INFO JADWAL KERETA API DARI SURABAYA KE BANYUWANGI


Bagi traveler dari wilayah Surabaya dan sekitarnya yang berencana mengadakan perjalanan ke Banyuwangi naik kereta api, ada tiga pilihan layanan kereta api, yaitu menggunakan Kereta Api ProbowangiKereta Api Mutiara Timur dan Kereta Api Sri Tanjung.

Info jadwal kereta api Surabaya-Banyuwangi
Stasiun Banyuwangi Baru (sumber : Travelscapeengineer.com)


Kereta Api Probowangi

Kereta Api Probowangi merupakan kereta api ekonomi yang melayani jurusan Surabaya-Banyuwangi pergi pulang. Walaupun kelas ekonomi tapi sudah ber-AC. Dalam sehari kereta api Probowangi hanya berangkat satu kali baik dari Surabaya maupun dari Banyuwangi.

Sebelumnya kereta api Probowangi hanya melayani rute Banyuwangi-Probolinggo pergi pulang, tetapi sejak 10 Pebruari 2014 rutenya ditingkatkan menjadi Banyuwangi-Surabaya pergi pulang.

Dari Surabaya jadwal kereta api Probowangi per 1 April 2015 berangkat dari Stasiun Gubeng pukul 04.25 WIB dan dijadwalkan tiba di stasiun Banyuwangi Baru pada pukul 11.45 WIB.

Sedangkan dari Banyuwangi jadwal kereta api Probowangi berangkat dari Stasiun Banyuwangi Baru pukul 13.30 siang dan diperkirakan tiba di Stasiun Gubeng Surabaya pukul 21.01 malam.

Harga tiket kereta api Probowangi rute Surabaya-Banyuwangi per 1 April 2015 adalah Rp 68.000,- Untuk pemesanan tiket secara online hanya dapat dilakukan pada H-30 atau tiga bulan sebelum keberangkatan. Atau traveler dapat langsung membelinya di loket stasiun.

Kereta Api Mutiara Timur

Kereta api Mutiara Timur (sumber : Flickr.com)

Kereta api Mutiara Timur merupakan rangkaian kereta api komersial kelas eksekutif-bisnis yang yang melayani rute Surabaya – Banyuwangi. Dalam sehari kereta api Mutiara Timur memiliki jadwal keberangkatan dua kali, yaitu pada pagi dan malam hari, baik dari Surabaya maupun Banyuwangi. Dari Surabaya, kereta api Mutiara Timur berangkat dari Stasiun Gubeng.

Kereta Api Mutiara Timur setiap harinya menempuh perjalanan sejauh 308 km dengan waktu tempuh kurang lebih tujuh jam. Sepanjang perjalanannya, kereta api ini hanya berhenti di beberapa stasiun tertentu, yaitu : Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Rambipuji, Jember, Kalisat, Kalibiru, Kalisetail, Temuguruh, Rogojampi dan Karangasem.

Sesuai dengan jadwal keberangkatannya, maka dikenal sebagai Kereta Api Mutiara Timur Siang dan Kereta Api Mutiara Timur Malam.

Kereta Api Mutiara Timur Siang
Kereta Api Mutiara Timur Siang merupakan kereta api yang melayani jurusan Surabaya-Banyuwangi dan sebaliknya dengan waktu pemberangkatan pada siang hari yang sudah beroperasi sejak tahun 1972.

Kereta Api Mutiara Timur Siang berangkat dari Surabaya/Banyuwangi pukul 09.00 WIB dan diperkirakan sampai di stasiun tujuan pukul 15.30 WIB.
Kereta Api Mutiara Timur Malam
Kereta Mutiara Timur malam adalah kereta api yang melayani jurusan Surabaya-Banyuwangi dan sebaliknya dengan waktu pemberangkatan pada malam hari.

Kereta Api Mutiara Timur Malam berangkat dari Surabaya/Banyuwangi pukul 22.00 WIB  dan diperkirakan sampai di stasiun tujuan pukul 04.25 WIB.

Reservasi online untuk kereta api Mutiara Timur dapat dilakukan 2x24 jam sebelum kereta berangkat. Harga tiket untuk kelas Bisnis berkisar antara Rp 115 - 160 ribu, sedangkan harga tiket kelas eksekutif berkisar antara Rp 170 - 215 ribu.


Perbedaan Fasilitas Kelas Bisnis dan Eksekutif
Aspek
Kelas Bisnis
Kelas Eksekutif
Interior
Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi isolasi panas tidak mudah terbakar
Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi dengan peredam suara & isolasi panas tidak mudah terbakar.
Tempat duduk
1. Kapasitas 64 tempat duduk perkereta
2. Reversing seat system
3. Desain ergonomis
1. Kapasitas 50 tempat duduk perkereta
2. Reclining & revolving seat system
3. Dilengkapi dengan meja statis dan sandaran kaki
4. Desain ergonomis
Pintu Ruangan
Sistem geser manual
Sistem geser manual
Jendela
Kaca tetap dupleks dapat dibuka bagian atas, lapisan isolator panas.

Kaca tetap dupleks, lapisan laminasi isolator panas dilengkapi dengan tirai
Penyegar Ruangan
Kipas angin (fan).
2 set Air Conditioner (AC) per kereta.
Jenis Bogie
K5/TB.398 dengan sistem suspensi dobel : rubber pad dan coll spring serta bolster anchor dan vertical shock absorber (meredam goncangan).
K5/TB398 dengan system suspensi ganda: rubber pad dan coil spring serta bolster anchor dan vertical shock absorber (meredam goncangan).
Fasilitas Keselamatan
Tabung kebakaran, emergency brake
Tabung pemadam kebakaran, emergency brake.
Fasilitas Lain
Toilet
Toilet


Kereta Api Sri Tanjung

Kereta Api Sri Tanjung sebetulnya mempunyai rute utama Yogyakarta-Banyuwangi, tapi karena dalam perjalanannya melewati Surabaya, yaitu berhenti di Stasiun Gubeng, maka traveler juga bisa juga menggunakan kereta api Sri Tanjung untuk tujuan ke Banyuwangi.

Dari Yogyakarta kereta api Sri Tanjung berangkat pukul 07.15 WIB dari Stasiun Lempuyangan dan diperkirakan masuk ke Stasiun Gubeng pukul 14.00 WIB dan berangkat pukul 14.30. Jadi ada waktu istirahat 30 menit. Harga tiket kereta api Sri Tanjung dari Surabaya ke Banyuwangi adalah Rp 100 ribu.

Nah, demikian info jadwal kereta api dari Surabaya ke Banyuwangi yang bisa dijadikan pertimbangan bagi traveler untuk memilih jenis kereta api yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk melihat jadwal dan ketersediaan tiket Kereta Api Sri Tanjung jurusan Yogyakarta-Banyuwangi PP dapat dicek secara online melalui aplikasi Tiket.com berikut ini.

Atau langsung ke web Tiket.com untuk melihat TIKET PROMO DAN JADWAL KERETA API MUTIARA TIMUR


loading...

1 komentar:

Alhamdulillah.... bisa pulang pergi Banyuwangi with LOVE

Back To Top