REKOMENDASI TEMPAT SNORKELING TERBAIK DI BANYUWANGI


Sumber: Tookapic – canva.com

Keindahan alam Indonesia memang tidak tertandingi, berbagai macam flora dan fauna juga menambah daya tarik dan keunikan yang ada di sini. Laut termasuk dalam salah satu kebanggaan Indonesia sebab keindahan dan kekayaan alamnya membuat banyak orang ingin melihat dan mengaguminya secara langsung.

Potensi laut Indonesia bukan hanya menjadi salah satu sumber ketahanan pangan, tetapi juga dijadikan sebagai objek wisata. Biasanya, orang-orang menyukai berbagai aktivitas pantai dan laut, seperti menaiki banana boat, dan menyelam. Selain itu, snorkeling menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari untuk rekreasi kehidupan bawah laut.

Ada banyak daerah Indonesia yang indah sehingga sangat cocok untuk dikunjungi masyarakat, salah satunya adalah Banyuwangi, Jawa Timur. Keindahan bawah lautnya pun tidak perlu diragukan lagi dan tentu sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk snorkeling dan kegiatan lainnya. Intip rekomendasi yang telah kami rangkum di bawah ini tentang tempat snorkeling terbaik di Banyuwangi.

1. Grand Watudodol Underwater

Jika Anda ingin menyelam sambil melihat soft coral, terumbu karang, dan berbagai macam ikan hias, Grand Watudodol Underwater bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Hanya dengan menyelam kurang lebih sedalam 1 meter, Anda sudah bisa menikmati keindahan bawah laut yang memanjakan mata. Selain itu, di sini Anda juga dapat melihat aneka terumbu karang seperti minipora, monte, dan lain-lain.

Tidak perlu khawatir untuk peralatan menyelam dan snorkeling, di sini terdapat tempat penyewaan yang memiliki berbagai macam paket dan harga. Selain itu, pantai di Grand Watudodol Underwater memiliki kondisi yang bersih dan terawat, cocok untuk Anda dan keluarga yang ingin menikmati hari setelah melakukan penyelaman. Jika Anda tertarik, tempat ini berlokasi di Bangsring, Selat Bali.

2. Pantai Bangsring

  

Sumber: Ggungpa0 – canva.com

Lokasi yang satu ini adalah wilayah konservasi yang juga memiliki berbagai macam terumbu karang dan ikan. Terdapat lebih dari 90 jenis ikan yang hidup di sini, jika menyelam, Anda dapat melihat ikan anjel doring, kerapu tikus, dan nemo. Jika kebanyakan lokasi bawah laut hanya dikelilingi oleh terumbu karang dan ikan, laut di Pantai Bangsring memiliki Patung Gandrung yang menghiasinya.

Anda dapat menyewa peralatan snorkeling dengan harga mulai dari Rp30.000-an. Selain menyelam, Anda juga dapat merasakan pengalaman unik saat berkunjung di sini, yaitu memberi makan serta berenang bersama ikan hiu dan ikan-ikan lainnya. Anda dapat berenang bersama ikan-ikan tersebut dengan pergi ke rumah apung yang menjadi tempat penangkaran hiu dan klinik ikan.

3. Pantai Senggrong

Pantai Senggrong juga dikenal sebagai Teluk Biru atau Teluk Banyu Biru oleh penduduk setempat. Pantai yang satu ini penuh dengan kehidupan laut serta karang berwarna-warni sebagai rumah bagi ikan-ikan dan makhluk laut berwarna-warni. Hal ini dikarenakan kawasan ini termasuk dalam wilayah konservasi yang melindungi keanekaragaman hayati bawah laut. Selain itu, Pantai Senggrong juga bisa menjadi tempat snorkeling yang sempurna untuk menemukan surga bawah laut.

Tidak banyak pengunjung yang datang ke perairan jernih nan memesona ini karena letaknya yang terpencil dan sedikit jauh. Untuk sampai ke sini hanya bisa ditempuh melalui jalur laut. Jadi, sebaiknya Anda tiba di sini antara subuh hingga siang hari untuk menghindari air pasang tiba-tiba pada sore hari.

4. Pantai Wedi Ireng

  

Sumber: Shutterstock

Manjakan dan tenangkan pikiran Anda dengan berjemur di pantai yang memiliki pasir hitam vulkanik bercampur dengan pasir hangat berwarna putih bak mutiara. Wedi Ireng adalah salah satu surga tersembunyi di Banyuwangi. Dengan pemandangan yang indah, pantai yang tenang ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berburu foto menggunakan kamera drone. Semakin tertarik berkunjung, bukan?

5. Teluk Biru

Jika Anda tidak terlalu menyukai tempat wisata yang terlalu ramai, datanglah ke Teluk Biru! Hal ini karena tidak banyak wisatawan yang tahu tempat ini. Selain tidak terlalu banyak pengunjung, kebersihan tempat ini juga terjamin jika dibandingkan tempat-tempat wisata populer lainnya. Anda juga dapat melihat banyak terumbu karang yang dilindungi saat menyelam di area Teluk Biru.

Selain itu, keistimewaan lain dari Teluk Biru adalah menjadi tempat transplantasi terumbu karang bagi nelayan. Jika Anda ingin berkunjung ke lokasi ini, Anda harus menggunakan perahu. Ajaklah keluarga dan teman Anda untuk menikmati keindahan bawah laut di Teluk Biru yang berlokasi di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Alas Purwo.

 

Keindahan laut memang sulit untuk diabaikan, banyaknya ikan dan terumbu karang menjadi pesona dan daya tarik tersendiri. Itulah 5 rekomendasi tempat snorkeling di Banyuwangi yang telah kami rangkum di atas. Jadi, kapan kamu ke Banyuwangi? 


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top