BANYUWANGI IJEN GREEN RUN, BERLARI MENYUSURI KEINDAHAN ALAM PERKEBUNAN KALIBENDO


Setelah sukses dengan Banyuwangi International Run 2015 Oktober lalu, Banyuwangi kembali menghelat even sport tourism dengan mengajak masyarakat mengikuti lari sehat bertema Banyuwangi Ijen Green Run 2016. Catat waktu pelaksanaannya pada hari Sabtu, 3 Desember 2016.

Banyuwangi Ijen Green Run 3 Desember 2016.

Kali ini masyarakat akan diajak berlari melewati rute menarik dengan menyuguhkan pesona alam perkebunan, sungai dan lereng gunung Ijen Banyuwangi.

Peserta Banyuwangi Ijen Green Run akan melewati berbagai struktur jalanan yang berbeda di kawasan Perkebunan Kalibendo yang akan digunakan sebagai lokasi lomba. Yakni mulai dari jalanan beraspal, batuan, tanah, hingga melewati sungai dengan elevasi (ketinggian) sampai dengan 850 m.

Salah satu jalur treking di Perkebunan Kalibendo yang direncanakan untuk dilalui peserta BIGR 2016.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi, BIGR merupakan even fun bagi masyarakat atau komunitas untuk berolahraga sekaligus menikmati keindahan alam Banyuwangi.

Kegiatan tersebut tidak hanya baik untuk kesehatan, namun sekaligus membuat otak lebih fresh. Apalagi sambil berlari sekaligus berselfie.

"Jadi nggak hanya sekedar lari. Larinya bisa sekaligus selfie. Karena rugi kalau nggak selfie, tempatnya sangat luar biasa," ujar Wawan berpromosi.

Peserta akan melewati beberapa lokasi yang menjadi daya tarik BIGR 2016. Yakni Tanjakan Asmara, perkebunan karet, perkebunan kopi, perkebunan cengkeh, areal persawahan dan kebun sayur, nuansa perkampungan khas perkebunan, sungai Kalibendo, air terjun Kalibendo, Ijen view, Puncak Seno dan pabrik Perkebunan Kalibendo.

Banyuwangi Ijen Green Run 2016 memperlombakan beberapa kategori, yaitu :
- Kategori 6 kilometer (peserta minimal usia 6 tahun),
- Kategori 12 kilometer (peserta minimal berusia 15 tahun)
- Kategori 25 kilometer (peserta minimal berusia 15 tahun).

Biaya pendaftaran Banyuwangi Ijen Green Run 2016.
Biaya pendaftaran (sumber: Justrunlah.com)

Rute BIGR 6 km 

Rute BIGR 12 km

Rute BIGR 25 km

Lomba akan dimulai pukul 06.00 WIB. Peserta harus sudah berada di lokasi start paling lambat 1,5 jam sebelum start pemberangkatan. Panitia mewajibkan setiap peserta untuk melakukan warming up dan mengikuti rangkaian kegiatan sebelum memulai perlombaan dan harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Banyuwangi Ijen Green Run tidak hanya memperebutkan medali, setiap pemenang dalam tiap kategori akan membawa hadiah puluhan juta rupiah. Panitia menargetkan jumlah peserta sebanyak 500 orang.

Tak hanya peserta dari dalam negeri yang sudah mendaftar, tapi juga ada peserta luar negeri seperti dari Perancis, Belanda, Kenya dan Australia. Pendaftaran peserta bisa dilakukan secara online.









loading...

Back To Top