AKBAR ZOO BANYUWANGI, DESTINASI WISATA SEKALIGUS SARANA EDUKASI KELUARGA DI JALAN RAYA IJEN

AZB
Wisata edukasi Akbar Zoo Banyuwangi


Akbar Zoo Banyuwangi


AZB (Akbar Zoo Banyuwangi) sebuah destinasi wisata baru di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, resmi dilaunching pada 8 November 2020. Merupakan wisata keluarga yang memadukan antara water park, wahana outdoor dan kebun binatang mini. Tempat wisata ini digadang-gadang cocok untuk liburan seluruh anggota keluarga. Selain tempat refreshing, ada unsur edukasinya.  

Terlebih lokasi AZR mudah dijangkau dan cukup eye catching. Posisinya persis di tepi jalan raya ke arah Kawah Ijen, kanan jalan kalau dari kota Banyuwangi. Sejak dari halaman depannya suasananyanya sudah enak dan nyaman untuk berlibur. Banyak pepohonan rindang yang bikin teduh. 

Dari tempat parkiran kamu tinggal melangkah puluhan meter untuk memasuki lokasi AZB. Tempat loket tiket masuknya saja keren lo, tidak pasaran seperti tempat lain. 

Nah, seperti apa keseruan tempat wisata AZB ini sehingga layak masuk agenda piknikmu di Banyuwangi. Cekidot.


Jalan utama memasuki lokasi Akbar Zoo Banyuwangi dari tempat parkir.



Wahana yang tersedia di Akbar Zoo Banyuwangi cocok untuk seluruh anggota keluarga. Mulai dari kastil Belanda, kincir angin, bukit teletubis, taman labirin, termasuk taman satwanya.


Kincir angin, salah satu spot favorit pengunjung AZB.


Yang pengin main seru-seruan bisa mengikuti aktivitas outbound seperti flying fox, spider web, sepeda layang atau main ATV dengan medan yang asyik. 


Salah satu permainan outbound yang menarik bagi anak-anak (via @bagus_zb)



Salah satu favorit anak-anak di AZB adalah kolam renangnya. Selain desainnya yang menarik, kedalaman air yang cukup rendah, serta dilengkapi dengan sarana seluncuran dari miniatur kapal, air tumpah, ban, dan mandi busa ala-ala hujan salju, membuat kolam renang AZB tidak pernah sepi.


Kolam renang AZB sangat disukai pengunjung (via @akbarzoobanyuwangi)


Khusus buat yang pingin banget mandi salju di kolam renang AZB, perlu dicatat sarana ini tidak tersedia setiap saat. Untuk week day mesin dinyalakan pada pukul 12.00-15.00, sedangkan week end (sabtu-minggu) bisa mandi salju lebih lama, yaitu mulai pukul 10.00-15.00.



Mandi busa di kolam renang AZB disukai pengunjung (via @akbarzoobanyuwangi)



Selain itu banyak kok spot foto yang menarik dan instagramable pastinya. Seperti aneka patung karakter film kartun favorit anak-anak yang banyak tersebar di lokasi AZB.


Patung karakter di AZB yang familiar bagi anak-anak.


Sesuai namanya, Akbar Zoo Banyuwangi juga memiliki taman satwa yang pasti menarik buat anak-anak. Berbagai jenis burung, ayam, burung onta, kelinci, domba, dan landak ada di AZB. Jumlah dan jenisnya masih terus akan bertambah untuk melengkapi koleksi satwanya. Sambil berwisata, anak-anak pun belajar mengenal aneka binatang.

Bermain dengan kelinci yang jinak banyak disukai anak-anak (via @saraswatiyanuar)



Anak-anak juga bisa belajar cara beternak sapi atau memerah susu domba di kandangnya. Ini menjadi pengalaman yang menarik bagi mereka tentunya.



Bahkan orangtua dan anaknya bisa berinteraksi langsung dengan hewan yang lucu imut dan jinak, atau sekalian berfoto dengan beo yang suka panggil-panggil pengunjung "pak ... pak". Jangan kuatir, ada zoo keeper yang menjaga dan mengawasi. 


Beo jinak yang suka panggil-panggil pak..pak, bisa diajak berfoto selfi lo. Ada zoo keeper yang akan mengatur. (via @akbarzoobanyuwangi)


Bagi keluarga yang hanya ingin bersantai atau merasa capek setelah puas menjelajahi seluruh sudut AZB, duduk manis di bawah pepohonan rindang sambil menikmati suasana di sekitarnya juga asyik kok. 


Bagi yang mager atau capek jalan-jalan, bisa duduk santai di kursi taman atau gelar tikar di rerumputan. 

Saat tubuh merasa lelah dan energi terkuras dengan aktivitas di Akbar Zoo, saatnya perut disi dengan yang lezat-lezat dan kerongkongan diguyur yang segar-segar. Ada kafetaria Zoo Corner yang siap menuntaskan dengan aneka hidangan dan minuman yang lezat. 


Kafetaria Zoo Corner siap menuntaskan rasa lapar dan dahagamu.


Kalau mau main ke Akbar Zoo Banyuwangi  jangan lupa perhatian jam operasionalnya ya. AZB buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Kecuali hari Senin tutup untuk dilakukan sterilisasi lokasi.


Nyangka nggak kalau ini ternyata loket tiket masuk AZB ?


Gak usah kuatir dengan tiket masuk ke Akbar Zoo Banyuwangi, karena relatif murah dan terjangkau semua kalangan. Kamu hanya dikenakan tiket sebesar 10 ribu untuk memasuki area wisata ini, dan biaya parkir 2 ribu untuk roda dua dan 5 ribu untuk mobil. Jangan kuatir lokasinya bisa dibilang cukup luas untuk menampung kendaran pengunjung.


Tiket masuk Akbar Zoo Banyuwangi murah
Ini area parkir AZB luas dan bangunan di belakangnya itu restonya,
via @akbarzoobanyuwangi


Lokasi Akbar Zoo Banyuwangi berada di jalan raya Lidjen, Desa Paspan, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 9 KM dari pusat kota dan bisa dicapai dengan motor maupun mobil. Biar tidak nyasar kamu bisa manfaatin Google Maps berikut untuk menemukan lokasinya.





Dengan hadirnya destinasi wisata Akbar Zoo Banyuwangi di Desa Paspan ini tentunya akan menambah pilihan bagi wisatawan yang berlibur ke Banyuwangi. Jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan selama berlibur ya.

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top