JADWAL LENGKAP AGENDA BANYUWANGI FESTIVAL 2020, ADA 123 EVENT ATRAKSI BERAGAM MULAI DARI SENI BUDAYA, KULINER, PESONA ALAM HINGGA SPORTOURISM. MANTAP!


Agenda wisata tahunan Banyuwangi Festival 2020 siap menyambut wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Untuk tahun 2020 lebih menggila, karena ada 123 festival yang digelar sepanjang tahun. Jumlah festival ini meningkat 24 event lebih banyak dibandingkan Banyuwangi Festival 2019 yang terdiri dari 99 festival.

Tak hanya bertambah secara kuantitas, Banyuwangi Festival 2020 juga memberi porsi lebih banyak pada segmen wisata tertentu, menampilkan 30 atraksi baru dan bahkan akan ada satu event yang super spektakuler. Seperti apa?

Jadwal Lengkap Banyuwangi Festival 2020

Jadwal lengkap agenda Banyuwangi Festival 2020.
Jadwal lengkap Banyuwangi Festival 2020 (klik untuk memperbesar)

Banyuwangi Festival (BFest) 2020 resmi dilaunching pada 8 Januari 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Rabu (8/1/2020). Calender of Event bertajuk "Spectacular Event 123" ini diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio.

Tiga hari sekali ada festival di Banyuwangi

Peluncuran agenda wisata Banyuwangi Festival 2020 di Jakarta oleh Menparekraf Wishnutama Kusubandio
Menparekraf Wishnutama Kusubandio melaunching 123 event wisata Banyuwangi Festival di Jakarta.
 
Banyuwangi Festival merupakan agenda wisata tahunan Kabupaten Banyuwangi yang rutin digelar sejak 2011 lalu dan sudah menjadi acuan bagi wisatawan yang ingin menikmati beragam potensi wisata dan seni budaya Banyuwangi.

Dimulai 17 event di tahun 2011 lalu, dan bertambah terus setiap tahun, hingga mencapai 123 festival di tahun 2020. Dengan 123 event sepanjang tahun 2020, artinya jika dibuat rata-rata, setiap 3 hari ada sebuah festival digelar di Banyuwangi.

Event lama yang tetap bertahan

Peresmian Banyuwangi Festival 2020 disiarkan lewat channel Youtube.
Launching calender of event Banyuwangi Festival 2020 disiarkan langsung lewat channel Youtube.
Banyuwangi Festival 2020 mengusung 123 atraksi wisata dengan beragam segmen, antara lain seni budaya, pesona alam, musik, sport tourism, hingga potensi daerah.

Dari 123 event tersebut, terdapat tiga acara unggulan yaitu, Festival Gandrung Sewu, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Internasional Tour de Ijen. Ketiganya juga masuk dalam 100 Top CoE 2020 bergabung dengan acara dari berbagai daerah lain di Indonesia.

Disamping mempertahankan sejumlah atraksi yang terbukti selama ini sukses menarik wisatawan datang, seperti pagelaran musik jazz dan Gandrung Sewu, BFest 2020 juga menyuguhkan sejumlah event baru yang bakal memberikan pengalaman baru bagi wisatawan.

Event baru atraksi baru di Bfest 2020

Si Arong maskot wisata Banyuwangi di peresmian kalender of event BFest 2020.
Si Arong, meskot wisata Banyuwangi ikut meramaikan launching agenda Banyuwangi Festival 2020.
   
BFest 2020 juga menampilkan sejumlah event baru yang bakal memberikan pengalaman baru bagi wisatawan.

Atraksi baru tersebut antara lain berupa atraksi kopi di sejumlah sentra penghasil kopi, seperti Perkebunan Kalibaru. Sebelumnya, event ini selalu berpusat di Desa Adat Kemiren. Lalu ada Kaliploso Horti Carnival yang menampilkan potensi agro wisata desa Kaliploso.

