WISATA ARUNG JERAM DI KALI BADENG SONGGON


Wisata tubing di Kali Badeng, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

Anda penyuka petualangan di alam bebas, khususnya arum jeram, pantas mencoba olahraga air yang cukup menantang ini. Lokasinya di desa Sumber Bulu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Di sini terdapat sebuah sungai berarus deras yang dikenal sebagai Kali Badeng. Di sungai yang mengalir dari kaki Gunung Raung ini terdapat  bebatuan mulai dari yang  besar hingga kecil, yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga arung jeram dengan menggunakan ban, atau yang lebih dikenal dengan Tubing alias Body Rafting.

Perbedaan antara tubing dengan arung jeram atau rafting pada umumnya terletak pada peralatan yang digunakan. Pada olahraga arung jeram, perahu karet dan dayung adalah peralatan mutlak yang harus digunakan. Sedangkan pada tubing, peralatan yang digunakan adalah ban bagian dalam truk FUSO yang dimodifikasi. Di tengah-tengahnya dilengkapi dengan tali pengaman untuk pegangan dan dudukan untuk pantat.

Di bagian siku dan lutut juga dilengkapi pengaman (decker) seperti pada olahraga roller blade/ in line skate. Yang tidak jauh berbeda dengan arung jeram adalah pada helm dan pelampung yang digunakan. Pada arung jeram, satu perahu bisa diisi 6 orang, sedang pada tubing, satu orang satu ban.

Tempat wisata ini dikelola oleh X-Badeng Tubing Adventure Team. Menurut Yusuf Sugiono, pengelola X-Badeng Tubing Advanture Team, ide olah raga air tubing di desanya dimotori oleh sekumpulan anak-anak muda yang ada di desa Sumber Bulu di bawah naungan badan usaha milik desa.

"Awalnya kami anak-anak muda di Desa Sumber Bulu berpikir bagaimana memanfaatkan potensi alam yang ada di desa kami dan membangun kampung halaman termasuk melestarikan alam yang ada. Nah akhirnya awal Maret 2011 kami merintis tubing di Kali Badeng dan pada bulan Oktober 2011 rintisan tubing dibuka pertama kali untuk umum," tuturnya.

"Awalnya kami hanya memiliki 4 buah ban yang digunakan untuk tubing, dan sekarang sudah bertambah lebih dari 40 ban lengkap dengan pelindung kaki dan tangan serta crew sebanyak 30 orang yang terdiri dari pemuda-pemuda di desa," kata Yusuf.

Tiga bulan pertama, Yusuf mengaku kegiatan yang menantang ini mulai diminati oleh pengunjung mulai dari masyarakat biasa, organisasi kepemudaan, anak-anak sekolah, wartawan hingga dinas-dinas di bawah jajaran pemkab.

Menurut Yusuf, para tamu biasanya datang pada akhir pekan dan secara rombongan. "Minimal 10 orang, tapi kalau pengunjung yang datang kurang dari 10 maka biasanya kami gabung dengan pengunjung yang lain. Setiap rombongan akan didampingi sekitar 6 sampai 10 guide. Usia termuda peserta tubing 7 tahun. Jika di bawah itu tidak disarankan untuk ikut," jelasnya.

Ada beberapa jenis paket atau trip yang ditawarkan untuk pengunjung. Trip pertama adalah trip yang relatif lebih pendek, yaitu Paket Extreme 3 yang berjarak 1,5 km. Dimulai dari Kalimati – Dam Siran,  dengan waktu tempuh 1-1,5 jam.

Bagi yang ingin tantangan yang lebih seru, bisa mencoba trip dengan jalur extreme 2, Air Terjun Sempol – Dam Siran, yang panjangnya mencapai 4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.
Kalau trip kedua ini masih belum memuaskan, Anda bisa mengambil trips ketiga, Extreme 1, dengan jalur sepanjang 7 kilometer dengan waktu tempat sekitar 4-6 jam.

