WADUK SIDODADI, WAHANA WISATA BARU DI GLENMORE


Waduk Sidodadi di Kecamatan Glenmore kian populer menjadi jujugan warga sekitarnya. Padahal waduk ini masih dalam tahap pembangunan, dan fasilitasnya masih minim, namun antusias warga sangat tinggi terhadap keberadaan waduk ini. Pada hari liburan waduk ini selalu tampak ramai. Salah satunya karena faktor kedekatan lokasi waduk dengan jalan raya dan kemudahan akses.
Waduk Sidodadi Glenmore.
Bagian utama waduk Sidodadi, beberapa pengunjung antre menunggu giliran naik perahu.
Waduk Sidodadi terletak di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore. Lokasinya berada di wilayah PTPN XII, tepatnya di Afdelling Sidodadi, Perkebunan Kalirejo Glenmore. Karena itu waduk ini disebut Waduk Sidodadi. 
Wisata Banyuwangi.
Sisi lain pemandangan waduk Sidodadi Glenmore.
Waduk Sidodadi merupakan tempat penampungan air yang berfungsi sebagai pengairan lahan perkebunan di Kebun Kalirejo, juga dimanfaatkan sebagai wahana wisata. Bentuk waduk agak berbeda dengan waduk pada umumnya yang membentang luas sehingga mampu menampung air sebanyak mungkin. Waduk Sidodadi seperti sengaja didesain tidak simetris, tapi membentuk pola tertentu, seperti lengkungan dan kanal-kanal, menyisakan daratan di tengah waduk yang terkesan seperti sebuah pulau-pulau kecil yang dikelilingi lautan. Dengan begitu terlihat lebih menarik.
Waduk Glenmore.
Tampak beberapa "pulau" di tengah waduk Sidodadi.
Waduk Sidodadi.
Hamparan perbukitan di sekeliling waduk Sidodadi.
Wisata Banyuwangi.
Sebagian sisi waduk Sidodadi dibuat berundak, sehingga tampak bertingkat dikejauhan.
Meskipun belum lengkap, namun fasilitas mendasar untuk pengunjung telah tersedia, seperti toilet, musola dan lokasi parkir yang sangat luas. Juga tersedia motor ATV, Gokart dan mini trail bagi pengunjung untuk mengelilingi waduk. Soal kebersihan tempat juga telah dipikirkan pihak pengelola dengan cukup banyak menyediakan tong-tong sampah di berbagai lokasi. Sedangkan bagi pengunjung yang lapar setelah berkeliling waduk, tersedia Warung Sidodadi yang menyediakan aneka menu. Secara bertahap fasilitas lain yang menunjang kenyamanan berwisata akan dibangun. Saat ini ini pengunjung waduk hanya dikenakan ongkos parkir kendaraan. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin berkeliling waduk dapat menyewa perahu  dengan ongkos Rp 10 ribu atau sewa bebek Rp 25 ribu.
Naik perahu di waduk Sidodadi Glenmore, Banyuwangi.
Mengelilingi waduk dengan naik perahu pastinya asyik ya. Kalau hari Minggu/libur antreannya lumayan panjang. Jembatan kecil diatas menghubungkan 
Wisata waduk Sidodadi Glenmore, Banyuwangi.
Atau kalau mau lebih privasi bisa sewa bebek-bebekan.
Salah satu pelopor pembangunan waduk, Dedy, mengatakan ia bersama para pemuda Glenmore membangun Waduk Sidodadi bertujuan untuk meciptakan wahana wisata baru yang berbeda dengan wisata yang dipunyai oleh kecamatan lain. Selain itu, disekitar waduk juga dibangun sirkuit untuk menyalurkan hobi kaum muda yang suka ngebut di jalanan. Dengan adanya sirkuit ini mereka dapat menyalurkan hobinya secara positif.
Sisi waduk Sidodadi Glenmore.
Pagar besi untuk keselamatan pengunjung, juga menjadi tempat bersandar yang nyaman.
Sisi samping waduk yang terlihat dari jalan masuk.
Jalan setapak di sisi waduk, nyaman untuk berjalan-jalan mengelilingi waduk.
Posisi Waduk Sidodadi memang sangat strategis. Selain lokasinya tepat berada di sebelah timur Jalan Lintas Selatan, jaraknya hanya sekitar 2 km dari jalan raya Banyuwangi-Jember. Apalagi lokasinya masih sejalur dengan Pabrik Gula Glenmore, yang juga masih dalam tahap pembangunan, yang diproyeksikan sebagai pabrik gula terbesar dan termodern di Indonesia. Untuk mencapai waduk Sidodadi dapat menggunakan motor atau mobil.
Warung Sidodadi di Waduk Sidodadi Glenmore, Banyuwangi.
Urusan lapar ada ahlinya, silakan mampir, dijamin kenyang. Warung ini letaknya lebih tinggi dari waduknya.
Tangga menuju warung Sidodadi.
Jalan Lintas Selatan sendiri merupakan proyek jalan raya sepanjang 660 km yang menghubungkan Kabupaten Pacitan sampai Banyuwangi  yang melintasi 8 kabupaten (Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan). Saat nanti jalan tersebut selesai pada 2019, diproyeksikan perekonomian di wilayah pesisir selatan Jawa Timur otomatis akan terdongkrak, termasuk Kecamatan Glenmore tentunya, yang wilayahnya dilewati jalan lintas selatan.

Glenmore dengan waduk Sidodadi, secara perlahan tapi pasti akan menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Banyuwangi yang kian populer. Secara keseluruhan waduk Sidodadi layak menjadi jujugan wisata bagi seluruh anggota keluarga. Selain lokasinya mudah dijangkau, lokasinya cukup menarik dan fasilitas bagi pengunjung cukup memadai.




loading...

4 komentar

Salam Laros gan
Ane juga orang Banyuwangi, ramaikan Banyuwangi dengan memperkenalkannya melalui blog seperti, sekali kali silahkan sambang di blog saya...
Joosss...
mari berkawan dengan saya melalui email 2317luchanis15@gmail.com

mantap mas, reviewnya selalu lengkap dan enak untuk dibaca,,

Alhamdulillah Banyuwangi sekarang sudah sebagus ini. Semoga sektor perindustrian juga bisa lebih maju, sehingga warga Banyuwangi bisa lebih meningkat taraf ekonominya..Aamiin

wah indah sekali alam banyuwangi

Back To Top