Berikutnya ada juga 2 lomba sepeda gunung, Mountain Bike Enduro dan Banyuwangi XC Race. Masih seputar olahraga, ada Banyuwangi Night Run yang baru pertama kali digelar. Festival Kuwung yang biasanya menampilkan aneka seni budaya berbagai daerah, tahun ini dilengkapi dengan 2 festival makanan, yaitu Kuwung Culinary Festival dan Kuwung Food Festival. Nah, penasaran khan apa bedanya culinary dan food. 

Ada 15 event kuliner yang siap menggagalkan diet kamuh...

Bfest 2020 menampilkan 15 event kuliner.
Banyuwangi Festival 2020 bikin diet batal dengan 15 event yang menyuguhkan aneka kuliner lezat.
BFest 2020 juga menghadirkan 15 festival kuliner yang bakal seru. Di antaranya ada Chocolate Food Festival, Muncar Food Festival, Bamboo Food Festival, Alaspurwo Food Festival, Arabian Food Festival, Cacalan Beach Food Festival, Marina Food Festival, Osing Food Festival, hingga Millennials Food Festival.

Festival kuliner diperbanyak karena sejumlah alasan. Selain peminatnya tinggi, Pemkab Banyuwangi ingin mengangkat khazanah masakan lokal Banyuwangi dan yang terpenting mampu mengangkat warung-warung rakyat dan usaha kuliner rumahan.

Untuk diketahui, Banyuwangi memiliki aneka kuliner khas yang sangat beragam. Sebut saja pecel pitik khas Kemiren, Ayam Kesrut, Sego Tempong, Geseng Bangsong khas Singojuruh, juga ada ratusan makanan khas Timur Tengah ala warga Kampung Arab di Banyuwangi.

So... jangan merasa bersalah ya jika kuliner enak menggoda selera makanmu dan bikin dietmu berantakan selama traveling di Banyuwangi. Entar aja dietnya dilanjutin!

Berolahraga sambil berwisata, mantap tho! Ada 15 ajang sport tourism di BFest 2020

Wisata olahraga alias sport tourism dapat jatah 15 event di Banyuwangi Festival 2020
Ajang sportourism mendapat porsi banyak dalam Banyuwangi Festival 2020.
Selain kuliner, ajang sport tourism juga diperbanyak. Banyuwangi sangat concern terhadap segmen sport tourism, maka tak kurang ada 15 ajang sport tourism dihelat pada BFest 2020.

Sport tourism alias wisata olahraga dalam Banyuwangi Festival 2020 layak mendapat porsi banyak, hal ini tak lepas dari tingginya minat berolahraga di kalangan masyarakat Indonesia, seperti terbukti dari banyaknya komunitas berbagai cabang olahraga, khususnya berjalan kaki, berlari dan bersepeda.

Apalagi Banyuwangi memiliki bentang alam yang hijau nan asri sangat cocok untuk ajang kompetisi olahraga. Bayangkan bersepeda di tengah hutan yang kaya oksigen seperti di Alas Purwo. Atau berlari dengan beragam kondisi medan yang penuh tantangan, mulai dari bukit, hutan, sungai, perkebunan kopi dan cengkeh hingga persawahan.

Tren gemar berolahraga berbasis komunitas ini secara jeli dibidik oleh Pemkab Banyuwangi dengan menyelenggarakan berbagai event sport tourism sesuai target segmen. Sebagai contoh, olahraga sepeda BMX, ini memiliki pasar yang spesifik tetapi belum banyak digarap daerah lain. 

Banyuwangi sampai bela-belain membangun sirkuit berstandar internasional untuk menampung peminat BMX. Alhasil, sirkuit BMX di Muncar ini sering diincar komunitas BMX sebagai tempat berlatih. Termasuk langganan para atlet BMX nasional kita.

Tahun ini penggemar olahraga BMX bisa menyaksikan Banyuwangi International Bicycle Motocross (BMX) Competition di bulan April. Juga ada kompetisi balap sepeda jalan raya International Tour de Banyuwangi Ijen yang telah menjadi ajang balap sepeda terbaik di Indonesia menurut Federasi Sepeda Dunia (UCI) di bulan Oktober.

