INFO LENGKAP BANYUWANGI PARK - JATIM PARK 4 : TAMAN TEMATIK MINIATUR BUDAYA DAN WISATA BANYUWANGI

Pintu masuk Banyuwangi Park berbentuk Omprok, mahkota penari Gandrung.

Sekian lama dinanti-nantikan, penantian panjang masyarakat Banyuwangi atas kehadiran wahana rekreasi terbesar di bumi Blambangan akhirnya terjawab. Hari Minggu, 19 Maret 2023 Banyuwangi Park resmi dibuka untuk umum. Berikut informasi lengkap tentang wahana yang ada, jam operasional, harga tiket dan rute menuju wisata Banyuwangi Park bagi kamu yang punya rencana mengunjunginya.

Pembukaan Banyuwangi Park, sebuah taman belajar dan rekreasi terbaru di Banyuwangi pada 2023 ini menjadi momen yang sudah ditunggu oleh masyarakat. Pasalnya, Banyuwangi Park merupakan bagian atau cabang keempat dari Jawa Timur Park (JTP) grup, yang sebelumnya sudah dikenal sebagai taman hiburan terbesar di Jawa Timur dengan wisata Jatim Park 1, 2 dan 3 di Kota Batu.

Dengan demikian, Banyuwangi Park yang merupakan bagian dari grup Jawa Timur Park bisa disebut sebagai Jatim Park 4. Keberadaan taman ini diharapkan akan menjadi destinasi wisata terpopuler di Banyuwangi, dengan menyajikan berbagai wahana menarik bagi pengunjung. 

Meskipun sama-sama menyuguh beragam wahana edukasi dan hiburan, setiap wahana wisata JTP merupakan sebuah theme park atau taman tematik yang memiliki ciri khas tersendiri. 

Yang membedakan Banyuwangi Park dengan taman hiburan lain di JTP adalah fokus pada kebudayaan dan ciri khas yang otentik dari Banyuwangi yang tidak dimiliki daerah lain. 

Singkatnya, Banyuwangi Park adalah miniatur dan gabungan dari wahana wisata, wahana rekreasi, dan wahana edukasi yang menampilkan kekayaan budaya dan alam Banyuwangi. 

wahana Ijen Geopark di Banyuwangi Park
Ijen Geopark (via Youtube @jalanbaregdkh)


Didalamnya terdapat beberapa ikon pariwisata yang ditampilkan di Banyuwangi Park seperti Gunung Ijen yang terkenal dengan hasil belerangnya, Pantai Muncar yang terkenal dengan hasil ikan sarden, Pantai Pulau Merah, Savana Sadengan Alas Purwo, dan berbagai jenis satwa laut seperti ikan laut dan penyu. 

Selain itu, Banyuwangi Park juga menampilkan rumah adat Suku Osing yang dilengkapi dengan peralatan tradisional, serta wisata edukasi untuk anak-anak mengenai gunung berapi, alat musik, ilmu fisika, planetarium, dan lain sebagainya. Anak-anak dapat belajar sambil bermain.

miniatur Alas Purwo
Miniatur Alas Purwo di Banyuwangi Park (via Youtube @jalanbarengdkh)


Banyuwangi Park juga memiliki rumah batik dan menunjukkan tata cara pembuatan batik, dengan Gajah Oling sebagai motif batik khas Banyuwangi adalah Gajah Oling.

Banyuwangi Park juga dilengkapi beberapa wahana permainan yang menantang adrenalin seperti spinning coaster, seluncuran air, kora-kora, bom-bom car, dan lain-lain.

Sedangkan bagi keluarga dengan anak-anak, tersedia pula wahana yang ramah keluarga seperti 4D Cinema, taman lampion, GoKart, All Terrain Vehicle (ATV), dan Rumah kaca.

Jika di tempat wisata lain dan Jatim Park memiliki wahana Rumah Hantu, maka Banyuwangi Park juga memiliki wahana serupa yang disebut dengan Rumah Santet, yang sepenuhnya berdasarkan tradisi Banyuwangi. Pasti banyak yang penasaran khan?