"Harga yag dipatok sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 100 ribu sesuai dengan jalur yang dipilih. Nah, yang terbanyak pengunjung memilih jalur ekstreme 2. Ada sekitar 10 titik jeram yang akan dilewati jika memilih jalur ekstreme 2. Menantang, tinggi, panjang dan deras," ujar Yusuf.

Jika Anda tertarik mencoba wisata petualangan ini, siapkan stamina Anda, karena perjalanan menyusuri sungai Kali Bedeng ini penuh tantangan dengan arusnya yang deras dan airnya yang dingin yang cukup menyita stamina Anda. Namun Anda akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan. Selain sensasi terombang-ambing dan terjatuh saat melintasi jeram, pemandangan yang masih alami dengan hamparan hutan pinus yang hijau serta udara yang sejuk membuat perjalanan menjadi sangat menyenangkan.

Persiapan awal. Semua peserta tubing memasang perlengkapan keamanan.
Dari pos kantor X-Bedeng perjalanan menuju start arung jeram menggunakan mobil pick up. 

Tiba di tempat start, dilakukan briefing serta pengenalan medan. Selanjutnya dilakukan pemanasan dengan olahraga ringan dan berdoa. Lalu setiap peserta akan mengambil ban satu per satu. Saatnya petualangan tubing dimulai... Satu-persatu peserta menceburkan diri ke sungai Badeng dengan tubingnya..... dan meluncur dalam derasnya arus air sungai.

Di sini setiap peserta dituntut ketangkasan dan ketenangan dalam mengendalikan laju tubing masing-masing, bukan dalam sebuah tim layaknya arung jeram yang menggunakan perahu karet dengan banyak orang di dalamnya. Dibutuhkan kemampuan menjaga keseimbangan tubing agar tidak jatuh ke sungai dan lepas dari tubing. Meskipun kedalaman air rata-rata hanya sekitar 50 cm namun kontur arusnya sangat deras dan banyak jeram-jeram yang akan memacu adrenalin kita. Maka momen-momen terjatuh ke sungai pun menjadi pengalaman yang mengasyikkan dan membuat ketagihan.





Nggak jatuh, nggak asyik.

SENSASI DAM SIRAN
Salah satu sensasi dari perjalanan tubing ini adalah saat peserta mencapai sebuah dam yang mempunyai ketinggian sekitar 2 meter. Bergantian setiap peserta akan merasakan sensasi saat meluncur dari atas Dam dengan tubing masing-masing. Berbagai ekspresi pun bermunculan!

Dam Siran, salah satu sensasi tubing di Kali Badeng.







RUTE MENUJU WISATA X-BADENG

Petunjuk menuju lokasi.
Akses menuju tempat wisata X-Badeng ini mudah dijangkau. Untuk menuju tempat ini, bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil. Jika dengan kendaraan umum dan anda dari arah Banyuwangi Kota, maka anda harus naik angkot dari pertigaan kantor pos rogojampi untuk menuju ke Songgon, kemudian turun pasar songgon dan selanjutnya bisa naik ojek.  

Jika anda dari Kecamatan Genteng, lurus ke utara hingga berhenti di pertigaan pasar Gendoh, lalu belok ketimur melewati lokasi wisata gumuk klasi, lurus hingga ada papan petunjuk, belok kekiri. Kemudian lurus hingga pertigaan tugu, belok kanan dan lurus hingga ada pos pusat informasi X-Badeng adventure. Nah itu merupakan pos kita daftar dan memakai peralatan pengamanan. Tentu saja Anda bisa memanfaatkan informasi dari penduduk sekitar agar tidak tersesat!






loading...

5 komentar

ada nomer/pin yg bisa dihubungi gak ?

Silakan hubungi no. telepon pengelolanya di 085259077923,081336538080 085232936801.

min..selain rafting dan tubing. apa ada wahana lain? semisal trail adventure . atau yg lain?

Back To Top