Secara keseluruhan, penggemar olahraga bersepeda benar-benar dimanjakan dengan 5 event yang dijadwalkan.

Lalu di bulan Juni 2020, ada ajang selancar paling bergengsi di dunia, World Surf League (WSL) di Pantai Plengkung. Nantinya kompetisi selancar di Pantai Plengkung, Alas Purwo yang merupakan bagian dari 11 seri WSL CHampionship Tour ini berlangsung selama 11 hari dan diikuti 54 peselancar terbaik dunia.

Event Fashion, musik dan seni budaya juga mendapat porsi banyak

26 event seni budaya dalam Banyuwangi Festival 2020
Ajang seni budaya mendapat jatah terbanyak dalam Banyuwangi Festival 2020 yaitu 26 event
Penikmat pagelaran busana dan pertunjukan musik yang mayoritas kaum milenial cukup banyak mendapat porsi melalui berbagai atraksi fesyen, seperti Green and Recycle Fashion Week, Moslem Fashion Festival, Banyuwangi Batik Festival, hingga pagelaran Sustainable Fashion.

Juga panggung musik bertebaran sepanjang tahun mulai aneka festival berbau jazz, musik Islami, drumband, musik pesisir hingga musik jalanan ada.

Festival seni dan budaya juga semakin bertambah bahkan mendapat porsi terbanyak yakni 26 event. Selain karena menjadi atraksi wisata, festival juga menjadi panggung bagi anak-anak muda daerah melestarikan seni budayanya.

Akhirnya, ada satu atraksi super spektakuler yang dijanjikan Menparekraf untuk Banyuwangi

Menparekraf menjanjikan dukungan event super spektakuler untuk Banyuwangi.
Menunggu janji event super spektakuler untuk Banyuwangi dari Menparekraf.
Saat melaunching 123 agenda wisata Banyuwangi Festival 2020, Menparekraf, Wishnutama Kusubandio, menjanjikan akan menggelar event super spektakuler di Banyuwangi.

Event super spektakuler tersebut, disebutnya sebagai bagian dari dukungan pemerintah pusat untuk Banyuwangi.

Ia memastikan dukungan untuk Banyuwangi tidak akan kalah dengan dukungan ke destinasi prioritas yang sudah ditetapkan.

Event super spektakuler yang masih misterius ini, seperti apa wujudnya, tentunya layak ditunggu. 

Menparekraf hanya mengisyaratkan, dampak dari event yang spektakuler tersebut, bisa diukur secara cepat dan luas kepada masyarakat. Ia mencontohkan acara Opening Asian Games 2018 di Jakarta yang memukau dunia.

Banyak yang mencibir tentang event tersebut, tapi begitu berjalan sukses dan memukau seluruh dunia, langsung menumbuhkan kebanggaan yang mempersatukan rakyat Indonesia.

Nah, bikin penasaran khan seperti apa gregetnya event superspektakuler yang dijanjikan tersebut.

Daftar Lengkap Agenda Banyuwangi Festival 2020

Sambil menunggu detil event super spektakuler tersebut, inilah daftar event atraksi wisata yang terangkum dalam tajuk Banyuwangi Festival 2020 yang berlangsung sepanjang tahun.

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan Januari

Mengawali tahun 2020, agenda Banyuwangi Festival belum banyak menampilkan atraksi wisata. Mungkin masih imbas suasana liburan akhir tahun, sehingga tidak banyak yang ditampilkan. Namun setidaknya diawal 2020 sudah dimulai dengan Festival Lembah Ijen yang menampilkan tema Legenda Sang Gandrung.

Lalu nanti akan ada launching Banyuwangi Culture Everyday yang menampilkan pertunjukan seni budaya Banyuwangi setiap hari di Taman Blambangan. Selanjutnya untuk menyambut tahun baru Imlek ditampilkan dua event istimewa, Festival Imlek dan launching destinasi kuliner Chinese Street Food di Lorong Bambu depan Gesibu Banyuwangi.