Sebagai taman belajar dan rekreasi terlengkap, Banyuwangi Park memiliki area kolam renang yang indah dengan air jernih, cocok bagi pengunjung yang ingin bermain air setelah berkeliling menikmati fasilitas lengkapnya.

Terakhir, di Banyuwangi Park juga tersedia wisata kuliner untuk para pengunjung wisatawan.

Wahana Banyuwangi Park

peta wisata Banyuwangi Park
Peta wisata Banyuwangi Park

Banyuwangi Park menawarkan berbagai jenis wisata edukasi dengan tema yang berbeda, seperti Banyuwangi Dahsyat, Science Center, dan wahana yang memacu adrenalin di Kabupaten Banyuwangi. 

Buat kamu yang penasaran ingin tahu wahana apa saja yang akan kamu jumpai di Banyuwangi Park, berikut daftar lengkapnya :

Banyuwangi Dahsyat

wahana Banyuwangi Dahsyat di Banyuwangi Park
Wahana pertama Banyuwangi Park menampilkan deretan kostum yang pernah digunakan para talent dalam Banyuwangi Etno Carnival (via Youtube @jalanbarengdkh)


Menampilkan gambaran Kota Gandrung, mulai dari sejarah, budaya, adat, perikanan, Kawah Ijen, Baluran, dan prestasi daerah yang disajikan dengan tampilan yang menarik.

Science Center

science center di Banyuwangi Park
Science Center (via Youtube @jalanbarengdkh)

Fasilitas pendidikan seperti pusat sains yang dilengkapi dengan peralatan untuk membantu orang memahami ilmu fisika. Memberikan pengalaman belajar tentang sains dan teknologi dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Dilengkapi dengan kegiatan yang menghibur dan mendidik bagi pengunjung Banyuwangi Park.

Selain itu terdapat sejumlah wahana lain yang tak kalah menarik, yaitu :

Octopus

wahana Octopus Bwi Park
Wahana Octopus (via Banyuwangipark.com)


Rockin Tug

wahana Rockin Tug Banyuwangi Park
Rockin Tug (via Youtube @jalanbarengdkh)

Bumper Car


Convoy Car

Wahana Convoy Car (via Youtube @jalanbarengdkh)

Spinning Coaster 

spinning coaster Banyuwangi Park
Wahana Spinning Coaster (via Banyuwangipark.com)


Swinger

 
wahana Swinger Banyuwangi Park
Wahana Swinger (Gmap/Wilmar Desrizal)

Mini Bumper Car : boom boom car mini

Carousel 

wahana carousel di Banyuwangi Park
Wahana Carousel (via Facebook @calista.naylaputri.75)

ATV

wahana ATV di Banyuwangi Park
Wahana ATV (Instagram@banyuwangiparkofficial)


Gokart


- Labirin


- Mini zoo


- Rumah Penyu


- Kolam Arus

wahan Kolam Arus di Banyuwangi Park
Wahana Kolam Arus (via Youtube @javaexotiatour)

- Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas di Banyuwangi Park
Wahana Taman Lalu Lintas (Youtube @javaexotiatour)
- Kolam Ombak

Kolam Ombak(via Facebook @aris.setiawan3701)

- Kolam Anak-anak/Kiddy Pool

Wahana Kiddie Pool Banyuwangi Park
Wahana Kiddie Pool (Instagram.com/banyuwangiparkofficial)


- Kolam Olympic

- Water Futsal

water futsal di Banyuwangi Park
Wahana Water Futsal (via Youtube @jalanbarengdkh)

- Rumah Kaca


- Dark Riders


- Cinema 4D


- Baby Swinger


- Soft Play


Rumah Hantu

Rumah Santet di Banyuwangi Park
Wahana Rumah Hantu (via Facebook @aris.setiawan3701)

Fasilitas Banyuwangi Park


masjid Lawang Suwargo di Banyuwangi Park
Masjid Lawang Suwargo di Banyuwangi Park (Youtube @javaexotiatour)

Layaknya sebuah tempat wisata, Banyuwangi Park juga dilengkapi sejumlah fasilitas umum untuk kenyamanan para pengunjung, diataranya berupa :
- toilet disejumlah titik
- ruang ganti
- masjid Lawang Suwargo
- kantin
- shelter berteduh
- tempat parkir yang luas

Tiket Masuk Banyuwangi Park


Destinasi wisata Banyuwangi Park mulai dibuka untuk umum secara resmi pada hari Minggu, 19 Maret 2023.

