BANYAK JALAN MENUJU PULAU MENJANGAN


Wisata Pulau Menjangan, Dekat di Bali, Mudah Dijangkau Dari Banyuwangi - Jika pantai-pantai di Banyuwangi selatan, seperti Pulau Merah, Plengkung dan Grajagan populer dengan olahraga surfing, maka di pantai di Banyuwangi utara seperti Bangsring dan Pulau Tabuhan yang kondisi lautnya lebih tenang, menjadi surganya bagi penggemar olahraga bawah air seperti menyelam dan snorkeling. Masih bisa ditambah satu lagi surga bawah laut lainnya, yaitu Pulau Menjangan.
Pulau Menjangan Bali.
Surga bawah laut Pulau Menjangan (sumber : Passion-snorkeling.com)
Meskipun Pulau Menjangan wilayahnya sudah masuk Provinsi Bali, namun letak geografisnya sangat dekat dengan Kabupaten Banyuwangi dan dapat dijangkau dari berbagai starting poin di Banyuwangi. Ibaratnya kalau tujuan Anda semata Pulau Menjangan, Anda tidak perlu ke Bali lebih dulu, karena mencapainya dari Banyuwangi lebih mudah dan biayanya lebih ekonomis.

Antara Pantai Bangsring, Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan, jika ditarik garis lurus menjadi bentuk sebuah segitiga. Kalau begitu inilah segitiga wisata kedua di Banyuwangi, setelah triangle diamond yang sudah lebih dikenal, yaitu antara Pantai Sukamade, Pantai Plengkung dan Kawah Ijen.

Lihat  Pantai Sukamade, Rumah Penyu Bertelur Di Taman Nasional Meru Betiri.

Segitiga Pulau Tabuhan, Pantai Bangsring dan Pulau Menjangan.

Mempertimbangkan faktor kedekatan lokasi ketiganya, the next triangle diamond ini sangat memungkinkan dikemas menjadi sebuah paket perjalanan wisata yang populer, khususnya bagi pecinta wisata bahari, terlebih ketiga lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu sehari. Meskipun ketiganya menawarkan spot pantai, namun masing-masing punya fokus yang berbeda. 

Di Pantai Bangsring yang merupakan wilayah konservasi, wisatawan bisa melakukan snorkeling sembari melakukan penanaman terumbu karang dan bermain bersama hiu yang jinak di Rumah Apung. Pantai Bangsring sangat mudah dicapai karena lokasinya berada di ruas jalan raya Banyuwangi-Situbondo

Di Pulau Tabuhan, yang letaknya di tengah-tengah laut selat Bali ini memiliki pantai yang berpasir putih lembut dengan air laut yang masih jernih dan berwarna kebiruan, sangat aman untuk melakukan snorkeling  maupun diving karena ombaknya relatif tenang. Pemandangan bawah lautnya menyimpan aneka biota laut dan terumbu karang yang akan memanjakan mata.

Pulau Tabuhan adalah sebuah pulau seluas 5 hektar yang terletak di tengah laut selat Bali dan menjadi bagian dari Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Pulau Tabuhan merupakan pulau kosong karena tak dihuni manusia, namun pulau ini merupakan salah satu surga wisata di Banyuwangi.

Pulau Tabuhan merupakan lokasi olahraga permukaan air, baik Kitesurfing (selancar layang) maupun Windsurfing (selancar angin) yang ideal, bahkan disebut sebagai surfpoin terbaik di Indonesia. Mengingat kecepatan angin di Pulau Tabuhan tergolong konstan, mencapai 20-25 knot, sepanjang tahun, merupakan syarat utama untuk melakukan olahraga ini.

Pulau Tabuhan surga bawah laut Banyuwangi
Pulau Tabuhan, surganya olahraga laut di Banyuwangi (sumber : Banyuwangi.merdeka.com)


Pulau Menjangan Surga Bawah Laut Di Bali

Pulau Menjangan (Menjangan Island) terletak di wilayah Bali Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Buleleng dan Jembrana, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang memiliki luas 190 kilometer persegi dan merupakan titik paling utara dari bagian barat Pulau Bali.
Pulau Menjangan berada sekitar 60 km dari Pantai Lovina atau lebih tepatnya berada di Desa Kalampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng.

