DORMITORY TOURISM BANYUWANGI, PENGINAPAN YANG PASTI PAS BUAT BACKPACKER


Berwisata ala backpacker ke Banyuwangi, selain hotel dan homestay, ada alternatif tempat menginap yang pas di kantong dan pas di hati pula. Betapa tidak, sudah tarifnya murah, letaknya di tengah kota Banyuwangi. Apa nggak keren tuh?
Penginapan murah di Banyuwangi.
Dormitory A Yani, tuh keren kan mbak resepsionisnya (sumber : Banyuwangitourism.com)
Namanya Dormitory Tourism Banyuwangi. Bagi yang belum tahu, dormitory itu semacam penginapan sederhana yang dapat dihuni oleh beberapa orang dalam satu kamar secara bersama-sama. Mirip sebuah asrama dimana dalam sebuah kamar terdapat beberapa deret tempat tidur bersusun yang satu sama lain tidak bersekat. Tujuannya tentu saja agar tarifnya ekonomis dan terjangkau oleh semua kalangan, khususnya kalangan backpacker.

Meskipun murah, jangan berpikir kondisi dan fasilitasnya ala kadarnya. Dormitory Tourism Banyuwangi ini - eh biar nggak kepanjangan nyebutnya, disingkat Doriwangi aja yuk - konsepnya memang sederhana, hijau dengan banyak tanaman, dilengkapi lukisan-lukisan tentang alam dan sejarah Banyuwangi. Wes pasti cocok istirahat buat backpackers yang akan menuju atau sudah datang dari Kawah Ijen, Pulau Merah, Pantai Sukamade, perkebunan kopi, dan destinasi wisata lain yang tersebar di penjuru Banyuwangi.

Coba disimak, fasilitas penunjang yang tersedia di Doriwangi ini relatif lengkap lo. Sebut saja kedai kopi khas Banyuwangi, taman dan ruang publik dengan fasilitas wifi, gerai usaha kecil dan menengah (UKM) yang menyediakan aksesoris, kaos, dan kuliner khas Banyuwangi seperti rujak soto dan nasi tempong. Cakep kan?

Tambah keren lagi, Doriwangi ini tidak cuma tersedia satu, tapi ada dua Doriwangi yang siap menampung para backpackers. Keduanya sama-sama di pusat kota dan jaraknya relatif berdekatan. Doriwangi yang pertama berada di jalan Ahmad Yani no. 110 dan Dowirangi kedua berada di Jalan Susuit Tubun Banyuwangi.
Kondisi kamar Dormitory A Yani (sumber : Banyuwangitourism.com)
Doriwangi Ahmad Yani yang berada Jl. Ahmad Yani No. 110 Banyuwangi memiliki fasilitas 3 kamar tidur yang dilengkapi dengan AC, dengan 12 tempat tidur susun. Jadi total ada 24 Ranjang. Di sini Anda dapat menikmati berbagai kuliner khas Banyuwangi yang terletak di sepanjang Jl. Brigjen Katamso dan Jl. Ahmad Yani. Selain itu Doriwangi Ahmad Yani berada di kawasan pemerintahan Banyuwangi, tepat di sebelah utara merupakan Kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, sebelah timur Kantor Perindustrian dan perdangangan, dan sebelah selatan Kantor DPRD Kabupaten Banyuwangi. Mantap kan?

Lain lagi dengan Doriwangi Sritanjung. Letaknya berada tepat di Jantung Kota Banyuwangi yaitu jalan Susuit tubun, memiliki 3 lantai dengan 9 kamar dan 24 tempat tidur susun. Jadi total ada 48 ranjang. Di lantai 3 dilengkapi ruang pertemuan (meeting room). Tepat di depan dormitory Anda dapat menikmati jajanan kuliner dan Ruang terbuka hijau di Taman Sritanjung serta dapat melihat Masjid terbesar di Banyuwangi, yaitu Masjid Agung Baiturrahman.
Dormitory Sritanjung dan Ruang pertemuan (sumber :Banyuwangitourism.com)
Ruang kamar Dormitory Sritanjung (sumber : Banyuwangitourism.com)
Tidak jauh dari dormitory terdapat pasar tradisional Banyuwangi yang berada di sebelah timur, serta jika ingin berolahraga terdapat jogging track yang berada di Taman Blambangan. Selain itu Anda dapat menikmati pantai Boom Banyuwangi yang hanya makan waktu 5 menit dari Doriwangi Sritanjung.

Terus berapa kocek yang harus dikeluarkan untuk menikmati keindahan kota Banyuwangi dengan memilih Doriwangi sebagai tempat menginap? Hanya Rp.75.000 per orang per malam. Setidaknya ini sampai tahun 2015 lo ya, tapi doain saja mudah-mudahan tetap murah untuk selanjutnya. Mungkin ada pertanyaan yang mengganjal, kok bisa ya tarifnya semurah itu? Ya karena ini punya Pemkab Banyuwangi yang tujuannya tidak melulu komersial, tapi untuk menyediakan penginapan yang murah bagi kalangan backpackers.

Nah, dengan keberadaan dormitory murah di tengah kota Banyuwangi tentu sangat membantu biaya menginap bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Banyuwangi. Jadi nggak ada alasan untuk menunda-nunda berwisata ke Banyuwangi, the sunrise of java.

Untuk pemesanan Dormitory Tourism Banyuwangi, silahkan menghubungi:
TOURISM INFORMATION CENTER BANYUWANGI
Jl. A. Yani 78 Banyuwangi - Jawa Timur
+62 333 424172
+62 333 412851

loading...

Back To Top