Untuk menikmati seluruh wahana dan fasilitas yang terdapat didalamnya, pengunjung Banyuwangi Park dikenakan tarif sebagai berikut :

Selama masa pembukaan perdana Banyuwangi Park memberlakukan tiket promo sebesar Rp 50.000 per orang.

Tiket perdana Banyuwangi Park ini berlaku dan bisa digunakan untuk kunjungan hingga tanggal 18 April 2023.


Setelah itu nantinya berlaku HTM normal masuk ke Banyuwangi Park yaitu Rp 70.000/orang.

Belum diketahui apakah tiket sebesar itu berlaku baik untuk weekday dan weekend atau khusus weekday saja.

Untuk mendapatkan tiket tersebut, pengunjung Banyuwangi Park bisa membelinya secara online melalui kontak WhatsApp di nomor 081333358088 atau go show di loket lokasinya.

#updated Tiket Masuk Banyuwangi Park


Dalam perkembangannya, tarif masuk wisata keluarga dan arena bermain Banyuwangi Park mengalami perubahan. Per 1 Oktober 2023, berlaku harga tiket sebagai berikut :

Tiket Reguler  :

-weekday 25rb
-weekend 35rb

Dengan membeli tiket Reguler ini pengunjung akan mendapat kesempatan untuk menikmati 5 wahana, yaitu Banyuwangi Dahsyat, Science Center, Pool /kolam renang, Rumah Kaca, dan Softplay.

Tiket Terusan

-weekday 50rb
-weekend 70rb

Dengan membeli tiket Terusan ini pengunjung bisa sepuasnya menikmati semua wahana yang ada di Banyuwangi Park, namun tidak termasuk ATV dan Trampolin.

Jam Operasional Banyuwangi Park


Wisata Banyuwangi Park buka setiap hari mulai hari Senin hingga Minggu. Pintu gerbang wisata mulai dibuka setiap hari mulai pukul 08.30-16.30 WIB.


Saat ini belum ada perbedaan jam operasional antara weekday dan weekend, namun nantinya bisa saja dibuat perbedaan sesuai kebijakan manajemen. Sebab umumnya tempat wisata pada weekend dan hari libur beroperasi lebih panjang, yaitu buka lebih awal dan jam tutup lebih lama.

#updated :

Saat ini jam buka Banyuwangi Park mengalami sedikit perubahan yaitu mulai buka pada pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB berlaku setiap hari, kecuali Hari Jumat.

Khusus untuk Hari Jumat, Banyuwangi Park tidak menerima pengunjung alias tutup.


Lokasi Dan Rute Menuju Banyuwangi Park 


Lokasi Banyuwangi Park berada di Jl Raya Jember km 7, Desa Dadapan, Kec. Kabat, Banyuwangi, Jawa timur.

Lokasinya sangat strategis karena berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Banyuwangi kota dengan Rogojampi. 

Bagi calon pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, lokasi Banyuwangi Park juga relatif mudah dijangkau.


Jika kamu naik kereta api, stasiun terdekat dengan lokasi Banyuwangi Park adalah Stasiun Rogojampi dan Stasiun Banyuwangi, kamu bisa turun di salah satunya. Selanjutnya kamu bisa naik ojek menuju lokasi sejauh 8 KM.

Bahkan jika kamu naik bus dari arah Jember, kamu bisa langsung turun persis di depan lokasi Banyuwangi Park. Tinggal nyeberang jalan saja.

Bagi pengunjung yang menginap, lokasi Banyuwangi Park juga sangat dekat dengan 2 hotel bintang. Yaitu Hotel El Royale dan Hotel Kokoon. Jika kamu menginap disalah satu hotel tersebut, ibaratnya tinggal jalan kaki saja untuk sampai di Banyuwangi Park, karena jaraknya kurang dari 300 meter saja.






Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

1 komentar:

  1. Tempat wisata yang sangat nyaman untuk belajar dan menikmati liburan bersma keluarga.

    BalasHapus

Scroll to top