UJI NYALI DI ARUNG JERAM EKSTRIM SUNGAI KALITAKIR GLENMORE


Arung Jeram Glenmore - Penyuka olahraga ekstrem arung jeram (rafting) wajib ke Banyuwangi, ada beberapa lokasi uji adrenalin di sini. Selain single rafting alias tubing yang menggunakan ban dalam di Sungai Kedawung, Kecamatan Licin, ada juga lokasi rafting di Sungai Badeng, Kecamatan Songgon. Dan yang terbaru adalah arung jeram di Sungai Kalitakir, Kecamatan Glenmore. 
Arung jeram Glenmore, Banyuwangi.
Arung jeram di sungai Kalitakir, Glenmore (sumber : Detik.com)
Arung jeram Glenmore ini baru dibuka secara resmi pada 20 Juli 2016 sebagai obyek wisata Geraf Glenmore Rafting atau disingkat G_Raft, sekaligus melengkapi wisata olahraga di bumi Blambangan. 

Arung jeram Glenmore ini baru dibuka secara resmi pada 20 Juli 2016 sebagai obyek wisata Geraf Glenmore Rafting atau disingkat G_Raft, sekaligus melengkapi wisata olahraga di bumi Blambangan. Lokasinya pun tak jauh dari Wisata Waduk Sidodadi, Kecamatan Glenmore.

Arung jeram Glenmore ini memanfaatkan derasnya air Sungai Kalitakir yang merupakan pertemuan aliran sungai dari kaki Gunung Raung dan Gunung Kumitir.

Aliran sungai yang memiliki potensi untuk arung jeram ini berada di Desa Tegalharjo dan Desa Karangharjo dengan melintasi beberapa perkebunan, yaitu perkebunan Kalirejo, PTPN XII Jolondoro, PTPN XI dan perkebunan Glenfaloch. 

Selain memiliki air yang bersih, juga didukung panorama alam di sepanjang sungai yang indah, sehingga sangat cocok dikembangkan menjadi wisata arung jeram.
Arung jeram sungai kalitakir, Glenmore.
Medan yang ekstrim di sepanjang sungai Kalitakir (sumber : Facebook.com
Dibandingkan dengan wisata arung jeram yang sudah ada di Banyuwangi, aliran sungai Kalitakir memiliki karakteristik yang lebih menantang dengan tingkat kesulitan grade tiga.

Keseluruhannya terdapat 25 jeram dengan sejumlah spot yang menantang adrenalin traveler yang mengarunginya. Setidaknya ada tiga titik yang sangat menantang, yakni Jeram Mulia, Dam Wilis, dan Jeram Handoko. Siapapun pasti dibuat terkesan.

Sungai Kalitakir dengan karakter sungai yang cenderung lebar dengan bebatuan besar dan lekuk sungai yang berkelok-kelok sangat menjanjikan petulangan yang pantas dicoba penggemar olahraga arung jeram.
Wisata arung jeram Glenmore.
Salah satu spot yang menantang (sumber : Detik.com)
Pihak G-Raft yang mengelola operasional arung jeram Glenmore menawarkan dua paket yang semuanya ekstrim tapi aman bagi wisatawan. Yang pertama paket arung jeram 5 km yang ditempuh dalam 2 jam, dengan biaya Rp 187 ribu per pax/orang. Ada juga paket 7 km yang tentunya membutuhkan waktu lebih lama dan tantangan yang lebih ekstrim.

Masalah safety bagi wisatawan, sudah ada skipper atau guide di arung jeram Glenmore yang memiliki lisensi. Mereka akan mengawal wisatawan dalam mengarungi sungai Kalitakir yang ekstrim ini. Pihak pengelola siap mengawal wisatawan dan menjanjikan setiap pengarungan harus zero accident alias aman.


Tertarik mencoba? Datang saja ke Sungai Kalitakir di Kecamatan Glenmore.


loading...

Back To Top