Nama Pulau Menjangan ini berasal dari nama hewan Menjangan, sejenis rusa yang banyak terdapat di pulau seluas 19.002,89 Ha ini. Pada musim panas banyak terlihat rusa liar yang berenang ke pulau ini, namun lama-kelamaan jumlahnya semakin berkurang sehingga pemerintah setempat menjadikan pulau ini sebagai Taman Nasional Bali Barat untuk konservasi bagi rusa-rusa yang masih tersisa untuk melindungi habitat menjangan dari kepunahan.

Menjangan berjemur di pantai (sumber : Balipassion.net)

Untuk menjaga kelestarian alam serta keanekaragaman hayati Pulau Menjangan dan sekitarnya, para pengunjung hanya di perbolehkan untuk melakukan snorkeling atau diving dengan cara yang tidak merusak ekosistem yang ada.

Pulau Menjangan memiliki taman bawah laut beraneka ragam yang cantik dengan terumbu karang berwarna-warni, habitat ikan-ikan kecil yang lucu, hamparan pantai berpasir putih dan birunya air laut yang mengelilingi pulau tersebut.

Menjangan surga bawah laut Bali barat.
Snorkeling di Pulau Menjangan (sumber : Menjanganandtabuhan.blogspot.co.id)

Keindahan bawah laut Pulau Menjangan memang sudah dikenal sejak lama. Kekayaan bawah laut dan keindahan terumbu karangnya yang tumbuh secara alami dengan aneka biota lautnya sudah mendapat pengakuan dunia. Dikelilingi oleh dinding terumbu karang sepanjang 10 km, Pulau Menjangan diakui sebagai lokasi selam dengan wall diving (tebing bawah laut) terbaik di Bali. Bahkan menurut News Discovery, Pulau Menjangan termasuk dalam 10 Tempat Penyelaman Terbaik Di Dunia.

Pesona keindahan bawah laut Pulau Menjangan (sumber : Wisatabaliku.com)

Terdapat beberapa tempat menyelam di Menjangan dengan kondisi dan visibilitas yang sangat baik. Beberapa spot tersebut diantaranya: Eel Gardens yang yang sering disebut sebagai spot 'terbaik' karena disini anda akan melihat beragam biota laut pada kedalaman 40 meter, lalu Secret Bay cocok untuk anda yang menyukai macro diving, dan yang terakhir Anchor Wreck dimana dilokasi diving ini anda akan melihat bangkai kapal yang tenggelam sejak abad ke-19 saat terjadi perang dunia II.
Selain snorkelling dan diving, ada aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung, yaitu beach walking dan mengunjungi pura.

Di Pulau Menjangan terdapat tak kurang 8 buah pura, salah satunya Pura Ganesha yang sering digunakan untuk beribah umat Hindu, yang juga menjadi ikon Pulau Menjangan. Pura itu dihiasi Patung Ganesha yang menghadap ke laut lepas yang dipercaya masyarakat setempat sebagai penjaga perairan Bali agar tetap aman dan asri. Itulah sebabnya Pulau menjangan termasuk tempat yang disakralkan.

Pura Ganesha di Pulau Menjangan.
Pura Ganesha ikon Pulau Menjangan
(sumber : Emakmbolang.com)

Sebagai tempat ibadah, pengunjung pura diharuskan berpakaian sopan. Pura ini dapat dikunjungi ketika tidak sedang dalam masa peribadatan umat Hindu.

Selain mengunjungi Pura, pengunjung bisa juga mengunjungi beberapa pantai pasir putih yang ada di beberapa sisi Pulau Menjangan. Hamparan pasir putih dan jernihnya air laut menjadi pemandangan yang sangat menggoda. Aktivitas berfoto-foto tentu tidak akan terlupakan untuk dilakukan.

Yang tak boleh dilupakan, Pulau Menjangan juga dikenal sebagai surganya para pemancing karena memiliki spot terbaik untuk memancing.

CARA MENUJU PULAU MENJANGAN-BALI

Pulau Menjangan terletak di barat Kabupaten Buleleng, atau tepatnya di Desa Kalampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari Kota Singaraja berjarak 90 km, sedangkan dari Pantai Lovina jaraknya sekitar 60 km.

