MENIKMATI KEINDAHAN PANTAI BANGSRING


Pantai Bangsring dengan pesona keindahan bawah lautnya pantas menjadi salah satu agenda berwisata di Banyuwangi. Sebagai area konservasi terumbu karang, Pantai Bangsring memiliki luas sekitar 15 hektare dengan kedalaman bervariasi mulai dari 2 meter hingga 15 meter. Namun Anda tak perlu menyelam terlalu dalam untuk bisa menikmati keindahaan bawah laut Pantai Bangsring dengan beragam biota laut dan keindahan terumbu karangnya. Bahkan di kedalaman 50 cm pun dengan jarak kurang dari 5 meter dari bibir pantai, Anda sudah bisa menikmati hilir-mudik ikan hias dan warna-warni terumbu karangnya.

Ada banyak ragam kegiatan yang bisa Anda lakukan Pantai Bangsring bersama keluarga. Anda bisa menikmati wisata bahari seperti rumah apung, renang bersama ikan hiu, snorkeling, diving, serta memberi makan ikan-ikan laut liar di Selat Bali.
Terumbu karang di Bangsring (sumber : Rizalchristian.blogspot.co.id)
RUMAH APUNG BANGSRING
Rumah apung Bangsring menjadi ikon tempat wisata pantai ini. Sangat rugi jika Anda datang ke Bangsring tanpa menyempatkan diri menyeberang ke Rumah apung yang terletak hanya sekitar 20 meter dari bibir pantai. Untuk mencapai Rumah Apung ini Anda bisa menyewa perahu. Rumah apung Bangsring tersebut memiliki ukuran 27 x 7 meter dengan bentuk bangunan semacam gubuk atau tempat singgah. Fasilitas yang terdapat di rumah apung diantaranya 8 kolam keramba, 17 Kano, 4 banana boat, beragam peralatan selam, dan dilengkapi toilet yang representatif berjumlah 35 buah.
Rumah apung Bangsring.
Rumah apung Bangsring (sumber : Facebook.com)
BERENANG DENGAN HIU
Salah satu sensasi di rumah apung adalah berenang bersama anakan hiu sirip hitam yang ditangkarkan di dalam keramba. Ini akan menjadi arena uji nyali sekaligus pengalaman yang sangat berkesan bagi Anda. Meskipun relatif aman berenang bersama ikan hiu yang sudah jinak tersebut, namun tetap memerlukan kehati-hatian ketika pertama kali menceburkan diri ke dalam kolam keramba. Apalagi  ada pemandu dari pihak Bangsring Under Water untuk menjaga dan memastikan keselamatan para pengunjung. Ada aturannya, saat masuk kolam harus perlahan, jangan langsung loncat ke kolam agar tidak membuat hiu kaget. Setelah berada di dalam air kolam, bersikap tenang, jangan panik dan membuat gerakan mendadak. Selebihnya nikmati sensasi disenggol-senggol ikan hiu.
Uji nyali berenang dengan hiu (sumber : Koran-jakarta.com)
Selain ikan hiu, didalam kolam keramba yang berukuran 3x3 meter terdapat berbagai macam ikan hias, lobster, kerapu yang digunakan untuk pembelajaran bagi masyarakat agar lebih mencintai lingkungan laut.

SNORKELING
Di sekeliling rumah apung, Anda dapat melihat keindahan eksotis bawah laut Bangsring yang dipenuhi terumbu karang, koloni coral dan aneka ikan hias. Namun akan lebih puas jika Anda langsung terjun ke laut dan melakukan snorkeling (selam permukaan). Lebih banyak lagi keindahan bawah laut yang bisa Anda nikmati. Peralatan snorkeling sudah tersedia di Bangsring yang bisa Anda sewa dengan biaya terjangkau.
Snorkeling di Bangsring (sumber : Youtube.com)
Jangan kuatir bagi yang belum pernah snorkeling, karena sebelum masuk ke laut ada pemandu yang akan memberikan arahan tata cara snorkeling yang aman. Anda juga akan ditunjukkan spot yang tepat untuk melihat terumbu karang. Sebelum snorkeling, Anda dipersilakan untuk berdoa terlebih dahulu.

