TRAVELER CATAT NIH, SEKARANG ADA TRANSPORTASI WISATA GRATIS DI BANYUWANGI


Uhuy sekarang ada angkutan khusus pariwisata di Banyuwangi. Kerennya lagi, fasilitas tersebut tersedia gratis. Garis bawahi ya, gratis! So, makin mudah berwisata keliling Banyuwangi bagi traveler yang datang dengan transportasi umum. Sekali lagi, uhuy…

Transportasi wisata gratis di Banyuwangi.
Launching transportasi wisata gratis oleh Bupati Anas dan Menperdag Enggartiasto Lukita (via Detik.com)
Tapi sabar ya bro, ini masih baru pengenalan perdana alias soft launching. Jadi mungkin saja pelaksanaannya belum berjalan lancar. Adalah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang melakukan soft launching di Terminal Brawijaya Banyuwangi, Sabtu (29/7).

Kata Bupati Anas, peluncuran angkutan pariwisata gratis ini sifatnya masih trial and error dulu, dan pihak Pemkab Banyuwangi akan terus menyempurnakan konsepnya sebelum nanti diluncurkan secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Menteri Perhubungan.

“Intinya kami ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pelancong yang liburan ke Banyuwangi. Ini akan mempermudah wisatawan menjangkau lokasi wisata," ujar Bupati Anas saat peluncuran.

Sebagai program baru, Anas mengintruksikan agar angkutan wisata gratis dalam anggaran tahun 2017 ini selalu dievaluasi dan terus diperbaiki.

Fasilitas angkutan pariwisata ini sebagai upaya promosi mendongkrak pariwisata daerah Banyuwangi. Jika wisatawan puas di Banyuwangi, maka otomatis ia akan bercerita kepada kawan-kawannya, baik secara langsung maupun lewat media sosial.

Traveler yang ingin menikmati layanan jasa transportasi ini dapat melakukan pendaftaran online di www.banyuwangitourism.com/jalanjalan. Di laman situs tersebut, traveler akan mendapatkan informasi tentang jadwal wisata yang ditawarkan.

Traveler tinggal memilih destinasi wisata tujuan, tanggal dan waktu keberangkatan, serta sisa kuota kendaraan yang masih tersedia. Lengkap dah!

Beberapa destinasi wisata yang dilayani antara lain PulauMerah, tour kota, Bangsring Underwater hingga Kawah Ijen.

Gratis angkutan wisata di Banyuwangi.
Contoh rute tujuan angkutan wisata gratis Banyuwangi (via grup Banyuwangi Sosmed Team)
Buat traveler yang mendaftar secara online jangan lupa menyiapkan data diri berupa nomor HP dan alamat email yang valid, karena setelah pendaftaran Anda akan mendapat email verifikasi. Jadi jangan ngasal isi data ya.

Titik keberangkatan angkutan pariwisata ini berada di Terminal Brawijaya Banyuwangi, yang letaknya cukup dekat dengan kotanya. Disitu juga disiapkan "Tourist Information Center" (TIC) portabel, sehingga sebelum berwisata, wisatawan bisa mendapat informasi detil sebelum keliling liburan.

Nah, TIC tersebut bukanlah sebuah bangunan kantor permanen, tapi berupa sebuah kontrainer yang disulap menjadi sebuah kantor. Sambil menunggu pembangunan Terminal Pariwisata Terpadu Pasar Sobo kelar, kelak TIC portable tersebut akan dipindahkan ke sana.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Kusiyadi, untuk melayani wisatawan di tahap awal ini baru tersedia tiga armada, yaitu dua unit mini bus masing-masing berkapasitas 21 orang dan satu unit station wagon berkapasitas 10 orang.

Bus wisata gratis di Banyuwangi.
Angkutan wisata gratis di Banyuwangi.
Trooper wisata gratis di Banyuwangi.
Jenis transportasi wisata gratis yang disiapkan Pemkab Banyuwangi. Berturut-turut dari atas ke bawah : mini bus, station wagon dan trooper (via Grup Banyuwangi Sosmed Team)

Minibus yang berkapasitas 21 orang akan beroperasi setiap Sabtu dan Minggu, melayani jurusan Pulau Merah, Bangsring Underwater, dan city tour keliling perkotaan. Sedangkan unit station wagon akan melayani rute Kawah Ijen.

Program angkutan wisata gratis ini merupakan komitmen Pemkab Banyuwangi dalam mengembangkan pariwisata daerah. Namun disisi lain, tetap berusaha agar program tersebut tidak sampai merugikan usaha travel dan angkutan wisata komersial di Banyuwangi. 

Karena itu fasilitas ini dibatasi agar tidak mengurangi pasar para pelaku usaha jasa transportasi lain. Jadi semua bisa berjalan bersama untuk melayani wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Sip dah!

Bersamaan dengan peluncuran fasilitas transportasi pariwisata, Pemkab Banyuwangi juga memperkenalkan angkutan gratis khusus untuk pelajar.

Angkutan pelajar gratis di Banyuwangi.
Angkot digandeng jadi angkutan pelajar gratis di Banyuwangi (via Kompas.com)

Yang bisa menikmati fasilitas ini tidak dibatasi untuk kalangan pelajar tertentu. Mulai dari TK sampai yang kuliah pun dapat memanfaatkannya.

Untuk membedakan dari angkutan umum yang lain, angkutan wisata dan pelajar ditandai dengan tulisan besar "Angkutan Gratis" di bagian depan, sehingga mudah dikenali wisatawan dan siswa. 

Khusus untuk angkutan pelajar gratis ini menggunakan angkot yang disubsidi Pemkab Banyuwangi, dan disiapkan 32 armada yang akan beroperasi setiap hari efektif dengan 10 trayek berbeda.

Tuh kan enak kan tinggal di Banyuwangi. Gak cuma pelajarnya, wisatawan pun dimanjain. Hayo kamu kapan ke Banyuwangi?


loading...

Back To Top