Untuk mencapai Pulau Menjangan bisa melalui Bali maupun Banyuwangi. Jika starting poinnya dari Bali, untuk mencapai Pulau Menjangan bisa melalui Pelabuhan Gilimanuk, kemudian menuju ke Taman Nasional Bali Barat. Pilihan lainnya melalui Bali bagian tengah melewati Danau Batur dan Kintamani. Namun jalur ini kurang populer.

Ke Pulau Menjangan Via Bali

Untuk menuju Pulau Menjangan, diawali dari Denpasar perjalanan menuju ke Gilimanuk sejauh 129 km yang umumnya bisa ditempuh dalam waktu 3 jam. Selanjutnya dari Gilimanuk menuju pelabuhan kecil bernama Labuhan Lalang di Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng sejauh 16 km.

Pelabuhan Lalang ini terletak di tepi jalan besar dan terdapat tulisan yang jelas. Di sini terdapat banyak perahu motor yang siap mengantarkan pengunjung ke Pulau Menjangan dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Ongkos kapal motor biasanya dipatok per paket. Salah satu operator misalnya memasang harga sharing boat Rp 450 ribu/orang untuk minimal 2 orang peserta, sudah termasuk dermaga dan tiket masuk Pulau Menjangan, perahu, guide, peralatan snorkeling, minuman ringan dan makan siang.

Ke Pulau Menjangan via Pelabuhan Lalang

Pilihan lain untuk mencapai Pulau Menjangan adalah melalui dermaga kecil di Teluk Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak. Letaknya berselahan dengan Mimpi Menjangan Resort. Waktu tempuh perahu ke Pulau Menjangan antara 30 sampai 40 menit, tergantung cuaca dan beban perahu.

Pelabuhan Banyuwedang ini berjarak sekitar 8,6 km dari Pelabuhan Lalang. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Gilimanuk, atau 2 jam dari Singaraja. Lokasinya agak masuk kedalam dari jalan utama Gilimanuk-Singaraja, sehingga bagi pengunjung yang naik kendaraan umum harus naik ojek untuk mencapai pelabuhan kecil Banyuwedang.

Banyuwedang terdapat sumber air panas, sehingga hotel di sekitarnya banyak yang menyediakan fasilitas air panas bagi tamunya. Selain itu, di sini terdapat sebuah teluk yang dikelilingi tanaman bakau pantai, maka tak heran ombak dan anginnya tidak begitu kencang.

Alternatif ke Pulau Menjangan lewat dermaga di Teluk Banyuwedang yang berjarak 8,6 km dari Pelabuhan Lalang.

Pulau Menjangan adalah pulau yang tidak berpenghuni dan wilayah konservasi, sehingga tidak memiliki akomodasi seperti penginapan, restoran, toko dan lainnya. Kebutuhan akomodasi ini harus disiapkan terlebih dahulu sesuai kebutuhan pengunjung. Anda bisa menginap di sekitar pantai barat laut Bali dekat Taman Nasional Bali Barat dan di daerah Pemuteran.

Lihat : Info Hotel di sekitar Pulau Menjangan

Bagi wisatawan yang membutuhkan mobil untuk transportasi ke Pulau Menjangan dan menemani perjalanan selama berlibur di Bali, dapat menyewa dari OTA (Online Travel Agent) terpercaya TIKET.COM yang merupakan mitra resmi dari Express Group dan Trac-Astra. Tersedia berbagai jenis mobil yang dapat disewa secara online sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lihat info SEWA MOBIL BALI 

Ke Pulau Menjangan Via Banyuwangi


Selain dari Bali, untuk menuju Pulau Menjangan juga bisa melalui Banyuwangi. Bahkan dibandingkan lewat jalur Bali, ke Pulau Menjangan lebih mudah dan murah melalui jalur Banyuwangi. Hal ini dikarenakan sejumlah faktor :
- Akses transportasi ke spot penyeberangan ke Pulau Menjangan mudah dicapai karena berada di pinggir jalan Surabaya-Situbondo-Banyuwangi.
- Jika ke Pulau Menjangan lewat jalur Banyuwangi, Anda tidak perlu menyeberang ke Gilimanuk, yang berarti tidak mengeluarkan biaya ferry Ketapang-Gilimanuk PP.
- Jaraknya lebih dekat, sehingga biaya sewa perahu dan perlengkapannya juga lebih murah. Mungkin hal ini juga tak lepas dari faktor biaya hidup di Banyuwangi memang murah.
- Batas waktu sewa perahu lebih panjang, tidak dibatasi seperti jika melalui Pulau Bali, sehingga bisa lebih puas menikmati keindahan Pulau Menjangan.
- Anda juga bisa sekaligus mengunjungi tempat wisata lain yang berdekatan, seperti Pulau Tabuhan dan Pantai Bangsring.
- Hotel di sekitar spot penyeberangan di Banyuwangi banyak dan mudah diperoleh.