MENYELAM
Menyelam alias diving menjadi pilihan bagi Anda yang mencintai dunia bawah laut. Dengan diving lebih banyak keindahan bawah laut Bangsring yang dapat dijelajahi. Tentu diperlukan peralatan selam yang standar untuk melakukannya. Tabung oksigen untuk menyelam dan peralatan selam lain bisa Anda sewa di lokasi pantai.
Diving di Bangsring (sumber ; Twitter.com/bunder_tabuhan)
MEMBERI MAKAN IKAN
Sambil menikmati pemandangan sekitar, Anda juga bisa memberikan makan aneka ikan liar yang bergerombol di sekitar rumah apung. Caranya cukup dengan melemparkan remahan roti ke laut, Anda akan melihat puluhan ikan berbagai jenis datang berebut. Mau merasakan sensasi lain, Anda bisa gunakan jari-jari kaki untuk menjepit roti lalu celupkan ke dalam laut. Anda akan merasakan sensasi geli di kaki dari gigitan ikan-ikan jinak tersebut.
Sensasi memberikan makan di rumah apung Bangsring (sumber : Kompas.com)

Laut Bangsring yang memiliki gugusan karang indah, menjadi tempat bersembunyi yang ideal bagi ribuan ikan hias yang menggemaskan. Beberapa jenis ikan hias bernilai jual tinggi bisa ditemukan disini. Seperti jenis Blue Devil yang dikenal sebagai salah satu ikan karang. Atau Angelfish si primadona di Pantai Bangsring, ada juga ikan Botana atau Blue Tang, si “Nemo” alias ikan badut, tak ketinggalan juga ikan scorpio dan jorunna parva si kelinci laut yang lucu juga menjadi penghuni Pantai Bangsring. 


MENANAM TERUMBU KARANG
Sebagai wilayah konservasi, wisata Bangsring Under Water juga menawarkan kesempatan bagi pengunjung untuk melakukan penanaman terumbu karang sebagai bagian dari program Marine Education yang mengajak generasi muda untuk mencintai laut dan isinya. Sebelum ditanam di laut, bibit terumbu karang diikat pada sebuah rak yang terbuat dari paralon. Untuk penanaman terumbu karang ini pengunjung hanya dikenakan biaya seikhlasnya sebagai pengganti paralon dan pengambilan bibit terumbu karangnya.
Wisatawan ikut menanam terumbu karang (sumber : Kabarbanyuwangi.info)
Sekelompok pelajar sedang menanam terumbu karang di pantai Bangsring (sumber : Kompas.com)
Selain kegiatan di rumah apung, Anda bisa menyusuri sepanjang pantai Bangsring dengan menyewa perahu, kano, banana boat maupun balon air. Untuk melayani pengunjung, tersedia tujuh perahu ukuran kecil berkapasitas lima orang dan 13 unit yang lebih besar dengan kapasitas 10 hingga 20 orang. Bahkan bagi yang datang dalam rombongan besar juga disediakan perahu yang mampu mengangkut 50 orang. Perahu-perahu itu tidak bising karena tidak menggunakan mesin jenis disel.
Bermain kano maupun balon air di Bangsring juga asyik. (sumber : Antarajatim.com)
PAKET WISATA THREE IN ONE
Selain menyediakan sarana berwisata tadi, pihak pengelola Bunder juga menawarkan paket wisata three in one, yaitu rumah apung, Tabuhan dan Pulau Menjangan dengan tarif Rp 2,7 juta dengan maksimal 10 orang. Peminat akan mendapatkan fasilitas berupa kapal, pemandu, alat snorkeling, kamera bawah laut, tiket masuk Pulau Menjangan, dan makan siang.

