AGROWISATA UMBUL AGA PUNCAK, REKREASI SAMBIL PETIK BUAH NAGA

Umbul Aga Puncak (UAP) yang terletak di Dusun Gunungsari, Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore menjadi destinasi wisata baru di Banyuwangi yang menyajikan perpaduan antara agrowisata, taman rekreasi dan homestay yang sangat cocok untuk edukasi sekaligus rekreasi bersama keluarga.

Agrowisata Umbul Aga Puncak (UAP) Glenmore.
Agrowisata baru di Glenmore, Umbul Aga Puncak. Masih tahap pengembangan.

Kehadiran Umbul Aga Puncak – disingkat UAP - menambah pilihan bagi wisatawan yang berkunjung di daerah sekitar Glenmore-Kalibaru di wilayah timur Banyuwangi. Agrowisata ini baru dibuka secara resmi pada Desember 2016 lalu.

Selama ini jika bicara wisata Banyuwangi, yang menjadi rujukan biasanya tempat-tempat wisata yang berada di wilayah utara dan selatan Banyuwangi. Namun belakangan ini, wisata di wilayah timur Banyuwangi yang berkesan adem ayem, mulai menunjukkan pamornya. Setelah Waduk Sidodadi yang mampu memikat perhatian wisatawan, ada wisata religi Antaboga yang mulai dikenal, dan sekarang ada Umbul Aga Puncak.

Sebagai destinasi wisata baru di Glenmore, Umbul Aga Puncak memang belum tuntas pembangunannya. Proses pembangunannya pun tergolong cepat. Mulai dikerjakan pada awal bulan September 2016, 3 bulan kemudian sudah mulai dibuka untuk umum. Kendati masih dalam tahap pengembangan, sudah mampu menyedot pengunjung.

Hal ini tak lepas dari konsep Umbul Aga Puncak yang berbeda dari tempat wisata sejenis yang sudah ada di Glenmore. Bukan sekedar tempat rekreasi, Umbul Aga Puncak diplot sebagai destinasi agrowisata, yang menawarkan tanaman buah naga, durian, manggis dan buah lain.

Khusus untuk buah naga, pengunjung dipersilakan memetiknya sendiri dari pohonnya. Bahkan tiket masuk ke lokasi agrowisata Umbul Aga Puncak bisa ditukarkan dengan 1 buah naga. Namun ini berlaku jika sedang masa panen buah naga. Sedangkan untuk jenis buah lain saat ini masih dalam tahap pertumbuhan.

Satu lagi kelebihan Umbul Aga Puncak, lokasinyanya yang berada di ketinggian, sehingga udaranya cukup sejuk, ditambah kontur lahannya yang berundak, akan terlihat sangat menarik jika nantinya seluruh pembangunannya selesai.

Pihak pengelola juga berencana membangun homestay bagi keluarga yang ingin bermalam di tempat ini sambil menikmati suasana pegunungan di sekitarnya.

Wisata Umbul Aga Puncak yang berdiri diatas tanah seluas 2 hektar ini juga menyedikan lahan parkir yang sangat  luas dan aman bagi pengunjung. Kedepan pihak pengelola juga akan memperluas jalan masuk ke lokasi, sehingga memudahkan kendaraan bus untuk memasukinya.

Fasilitas kolam renang yang tersedia di Umbul Aga Puncak berupa kolam renang anak-anak dan dewasa yang airnya bersih dan jernih tanpa bahan penjernih alias kaporit. Airnya juga segar karena diambil langsung dari 9 sumber artesis yang ada di sekitar lokasi. Pihak pengelola mengklaim air tersebut berupa air Purwitasari yang bisa bikin awet muda karena mengandung mineral dan memiliki TDS (Total Disolved Solid, yaitu jumlah kandungan zat yang terlarut dalam air) dibawah 10.

Untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung, di Umbul Aga Puncak banyak terdapat gazebo dan tenda di berbagai sudut yang dapat dimanfaatkan untuk beristirahat atau berteduh bagi pengunjung, sembari menikmati pemandangan di sekeliling.

Bagi pecinta selfi juga tersedia beberapa spot yang cukup menarik, seperti tempat duduk dengan latarnya dari kayu, pergola, tenda bawang, dan spot lain yang masih dalam pengerjaan.

Pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 8 ribu untuk anak-anak. Yang menarik, tiket tersebut nantinya akan diundi, dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah Umroh gratis.

UAP Glenmore
Agrowisata Umbul Aga Puncak dengan tanaman buah Naga nya.

View persawahan di sekitar lokasi.

Salah satu spot selfie favorit di UAP (via Facebook)

Tenda bawang (via Facebook)

Spot selfi Umbul Aga Puncak.
Salah satu spot selfie

Kolam renang anak Umbul Aga Puncak (via Facebook)

Kolam anak UAP Glenmore

Deretan kios penjaja makanan dan minuman.

Gak harus renang, main floaties juga asyik (via Facebook)

Keceriaan anak-anak (via Facebook)

Kamar ganti untuk pengunjung yang akan atau usai berenang.

Kolam renang dewasa dan pujasera yang dalam tahap pembangunan.
Master plan Umbul Aga Puncak

Pintu masuk dan loket tiket. Ada undian berhadiah Umroh.

CARA MENUJU AGROWISATA UMBUL AGA PUNCAK

Untuk menuju ke agrowisata Umbul Aga Puncak yang terletak di Kecamatan Glenmore ini, pengunjung dari mengawalinya dari jalan raya Jember-Banyuwangi KM 6,5 dari arah Kantor Telkom Glenmore ke arah Genteng. Nanti ketemu pertigaan yang menuju ke Candi Agung Gumuk Kancil (dari sini menuju Umbul Aga Puncak jaraknya sekitar 7 km), belok ke kiri trus ikuti jalan lurus sampai pertigaan Sumber Wadung, belok ke kiri maka akan terlihat Stasiun Sumber Wadung di sisi kanan jalan.

Setelah melewati Stasiun Sumber Wadung, 200 meter kemudian ada pertigaan, belok kanan.
Anda akan melewati jalan yang melintasi rel kereta api, lurus saja sejauh 2 km sampai Pasar Patokwesi. Nanti ketemu pertigaan jalan, jika belok ke kiri Anda akan sampai di wisata Umbul Pule dan Umbul Bening. Ambil jalan lurus sampai menemukan petunjuk arah ke Umbul Aga Puncak, belok ke kiri sampai sudah di lokasi.

Rute menuju Umbul Aga Puncak dari jalan raya Jember-Banyuwangi.