwangi.


Sekilas Satpas Prototype Banyuwangi

Satpas Banyuwangi
Gedung utama Satpas Prototype Banyuwangi, disinilah berkas permohonan SIM diproses.

Gedung Satpas Prototype Polres Banyuwangi ini memiliki luas bangunan utama 12.000 meter pesegi dari luas lahan seluas 19.000 meter persegi.

Pembangunan Gedung modern pelayanan pembuatan SIM ini mulai dikerjakan pada bulan Juni 2019 dan mulai beroperasi sejak 27 Januari 2020.

Desain bangunan prototype ini, termasuk struktur bangunan, aturan dan arsitekturnya sudah ditentukan oleh Polri. Sedangkan untuk bangunan pendukungnya memadukan antara gaya modern dengan muatan lokal Banyuwangi.

Interior juga lebih dibuat nyaman. Aksesibilitas juga lengkap termasuk untuk penyandang disabilitas, ruang laktasi, ruang baca dan pojok permainan anak. 

Gedung Satpas Prototype Banyuwangi memiliki dua lantai. Lantai bawah untuk keperluan pelayanan SIM, sedangkan lantai atas akan dibangun rooftop lengkap dengan café. Sehingga sambil menunggu proses pembuatan SIM, masyarakat bisa bersantai dan menikmati panorama kota Banyuwangi.

Mushola di Satpas Prototype di Banyuwangi
Bentuk Mushola dan gedung Koperasi Satpas Prototype Banyuwangi mengadopsi bentuk rumah adat suku Osing.


Sesuai fungsinya sebagai gedung khusus pelayanan SIM, di sini juga terdapat lintasan uji berkendara. Lintasan tersebut dilengkapi dengan lapangan praktik yang menyuguhkan bermacam trek berkendaraan dan trafic simulator dengan sistem komputerisasi.

Satpas Prototype Banyuwangi juga dilengkapi fasilitas umum yang memadai, seperti tempat ibadah, kamar mandi, ruangan menyusui dan fasilitas umum lainnya. Tempat parkir yang disediakan untuk pengunjung pun terbilang luas.

Hanya ada 5 Satpas Prototype Di Indonesia, Salah Satunya Banyuwangi

Interior Satpas prototype Banyuwangi.
Ruang tunggu di Gedung Satpas Prototype Banyuwangi, nyaman dengan pelayanan teknologi modern.

Keberadaan Satpas Prototype di Banyuwangi patut dibanggakan. Hal ini mengingat hanya ada 5 Satpas Prototype yang bakal dibangun di Indonesia, dan salah satunya di Banyuwangi. Lainnya di Mojokerto Kota, Samarinda, Indramayu dan Blora.

Tentu bukan tanpa dasar Banyuwangi terpilih menjadi salah satu penyelenggara Satpas. Salah satunya terkait dengan prestasi Polres Banyuwangi yang masuk dalam top 99 Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (sinovik) dari KemenPAN-RB.

Satpas Prototype Banyuwangi Berkonsep FIFO dan didukung teknologi 0.4


Pelayanan di Satpas prototype Banyuwangi
Pelayanan SIM di Satpas Prototype Banyuwangi bikin nyaman pemohon berkat dukungan teknologi modern.



Satpas Prototype Banyuwangi ini menerapkan sistem First In First Out (FIFO), dimana pemohon pertama yang antri akan selesai dan keluar pertama pula. Sistem antrian Satpas prototype berbasis elektronik yang terintegrasi dengan Mabes Polri dalam hal Korlantas. Hal ini berlaku untuk semua Satpas prototype.

Dengan begitu berapa jumlah pemohon yang datang di seluruh Saptas setiap harinya diketahui. Begitu juga data yang lulus maupun tidak.

Dalam sistem FIFO, mereka yang bukan pemohon tidak bisa masuk ke dalam ruang Satpas. Termasuk petugas lain yang akan masuk harus koordinasi, karena yang punya akses hanya petugas Satpas.

Dengan dukungan fasilitas teknologi 4.0 Satpas Prototype Banyuwangi menghadirkan pelayanan berbasis IT. Setiap pemohon yang hendak membuat SIM akan diberikan kartu dengan tehnologi chipset. Pada setiap tahapannya, pemohon nantinya akan melakukan scan chipset tersebut.

Dengan semua layanan berbasis sistem dan teknologi akan menghilangkan peluang terjadinya pungli dan korupsi.

Nah, dengan adanya FIFO ini secara otomatis Polresta Banyuwangi masuk Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Hal ini sesuai dengan komitmen Polres Banyuwangi menjadi salah satu dari sembilan Polres yang berkomitmen dalam zona integritas WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah dengan Birokrasi Bersih dan Melayani) dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).


Upaya ini dilakukan dengan mengubah pelayanan serba gratis dan bebas pungli dan korupsi. Termasuk memberikan pelayanan prima di setiap satuan dan polsek jajaran.

Lokasi Satpas Prototype Banyuwangi



Satpas Prototype Banyuwangi berlokasi di Jalan Cokroningrat, Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Banyuwangi. Persisnya di belakang Kantor Kelurahan Sumberrejo.

Untuk mencapai lokasi Satpas, calon pemohon SIM dari luar wilayah kota Banyuwangi bisa mengambil patokan lokasi Indomaret yang berada di pertigaan antara jalan Letjen S. Parman dan jalan Sutawijaya.

Dari lokasi mini market yang letaknya di pertigaan jalan tersebut, belok ke kiri sejauh 1 KM.  Setelah sampai kantor Kelurahan Sumberejo, belok kiri ke jalan Cokroningrat sejauh 100 M. Nah, kantor Satpas Prototype Banyuwangi berada di sisi kanan jalan.


Pelayanan Satpas Prototype Banyuwangi selama Wabah Corona


Jalan menuju lokasi kantor Satpas prototype Banyuwangi di jalan Cokroningrat.
Selama berlangsungnya wabah pandemi Covid-19, Satpas Prototype Banyuwangi tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pemohon yang datang dan akan masuk ke kantor Satpas diwajibkan menggunakan alat pelindung diri berupa masker, mencuci tangan menggunakan sabun di tempat yang sudah disediakan, masuk ke bilik seterilisasi dan yang terakhir membersihkan kedua tangan dengan hand sanitizer.

Di dalam ruang tunggu, pemohon juga diminta menerapkan menjaga jarak antar tempat duduk selama mengantri menunggu berkasnya diproses petugas.

Nah, buat kamu yang membutuhkan perpanjangan SIM maupun pembuatan SIM baru, sebaiknya datang seawal mungkin di kantor Satpas Prototype Banyuwangi di Kelurahan Sumberrejo agar bisa mendapat pelayanan. Pihak Satpas tidak membatasi jumlah pemohon setiap hari, namun pelayanan dibatasi sampai jam 12.00 siang. 

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top