PANTAI PLENGKUNG LOKASI SURFING TERPOPULER DI INDONESIA VERSI NETIZEN


Pantai Plengkung di Kabupaten Banyuwangi dinobatkan sebagai salah satu lokasi berselancar terpopuler di Indonesia.

Pantai Plengkung yang terkenal dengan ombak besarnya ini meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2016 yang digelar oleh situs ayojalanjalan.com.
Pantai Plengkung lokasi surfing terpopuler di Indonesia.
Pantai Plengkung dengan ombak yang sangat menantang, merupakan surganya para pecinta surfing (sumber : Detik.com)
Pantai yang berada di area Taman Nasional Alas Purwo ini, dipilih sebagai spot surfing paling populer oleh netizen dalam poling yang dilakukan sejak 23 Mei 2016 hingga 23 Agustus 2016.

Penghargaan itu diserahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Sekretaris Daerah Banyuwangi Slamet Kariyono di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta, Jumat (16/9/2016) lalu.

"Kami gembira melihat G-Land masuk dalam most popular surfing spot di Indonesia karena ini menunjukkan kualitas wisata pantai di Banyuwangi. Kami berharap penghargaan ini akan menjadi jembatan untuk mempromosikan destinasi wisata lain yang ada di Banyuwangi, dan menarik lebih banyak wisatawan," ujar Slamet.

Sebagai informasi, Pantai Plengkung terletak di sebelah tenggara Banyuwangi, berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Lokasi surfing ini dikenal juga dengan nama G-Land yang merupakan salah satu tempat favorit para peselancar dunia. Di kalangan pecinta surfing mancanegara, nama G-Land kebih dikenal daripada Plengkung.

Huruf "G" pada G-Land ternyata memiliki multi arti, yang sekaligus menggambarkan kebesaran namanya, yaitu :
1. Huruf G yang berasal dari kata Grajagan, nama sebuah teluk berlokasi persis di sebelah barat pantai tersebut, Teluk Grajagan.
2. Huruf G yang berarti Great, yang menggambarkan besarnya ombak di Pantai Plengkung.
3. Huruf G yang berarti Green, yang menunjukkan letak pantainya di tepi hutan tropis yang hijau dan masih asri,  jika dilihat dikejauhan nampak berwarna kehijauan.
4. Plengkung disebut G-Land karena pantainya melengkung seperti huruf G. Dilihat dari citra satelit, pantai ini bentuknya memang melengkung membentuk huruf G.
Foto citra satelit Pantai Plengkung (sumber : Google.com)
Posisi dan letak pantainya itulah yang membuat ombak setinggi hingga 8 meter bisa terbentuk. Dahsyatnya ombak di Pantai Plengkung Banyuwangi membuatnya masuk ke dalam jajaran "The Seven Giant Waves Wonder" sebagai salah satu yang terbesar di dunia.

Ketinggian ombak Pantai Plengkung dapat mencapai hingga 4-6 meter. Hal Ini yang membuat para peselancar profesional memiliki ketertarikan tinggi untuk menaklukkan ombak Pantai Plengkung.

Ombak paling besar biasanya muncul di bulan Juni, Juli, serta November. Dalam bulan tersebut, ketinggian ombak Plengkung dapat mencapai hingga 6 meter. Di bulan-bulan itu pantai ini pasti ramai dikunjungi para peselancar.


loading...

1 komentar:

wow that a good information but if you want to more info plenkung beach in banyuwangi you can visit http://g-land-surf.com/.
(wow itu informasi bagus tapi kalau mau info lebih lanjut plenkung beach di banyuwangi anda bisa mengunjungi http://g-land-surf.com/.)

Back To Top