1 Januari : Pagelaran Legenda Sang Gandrung
17 Januari : Banyuwangi Culture Everyday
29-31 Januari : Chinese Street Food
31 Januari Festival Imlek

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan Februari


07 Februari  : Banyuwangi Sport
15 Februari : Festival Lembah Ijen 2
27 Februari : Festival Pasar Wisata Kuliner

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan Maret


07 Maret : Jaranan Buto Milenial
14 Maret : Festival Lembah Ijen 3
19 Maret :Wongsorejo Corn Festival
23 Maret : Festival Posyandu Kreatif

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan April


01-05 April : Banyuwangi Art Week 
01-05 April: Banyuwangi Culinary Festival
04 April : Banyuwangi Fashion Festival
04-05 April : Banyuwangi International BMX
04-05 April : Muncar Food Festival 
09 April : Bangsring Under Water Festival
11 April : Festival Lembah Ijen 4 
13-15 April : Banyuwangi Fishing Week
13-15 April : Oling River Food
13-15 April : Festival Musik Anak Negeri
15 April : Festival Toilet Bersih
18 April : Gintangan Bamboo Festival
20-21 April : Eco Fashion Days (by Anita Yuni) 
24 April : Festival Ramadan (s.d. 22 Mei) 

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan Mei


02 Mei : Festival Lembah Ijen 5 
08 Mei : Festival Patrol 
09 Mei : Festival Hadrah
25 Mei : Barong Ider Bumi
26 Mei : Diaspor Banyuwangi
28-31 Mei: Seblang Olehsari 
30 Mei : Kopat Sewu (Puter Kayun)

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan Juni


04-14 Juni:  World Surf League Championship Tour 
04-14 Juni : Alaspurwo Food Festival 
06-13 Juni : Banyuwangi Agro Expo
06-13 Juni  : Cattle and Pet Festival
06-13 Juni : Agribussiness Strat-up Competition 
06-13 Juni : TamanSuruh Farm Festival
06-13 Juni : Festival Arsitektur Nusantara 
13 Juni : Banyuwangi Agro Music Festival
13 Juni : Festival Lembah Ijen 6
15-16 Juni : Chocolate Jazz Festival 
15-16 Juni : Chocolate Food Festival 
21 Juni : Mandiri Banyuwangi Half Marathon 

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan Juli


08 Juli : Creative Recycled
11 Juli : Festival Lembah Ijen 7 
11-12 Juli : Festival Band Pelajar 
12 Juli : Blue Fire Ijen Challenge
12 Juli : Festival Pengantin Nusantara
16 Juli : Kaliploso Horti Carnival 
16 Juli : Festival Film Pendek
16 Juli : Festival Video Kreatif 
19-25 Juli : Banyuwangi Painting & Photography Exhibition
23-25 Juli : Festival Smart Kampung 
23 Juli : Banyuwangi Food Festival
23 Juli : Tumpeng Sewu
25 Juli : Banyuwangi Ethno Carnival
26 Juli : Ethnic Drumband Festival

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan Agustus


01 Agustus : Festival Lembah Ijen 8
02 Agustus : Banyuwangi Ijen Green Run
09 Agustus : Seblang Bakungan
09 Agustus : Mountain Bike Enduro
11 Agustus : Karnaval Kebangsaan
12 Agustus : Decoration Vehicle
14 Agustus : Scout Lampion
15 Agustus : Bogi Explore Banyuwangi
22 Agustus : Banyuwangi Beach Jazz Festival
23 Agustus : Festival Selat Bali
27-19 Agustus : Festival Kampung Digital
27-19 Agustus : Anak Sholeh
27-19 Agustus : Inovasi
29 Agustus : Festival Muharram
29 Agustus : Festival Anak Yatim 
29 Agustus : Student Jazz Festival

