MENCICIPI LEZATNYA SOTO LIDAH PAK SALIM

Soto lidah sapi Pak Salim, Banyuwangi.
Wisata Banyuwangi Anda mungkin sudah bosan dengan menu soto yang ditawarkan oleh penjual makanan seperti Soto Ayam, Soto Daging atau Soto Babat. Kalau begitu Anda bisa mencoba menu soto yang satu ini. Silakan datang ke warung Soto Lidah Pak Salim yang terletak di jalan Ahmad Yani atau tepat di tengah kota Banyuwangi. Dijamin Anda akan merasakan soto dengan sensasi rasa yang berbeda!.


Rasanya dijamin maknyus. Lidah sapi yang menjadi bahan utamanya, terasa lembut berpadu dengan cita rasanya yang khas ketika dimasak bersama rempah-rempah pilihan. Tak heran jika setiap harinya warung ini menghabiskan minimal 10 kilogram lidah sapi segar.

Menurut Robby (31), warung yang didirikannya merupakan generasi ketiga. "Nama warung Pak Salim diambil dari nama kakek saya. Dulunya kakek dan ayah saya juga penjual soto tapi ya itu tadi hanya soto ayam, soto daging dan soto babat," katanya.

Proses pembuatannya tentu saja berbeda dengan daging. Awalnya lidah sapi yang sudah dicuci bersih direbus kurang dari 25 menit. Setelah itu bagian kasar dari lidah dibuang, sehingga hanya bagian lembutnya saja yang tersisa.

Setelah perebusan kedua dengan bumbu, lidah akan segera diangkat dan ditempatkan di wadah sendiri. Bumbu yang disiapkan sama seperti soto kebanyakan seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, ketumbar, lada, laos, serai dan daun jeruk.

"Yang membedakannya ya berapa banyak penggunaan bahan dan komposisi pencampuran bumbu. Itu yang membuat rasa soto keluarga kami tidak berubah selama bertahun-tahun," jelas Robby.

Kuah soto juga terlihat lebih pekat, kental dan kaya bumbu tidak bening seperti soto kebanyakan. Aromanya juga akan langsung membuat perut Anda keroncongan. Saat ada yang memesan, barulah lidah dipotong-potong dan disajikan dengan kuah yang panas, kental dan segar. "Kalau ada pembeli yang mau nambah koya atau kol kami persilakan," katanya.

Biasanya para pembeli akan memenuhi Warung Pak Salim pada saat jam makan. "Ya seperti saat ini. Semua kursi penuh kalau makan siang," katanya sambil menunjukkan kursi warungnya yang penuh.
Robby menjelaskan, warungnya juga menyediakan berbagai macam isian soto mulai dari ayam, daging, babat, dan paru. "Tapi tetap lidah juaranya," katanya.

Menurut Sumarsono, salah satu pelanggan warung Pak Salim, dirinya sengaja memesan soto lidah, soalnya jarang ada yang jual. "Selain itu juga lembut kalau digigit. Beda sekali sama daging untuk teksturnya. Mau makannya siang atau malam, buat saya soto ini bisa dinikmati setiap saat," tuturnya.

Apalagi, menurut bapak satu anak ini, soto tersebut akan semakin nikmat jika ditambahkan perasan jeruk, koya dan juga sambal. "Mantap deh," katanya sambil menyeruput kuah soto yang terlihat kental.
Untuk Anda yang ingin menikmati sensasi soto lidah ini, tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Harga satu mangkok soto lidah sebesar Rp 12.000. Soto lidah yang sanggup menggoyang lidah Anda.



Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top