1911 CAFE & RESTO KALIBENDO, TEMPAT NONGKRONG ASYIK SEKALIGUS MENIKMATI KULINER YANG LEZAT



Lagi badmood, kepengin menghindari keramaian, nyari tempat yang pas buat refreshing sekaligus bisa menikmati aneka kuliner yang bikin hepi? Yuk meluncur ke 1911 Cafe & Resto di kawasan Perkebunan Kalibendo, Banyuwangi. Dijamin jenuh dan stressmu minggat.

1911 Cafe dan Resto, Kalibendo, Banyuwangi.
Cafe & Resto 1911 Kalibendo, Banyuwangi. 
Kalau kamu baru mendengar nama 1911 Cafe atau Cafe 1911, kamu mungkin tidak begitu berminat. Tapi kalau kamu sudah mencobanya, sangat mungkin kamu akan merekomendasikan pada temanmu.

Seperti apa sih keistimewaan Cafe 1911 sehingga layak jadi jujugan? Biarkan foto-foto berikut ini menjawabnya.

1991 Cafe & Resto Kalibendo istimewanya apa sih

Saat menjejakkan kaki pertama kali di sini, kamu akan melihat sebuah bangunan tunggal berlantai 2 yang terlihat kokoh. Meski di siang hari terik, suasana di sekeliling nampak asri dengan pepohonan yang rimbun.

Bangunannya lebih menyerupai sebuah gedung daripada sebuah cafe dengan dominasi warna tembok putih dan interior cokelat. Sekilas tidak tampak ada keistimewaannya.

1911 cafe dan resto Kalibendo, Banyuwangi
Tampak depan Cafe & Resto 1991 Kalibendo.

Tapi dibalik bangunan klasik yang minim pajangan dan interior yang cantik seperti cafe umumnya, tersimpan keunikan tersendiri. Sepertinya si pemilik sengaja lebih menonjolkan suasana yang nyaman bagi para tamunya.

Lihat saja, sekeliling bangunan cafe seluruhnya terdiri dari dua daun pintu kayu dengan kaca kotak-kotak yang dibiarkan terbuka separuh. Udara bebas menyusupi seluruh sudut ruangan. Segar tanpa AC. Pencahayaan pun terang benderang.

Cafe 1911 Kalibendo Banyuwangi.
Ruang dalam 1991 Cafe & Resto Kalibendo.

Lihat juga meja kursinya, semua dari kayu berukuran besar. Walaupun di sudut tertentu tersedia meja kursi ala sofa yang empuk.

Menariknya lagi, mereka punya SDM yang cukup cepat dalam melayani pelanggan. Menyapa pelanggan dengan baik dan cekatan menjelaskan apa saja menu unggulan di cafenya.

indoor cafe 1911 Kalibendo Banyuwangi
Ilustrasi proses pengolahan kopi, mulai dari fase tanam sampai bisa diseduh dan disruput rame-rame.
Ngopi memang enaknya rame-rame sob.

Di salah satu tembok ruang cafe terdapat lukisan ilustrasi proses pengolahan kopi, mulai dari fase tanam sampai hasil akhirnya berupa kopi bubuk yang siap sruput. Di bawahnya di pajang berbagai komiditas hasil panen perkebunan saat itu. 

Kopi memang menjadi salah satu menu andalan 1991 cafe & resto. Penyuka kopi wajib menyatroni tempat ini. Banyak varian kopi yang tersedia, mulai arabika, robusta, excelsa, hingga kopi lanang.

Salah satu sudut kafe 1991 dengan tempat duduk empuk yang jadi favorit pengunjung. 
Air menjadi salah satu elemen penting bangunan cafe 1991. Seluruh bangunan cafe dikelilingi kolam selebar sekitar 60 cm yang diisi aneka ikan hias yang dibiarkan bebas berkeliaran. Diapit tanaman di kanan-kirinya. 