Lihat Hotel di Banyuwangi

Selain itu jika melalui Banyuwangi, maka ada beberapa pilihan jalur penyeberangan yang bisa dipilih untuk mencapai Pulau Menjangan. Dengan adanya beberapa jalur penyeberangan ini, wisatawan bisa leluasa menentukan pilihan sesuai dengan keinginan dan titik awal lokasi. Misalnya wisatawan yang baru pulang berlibur dari Bali dan ingin melanjutkan ke Pulau Menjangan, maka bisa berangkat dari Pantai Watu Dodol yang lokasinya paling dekat dengan Pelabuhan Ketapang. Atau kalau datang dari arah pantura (Situbondo) langsung menuju Pulau Menjangan, maka bisa berangkat dari Pulau Kampe.

Mengingat lokasi Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan relatif sangat dekat dan bisa ditempuh dengan waktu perjalanan kurang dari 1 jam, maka kedua tempat ini bisa dijadikan dalam satu paket perjalanan. Bahkan kalau mau sekalian memasukkan Pantai Bangsring dalam rencana Anda. Lagi-lagi karena lokasinya saling berdekatan. Ibaratnya sekali jalan, tiga lokasi wisata pun terjangkau. Sayang kan, sudah jauh-jauh datang ke Banyuwangi, cuma mengunjungi satu lokasi, sementara ada lokasi wisata lain yang letaknya berdekatan, kenapa tidak sekalian dinikmati keindahannya.

Nah, bagi Anda yang punya rencana ke Pulau Menjangan dan/atau Pulau Tabuhan dari Banyuwangi, Anda bisa mencapainya melalui beberapa lokasi penyeberangan berikut ini :

Pulau Menjangan Via Pantai Watu Dodol

Salah satu spot lokasi penyeberangan menuju Pulau Menjangan maupun Pulau Tabuhan adalah melalui Pantai Watu Dodol. Dari Pelabuhan Ketapang, jaraknya sekitar 6,5 km, sedangkan dari Taman Nasional Baluran jaraknya sekitar 21 km. Lokasi Pantai Watudodol mudah dicapai karena berada tepat di tepi jalur utama Situbondo-Banyuwangi.

Pantai Watudodol mudah dikenali dari keberadaan sebuah batu besar di tengah jalan dan Patung Gandrung yang berdiri tak jauh dari situ. Di sekitar pantai Watudodol ini Anda bisa menyewa perahu nelayan setempat. Perjalanan menuju Pulau Menjangan maksimal hanya 45 menit.

Biaya sewa kapal plus peralatan snorkeling dan masuk ke Pulau Menjangan hanya sekitar Rp 225 ribu/orang.

Pulau Menjangan dan Tabuhan via Watudodol (sumber : Jawapos.com)


Pulau Menjangan Via Pantai Bangsring

Jika berangkat dari Pantai Bangsring, pengunjung dapat menyewa perahu yang dikelola oleh kelompok nelayan Samudra Bhakti. Paket penyeberangan ke Pulau Pulau Menjangan dipatok sebagai berikut :

Paket Bangsring - Pulau Menjangan:
1. Rp. 1.300.000 fasilitas: (kapal PP Bunder-Menjangan dengan kapasitas maximal 4 Orang, Life Jacket, Soft Drink, Lunch, tiket masuk menjangan, Asuransi Jasaraharja)
2. Rp. 1.400.000 fasilitas: (kapal PP Bunder-Menjangan dengan kapasitas maximal 4 Orang, Life Jacket, Soft Drink, Lunch, tiket masuk menjangan dan Alat snorkeling, Asuransi Jasaraharja)

