KA BLAMBANGAN EKSPRES BEROPERASI, PERJALANAN WISATA DARI SEMARANG KE BANYUWANGI DAN SEBALIKNYA SEMAKIN MUDAH DAN EFISIEN


KA Blambangan Ekspres Banyuwangi-Semarang.
Jadwal KA Blambangan Ekspres rute Banyuwangi-Semarang
(Instagram @mha.railfans)

KERETA API BLAMBANGAN EKSPRES RUTE BANYUWANGI-SEMARANG

Kabar baik untuk warga Semarang dan Banyuwangi pecinta traveling, sekarang ada kereta api Blambangan Ekspres yang melayani rute Semarang-Banyuwangi PP. Ini artinya menambah alternatif transportasi dari dan menuju kedua kota tersebut. Matur suwun PT KAI Daop 9 Jember!


Alamat bikin mudah dan lebih murah transportasi untuk berkunjung ke Banyuwangi dari Semarang, maupun dari Banyuwangi ke Semarang. Ayuk diagendakan!


Kemudahan ini tentu juga bakal dirasakan semua warga yang kotanya dilalui jalur perjalanan kereta api Blambangan Ekspres. 


Memang sih selama ini perjalanan darat antara Banyuwangi dan Semarang melalui jalur kereta api bisa saja dilakukan. Tapi tidak langsung! 


Selama ini rute kereta api dari kedua kota hanya sampai stasiun di Surabaya, lalu oper kereta api lain yang menuju kota tujuan. Pastinya bikin tidak nyaman dan merepotkan.


Dari segi waktu jelas lebih lama karena harus menunggu jadwal keberangkatan kereta sambungan. Ditambah lagi biaya yang dikeluarkan tentu lebih banyak.


Gapeka 2021


Tapi, sejak 10 Februari 2021 perjalanan kereta api Semarang ke Banyuwangi dan sebaliknya bakal makin lancar. Hal ini terjadi lantaran PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menambah satu armada kereta dalam grafik perjalanan kereta (Gapeka) di tahun 2021.

Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan KA.

Dalam Gapeka 2021, terdapat perubahan perjalanan dan layanan kereta api (KA) secara nasional, termasuk di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember.

Yaitu ada penambahan jumlah perjalanan KA Penumpang di Daop 9 Jember sebanyak 6 trip dibandingkan Gapeka 2019. Dari 20 trip menjadi 26 trip. 

Salah satunya, ya kereta api Blambangan Ekspres rute Banyuwangi-Semarang ini.

Tambahan trip ini tentu saja menguntungkan bagi pelanggan kereta api. Pengguna kereta api makin dimanjakan dengan makin banyak pilihan kereta api, relasi tujuan bertambah, dan efisiensi waktu perjalanan KA. 

Dengan pemberlakuan Gapeka 2021, jarak dan waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih efisien. 

Contohnya KA Blambangan Ekspres, kehadirannya membuat jarak Semarang-Banyuwangi yang jarak fisiknya kira-kira mencapai 660 KM, via Pantura ya, bisa ditempuh dalam waktu 11 jam perjalanan. Jika on time sesuai jadwal ya.

Padahal, kalau jarak Semarang-Banyuwangi ditempuh dengan kereta api model lama yang hanya sampai di Surabaya terus nyambung kereta lain, efisien waktunya bisa 5 jam lebih lo.

Makanya pecinta kereta api dan para traveler pantas mengucapkan terima kasih kepada PT KAI Daop 9 yang telah menyediakan rute KA langsung Semarang-Banyuwangi melalui KA Blambangan Ekspres. 


Jadwal Perjalanan KA Blambangan Ekspres


Kereta Api Blambangan Ekspres, memiliki rute Stasiun Ketapang-Stasiun Semarang Tawang (PP) dan secara resmi mulai dioperasikan sejak 10 Februari 2021.

Kereta Blambangan Ekspres memiliki relasi Stasiun Ketapang hingga Stasiun Semarang Tawang melalui jalur pantura. Kereta ini terdiri dari kelas Bisnis dan Eksekutif.

Karena bukan kereta ekonomis, maka KA Blambangan Ekspres hanya berhenti di stasiun tertentu saja di kota-kota yang dilaluinya.

Di Surabaya, KA Blambangan berhenti di stasiun Gubeng dan stasiun Pasar Turi sebelum melanjutkan perjalanan melalui Stasiun Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngrombo hingga Stasiun Tawang Semarang sebagai pemberhentian terakhir.

Total waktu tempuh KA Blambangan dari Stasiun Ketapang hingga Stasiun Tawang Semarang atau sebaliknya adalah 11 jam perjalanan.

Dengan rincian Blambangan Ekspres berangkat dari Stasiun Ketapang pada pukul 08.30 WIB dan akan tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 19.25 WIB.

Sebaliknya kereta berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pukul 18.05 WIB dan akan tiba di Stasiun Ketapang pukul 04.55 WIB. 


KA Blambangan Ekspres Jadwalnya Fakultatif


Nah, satu hal yang disayangkan dari KA Blambangan Ekspres jadwalnya adalah kereta fakultatif, bukan KA reguler. 

Artinya apa?

Dalam Pasal 1 Peraturan Dinas 16A Jilid 1 tentang dinas lokomotif disebutkan bahwa kereta api fakultatif adalah kereta api yang terdaftar dalam grafik perjalanan kereta api dan dijalankan jika dibutuhkan.

Jadi artinya, Kereta Api Blambangan Ekspres tidak beroperasi setiap saat, tapi di waktu tertentu.

"Beroperasi di waktu tertentu. Terkadang berjalan dan terkadang tidak, semisal bulan ini jalan bulan depannya tidak jalan" kata Plh Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Radhitya Mardika Putra, seperti dikutip dari SuaraIndonesia.co.id.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kapan sedianya Blambangan Ekspres ini bisa dijalankan. 

"Ketika memang situasinya sudah kembali normal, okupansi pelanggan mulai meningkat signifikan atau cenderung stabil, maka pasti akan dijalankan KA Blambangan Ekspres ini," jelas Radhitya lagi.

Seperti dimaklumi bersama, saat ini kita masih bergulat dengan Pandemi Covid-19 yang selesainya belum bisa dipastikan. 

Dalam situasi seperti itu, ditambah ekonomi yang lagi drop, kehadiran KA Blambangan Ekspres memang dilematis. Jika harus beroperasi secara reguler, rutin tiap hari, sementara pasar belum terbentuk, kerugian yang bakal dialami PT KAI sudah bisa dibayangkan.

Namun dengan berstatus fakultatif, bisa saja KA Blambangan Ekspres beroperasi pada waktu tertentu saja, seperti Lebaran, sambil menunggu dan berharap pandemi lekas selesai, agar statusnya bisa menjadi KA reguler.

Dengan hadirnya Kereta Api Blambangan Ekspres rute Banyuwangi-Semarang, setidaknya akan memudahkan dan menjadi alternatif berwisata ke Banyuwangi bagi warga Semarang dan sekitarnya. Begitu juga sebaliknya, warga Banyuwangi makin mudah mengadakan perjalanan ke Semarang dan sekitarnya. 


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

3 komentar:

  1. Terima kasih Daop 9, fitunggu operasinya,

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah , akhirnya ada. Impian kami dari kecil. Trima kasih Daop 9. Trima kasih pt.KAI. semoga lancar n jaya selalu.

    BalasHapus
  3. Mga sgr terealisasi sbg KA Reguler

    BalasHapus

Scroll to top