Ornamen semacam ini menciptakan suasana sejuk, santai dan nyaman bagi pengunjung. Secara tak langsung membuat betah berlama-lama. Ditambah lagi cafe 1991 tidak asal memutar lagu. Lagu yang dipilih berirama lembut dan easy listening dengan volume yang tidak mengganggu orang yang tengah berbicara maupun bersantai. Sangat nyaman.

Seluruh sudut cafe dikelilingi kolam berisi aneka ikan hias. 


cafe and resto 1911 Kalibendo
Bagian belakang cafe 1911 Kalibendo.

Sekarang alihkan pandangan ke samping kiri cafe. Ada kolam renangnya. Airnya terlihat jernih kebiruan. Jadi pengin nyebur khan.

kolam renang di 1911 cafe & resto Kalibendo
Cafe yang ada kolam renangnya.

Bayar gak renang di sini? Gratis berenang bagi 1 pengunjung cafe dewasa atau 2 anak-anak jika belanja sampai jumlah 100 ribu. Kalau tidak ngafe, ya bayar. Yaitu 50 ribu untuk dewasa, 25 ribu untuk anak-anak.
1911 cafe kalibendo
Kamar ganti di sebelah kolam renang juga unik, bentuknya segi 6 alias heksagon.

Kamar ganti bagi pengunjung yang berenang juga menarik bentuknya. Yaitu segi enam alias heksagonal. Dengan bentuk yang efisien itu, terdapat 6 kamar ganti. Lebih irit lahan daripada kalau dibangun secara berderet. 

Asal Nama 1911 Cafe & Resto Kalibendo


Nama sebenarnya cafe ini adalah 1991 Cafe & Resto seperti tertulis di papan namanya. Jangan salah, angka 1991 bukan menunjukkan tahun berdirinya cafe lo. Namun diambil dari tahun dibukanya perkebunan Kalibendo.

Sebab cafe 1991 ini sendiri terbilang masih anyar, baru dibuka sekitar bulan Maret 1999 lalu. Tapi untuk penyebutan yang lebih enak dan mudah, orang-orang mengatakan Cafe 1991 saja.

Dan kalau cafe biasanya dibuka mulai siang hari atau bahkan baru mulai sore, Cafe dan resto 1991 ini sudah buka sejak pukul 6.30 sampai 22.30. Kira-kira jam setengah 7 pagi sudah ada yang masuk nggak ya?

Dari dua kesempatan mengunjungi, pengunjung mulai berdatangan ke 1991 cafe pukul 10.00 dan puncaknya pukul 12.00 sampai 15.00. Cukup banyak juga pengunjung bule disni.

Sekarang lihat ke bagian belakang cafe. Ternyata cafe ini memang memiliki lahan yang cukup luas di bagian belakangnya. Sebagian besar masih berupa tanah kosong yang berumput.

Melangkah lebih jauh lagi, melewati jembatan bambu dengan aliran sungai kecil di bawahnya, terlihat beberapa bangunan rumah kecil. Apa itu?

Halaman belakang cafe 1911 Kalibendo
Bangunan utama cafe 1991 dilihat dari arah belakang.

Ternyata rumah kecil berbentuk rumah adat suku Osing tersebut disewakan bagi pengunjung cafe 1991. Antara rumah satu dan lain dihubungkan dengan jalan setapak bersemen. Ukuran rumah villa tersebut cukup kecil, mungkin berkapasitas 2 orang saja.

villa di perkebunan Kalibendo.
Deretan rumah mungil di belakang cafe 1911 yang disewakan bagi pengunjung.

Minat bermalam di sini? 

Bangunan 1991 Cafe & Resto Kalibendo berlantai dua


Selain lantai dasar, kamu juga bisa memilih lantai 2 sebagai tempat bersantai sembari menikmati panorama sekitar. Yang menarik di sini, keseluruhan bangunan didominasi bahan yang alami, kecuali temboknya.