3. Rp. 1.900.000 fasilitas: (kapal PP Bunder-Menjangan dengan kapasitas maximal 10 Orang, Life Jacket, Soft Drink, Lunch, Alat Snorkling, Tiket Masuk Menjangan, tiket aktifitas menjangan, Asuransi Jasaraharja)


Pulau Menjangan Via Pantai Kampe 

Pantai Kampe terletak di Dusun Pesumur, Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo. Untuk mencapai Pantai Kampe, dari jalan poros Banyuwangi-Situbondo sekitar 15 km dari arah Pelabuhan Ketapang ke arah utara, temukan pertigaan di Desa Bangsring, papan nama bertuliskan PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Kebun Pasewaran di sebelah kanan jalan. Beloklah ke kanan dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di Pantai Kampe.

Jalan menuju Pantai Kampe searah dengan jalan masuk kebun milik 
PT Perkebunan Nasional XII Pasewaran. Ini posisinya dari arah Situbondo. (sumber : Kompasiana.com)

Dari Pantai Kampe, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk mencapai Pulau Tabuhan atau Pulau Menjangan.

Sewa perahu dari Pantai Kampe ke Pulau Tabuhan sebesar Rp 500 ribu PP, sedangkan ke Pulau Menjangan sebesar Rp 1 juta PP. Sewa perahu tersebut dihitung per perahu, bukan per orang dengan kapasitas sekitar 10 orang. 

Jika Anda datang hanya berdua saja, maka bisa menunggu orang yang juga ingin ke Pantai Tabuhan/ Pulau Menjangan agar bisa sharing cost. Oya ongkos tersebut biasanya sudah termasuk life jacket dan alat snorkeling.

Pantai Kampe, salah satu starting point menuju pulau Tabuhan.
Pantai Kampe pasirnya berwarna kehitaman, Anda bisa menyewa perahu nelayan menuju Pulau Menjangan 
(sumber : Panoramio.com)

Ke Pulau Menjangan Via Grand Watudodol


Grand Watudodol merupakan starting point terbaru untuk perjalanan ke Pulau Menjangan maupun Pulau Tabuhan. Lokasi Grand Watudodol sangat dekat dengan Pantai Watudodol, tempat ini sekaligus merupakan rest area yang tengah dikembangkan oleh Pemkab Banyuwangi.
Ke Menjangan dan Tabuhan via Grand Watudodol
Rute perjalanan ke Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan via Grand Watudodol
(sumber : Bangsringboat.blogspot.co.id)

Di Grand Watudodol penyeberangan ke Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan dikelola oleh kelompok nelayan Bangsring Boat. Mereka memiliki kapal wisata yang dilengkapi dengan mesin tempel Yamaha 40 PK yang tidak bising dan tempat duduk yang nyaman selama berlayar.  

Selain menyediakan berbagai paket wisata regular dan khusus ke Pulau Tabuhan dan Pulau Menjangan, Bangsring Boat juga melayani open trip ke Pulau Menjangan setiap hari Senin sampai Jumat dengan dua kali jadwal tour, yaitu pada pukul 8.30 IWB dan 11.30 WIB.

Harga paket open trip Pulau Menjangan ini dipatok sebesar Rp 250.000,- per orang, dengan minimal peserta 2 orang dijamin berangkat. Harga paket termasuk masker snorkeling, jaket pelampung, tiket lokal, makan 2 kali dan air mineral.

Jika berangkat dengan rombongan besar, maka bisa menyewa kapal lebih besar dengan biaya Rp 1,8 juta untuk 10 orang. Atau jika berenam bisa menyewa kapal kecil dengan biaya Rp 1,2 juta.

Penyeberangan ke Pulau Menjangan via Grand Watudodol, Banyuwangi.
Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan via Grand Watudodol.
KESIMPULAN

Secara umum biaya yang dikeluarkan untuk mencapai Pulau Menjangan dari berbagai titik penyeberangan di Banyuwangi tidak berbeda banyak satu dengan lain. Ongkos tersebut tentu saja berlaku untuk week day, sedangkan pada hari libur dan hari besar, biasanya ada sedikit kenaikan. Namun demikian biaya tersebut pasti lebih murah bila dibandingkan biaya untuk tujuan sama dari arah Bali.


loading...

1 komentar:

mantaap,,pulau menjangan spot buat snorkeling,,enak banget tuh di sana.

Back To Top