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan September

03 September : Petik Laut Muncar 
03-04 September : Career Expo
06 September : Keboan Aliyan
09 September : Petik Laut Pancer
12 September : Festival Lembah Ijen 9 
12 September : Jazz Gunung Ijen
13 September : Banyuwangi XC Race
14 September : Festival Memengan 
14 September : Festival Lalare Orchestra
26-17 September : E-Sport Competition 
28-30 September : Muncar Fish Market
28-30 September : Festival Doyan Makan Ikan

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan Oktober

02 Oktober : Malangsari Coffee Festival 
03 Oktober : Festival Ngopi Sepuluh Ewu 
03 Oktober : Festival Kuntulan Caruk 
03 Oktober : Festival Lembah Ijen 10
04 Oktober : Women Cycling Challenge 
09-29 Oktober : Banyuwangi Writters Festival 
08-10 Oktober : Festival Sastra
07-10 Oktober : Marina Food Festival 
10 Oktober : Festival Gandrung Sewu 
17-18 Oktober : Festival Band Remaja
17-18 Oktober : Milenial Food Festival 
22 Oktober : Festival Santri 
25-28 Oktober : Int’l Tour De Banyuwangi Ijen 
29 Oktober : Festival Maulid
31 Oktober : Fishing Festival Nusantara (s.d. 01 November )

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan November

07 November : Festival Gendhing Osing
12-14 November : Pasar Batik Banyuwangi 
13 November : Fashion On The Bamboo Street 
14 November : Banyuwangi Batik Festival
15 November : Traditional Market Festival 
17-18 November : Banyuwangi International Geopark Walk 
17-18 November : Osing Food Festival
20-22 November : Mandar Fish Market Festival
20-22 November : Festival Musik Pesisir 
21 November : Festival Ishari 
23-29 November : Festival Musik Jalanan 
25 November  : Festival Sholawat 
25 November : Arabian Food Festival
28 November : Banyuwangi Night Run
28 November : Festival Lembah Ijen 11

Agenda Banyuwangi Festival 2020 – Bulan Desember

02 Desember : Festival “Kita Bisa” 
05 Desember : Festival Lembah Ijen 12
05 Desember : Festival Kuwung 
05 Desember : Kuwung Culinary Festival 
06 Desember : Banyuwangi Drag Bike 2020
18 Desember : Banyuwangi Award 2020
31 Desember : Malam Refleksi Akhir Tahun

Bikin even itu mudah. Bikin festival itu mudah. Tapi 123 festival dalam setahun?

Membuat acara dan mengemasnya menjadi sebuah festival itu mudah. Setiap daerah bisa melakukan. Tapi menghelat beragam event tahunan dan konsisten mempertahankannya selama 10 tahun dengan kuantitas dan bobot yang terus meningkat, itu berat ferguzo!

Menggelar festival berbobot itu pastinya bukan pekerjaan mudah. Sungguh berat, apalagi sampai ratusan festival. Butuh manajemen yang solid, stamina spartan, inovasi dan kreativitas tingkat tinggi untuk melakukannya.

123 buah event festival dalam setahun, tentu bukan jumlah yang main-main. Menyiapkan festival tentu butuh persiapan. Pasti tidak cukup 1-2 hari. Satu festival, bisa jadi sudah disiapkan beberapa minggu- bahkan beberapa bulan sebelumnya untuk yang kelas internasional, semacam Gandrung Sewu, Banyuwangi Ethno Carnival atau International Tour de Banyuwangi Ijen.

123 event festival dalam setahun. Ibarat belum hilang capek menggelar satu event, sudah ditunggu event berikutnya dalam hitungan hari. Tapi inilah yang dilakukan Banyuwangi untuk membangun daerahnya. Kerja keras yang berbuah hasil nyata.

Banyuwangi Festival 2020 sudah menunggu, ada 123 atraksi dalam 365 hari.

Ayo ke Banyuwangi, kota festival sesungguhnya.
loading...

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top