TARIF WISATA PANTAI BANGSRING
- Tiket masuk : sampai saat ini gratis,
- Parkir sepeda motor Rp 3.000,-, mobil Rp 5.000
- Ongkos menyeberang ke Rumah Apung Rp 5.000,-

Jasa Fasilitas Lain:
1. Camera Underwater Rp. 150.000/unit
2. 1 Chasing Water Proof Rp. 35.000,-
3. 1 set Fin/sirip Rp. 15.000,-
4. 1 set alat diving Rp. 400.000,- (khusus yang berlisensi diving).
5. set alat diving plus guide Rp. 800.000,-
6. Try Diving khusus pemula Rp. 150.000,- / 15 menit
7. Perahu Kano tunggal Rp. 30.000,- /60 menit
8. Perahu Kano Double Rp. 40.000,-/60 menit
9. Banana Boat Rp.5.000,-/orang (PP Rumah Apung)
10. Bola Air Rp.30.000,-/Pakai

11. Kursi Pantai Rp.5.000,-/60 menit

Alat snorkeling dan diving di Bangsring.
Peralatan snorkeling dan diving di Bangsring yang siap disewa (sumber : Ayoberkunjung14.blogspot.co.id)

CARA MENUJU PANTAI BANGSRING

Wisata Pantai Bangsring yang terletak di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo ini jaraknya hanya 22 km dari Banyuwangi kota.

Bagi traveler cara termudah untuk mencapai Pantai Bangsring adalah naik kereta api dan turun di Stasiun Banyuwangi Baru. Jika Anda dari Malang dan sekitarnya dapat naik kereta apiTawang Alun, jika dari Yogyakarta dapat naik kereta api Sri Tanjung, dan jika naik kereta api dariSurabaya bisa naik kereta api Mutiara Timur atau Probowangi untuk kelas ekonominya. Jangan salah, turunnya jangan di Stasiun Karangasem, tapi di Stasiun Banyuwangi Baru. Kenapa? Karena dari Stasiun Banyuwangi Baru ini jarak paling dekat dengan Pantai Bangsring. Yaitu hanya sekitar 12,5 km.
Stasiun Banyuwangi Baru
Stasiun Banyuwangi Baru (sumber : Travelscapeengineer.com)
Dari Stasiun Banyuwangi Baru menuju Bangsring bisa menggunakan beberapa cara.

1.   Naik Bis Antar Kota
Dari Stasiun Banyuwangi Baru naik angkutan kota ke Terminal Sri Tanjung, lalu ganti naik bis jurusan ke Situbondo dan turun di jalan raya di daerah Bangsring. Dari jalan raya ke Pantai Bangsring jaraknya masih sekitar 1,5 km. Jalan masuknya kecil dan tidak terlalu menyolok. Kalau tidak awas, bisa-bisa kelewatan.

2.  Naik taksi
Ada tiga perusahaan taksi yang saat ini beroperasi di Banyuwangi, yaitu taksi Ramayana, Osing, dan Bosowa. Mengingat jarak tujuannya yang relatif dekat, bisa jadi sistemnya tidak memakai argo tapi berdasarkan tarif nego.


3.  Naik ojek
Jika traveler datang hanya sendirian atau berdua saja, naik ojek adalah alternatif terbaik dan cepat untuk mencapai Pantai Bangsring. Anda bisa menggunakan ojek yang mangkal di sekitar stasiun Banyuwangi Baru atau menggunakan ojek online.


Untuk traveler yang naik bis lewat jalur pantura, maka pilihannya adalah naik bis umum dari Terminal Bungurasih Surabaya jurusan Probolinggo. Dari terminal Probolinggi ganti bis dengan rute ke Banyuwangi lewat Situbondo (rutenya Probolinggo-Kraksaan-Paiton-Besuki-Situbondo-Wongsorejo/Banyuwangi), menempuh jarak sekitar 278 km. Lebih cepat lewat jalur pantura daripada naik bis lewat Jember untuk menuju Pantai Bangsring.

Lihat : Info Perjalanan Menuju Banyuwangi

Jangan lupa infokan pada kondektur bis setelah masuk Kecamatan Wongsorejo bahwa Anda akan ke Pantai Bangsring dan minta diturunkan di jalan raya yang akan menuju Pantai Bangsring. Patokannya adalah banner atau papan nama yang bertuliskan Kelompok Nelayan Samudera Bakti di pinggir jalan masuknya. Jika ragu Anda dapat menanyakan pada warga setempat yang Anda temui untuk menunjukkan arah menuju Pantai Bangsring.


loading...

Back To Top