Lantai, anak tangga dan pagar pembatas menggunakan kayu seluruhnya. Maka ketika kamu meniti anak tangga menuju lantai 2, akan terdengar suara-suara khas dari alas kaki saat menapak papan kayu.

Begitu juga langit-langit plafonnya berupa perpaduan antara kayu dan bambu. Sehingga tampak eksotis dan elegan.

Lantai 2 Cafe & Resto 1991 Banyuwangi.
Sisi depan lantai 2.

Sisi kiri lantai 2 menghadap kolam renang.

Anak tangga yang menghubungkan lantai dasar lantai 2 dari dari kayu yang cukup lebar untuk berpapasan.

Aula Cafe & Resto 1991 Kalibendo.
Ruang aula di lantai 2 Cafe 1911 bisa digunakan untuk pertemuan atau rapat.

Menu makanan dan minumannya oke nggak ya?


Nah, hampir lupa kalau ini sebuah tempat makan. Pertanyaan pentingnya pastilah, bagaimana dengan menu makanan dan minuman di Cafe 1991 Kalibendo ini? Oke or not oke?

Soal selera makan ada perbedaan penilaian itu wajar. Tapi memang cukup mengejutkan, meskipun berada di tempat yang cukup nyempil, secara keseluruhan cita rasa makanan di sini oke. Pun minumannya.

Menu di cafe ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu makanan utama, camilan dan minuman. Untuk makanan jenisnya tidak banyak, yang dominan minumannya.

Mungkin untuk menunjukkan bahwa ini memang sebuah cafe dengan suguhan utama minuman. Makanan hanya pelengkap.

Nah, di dalam menu makanan dan camilan ada sedikit yang aneh dan berbeda. Dibawah nama menu tertulis deskripsi bahan apa saja yang terdapat pada menu tersebut. Selain itu ada simbol di sisi nama menunya. Ada daun, ikan, ayam, sapi dan jempol. Ternyata itu ada maknanya.

Gambar daun pada menu makanan menunjukkan jenis vegetarian. Gambar ayam, ikan dan sapi berarti makanan tersebut mengandung unsur tersebut.

Nah, tanda jempol di menu apa dong artinya? Tanda jempol artinya menu tersebut merupakan rekomendasi dari koki Cafe 1991 untuk para pengunjung. Tentu saja ini sebuah keberanian sekaligus bisa menimbulkan rasa penasaran.

menu  cafe 1991 kalibendo.
Penampakan menu camilan cafe 1991.
Bagi yang pertama ke sini, memang ada baiknya mengikuti menu rekomendasi. Salah satu menu yang direkomendasikan bagi para pengunjung cafe adalah singkong goreng.

What? Gak salah tulis? Singkong goreng?

Ya, singkong goreng cafe 1991 betul-betul rekomended pake banget! Kamu boleh tertawa tapi itu karena belum mencobanya. Setelah mencicipinya, kamu bakal manggut-manggut tanda sepakat.

Singkong disini beda banget dengan singkong yang pernah kamu makan. Singkong asli perkebunan Kalibendo. Rasanya benar-benar ajib. Tiada duanya.

Yang kurang ajar lagi, tingkat keempukan singkong Kalibendo terbilang tidak wajar, entah karena faktor apa. Sampai ada ungkapan, yang tidak punya gigi pun bisa memakannya.

Nah, di cafe 1991 ada dua jenis singkong goreng yang bisa dipesan. Singkong goreng original dan Singkong goreng salted egg alias singkong yang diguyur adonan telur asin. Dua-duanya endes, tapi kalau saya lebih suka yang original.

Uniknya, khusus singkong goreng tersedia dua pilihan : 1 porsi dan 1/2 porsi. Kalau kamu cuma berdua atau bertiga, disarankan pesan 1/2 porsi saja.

Satu porsi singkong goreng biasa harganya Rp  30.000, separonya 15 ribu. Sedangkan kalau Singkong goreng salted egg Rp 50 ribu/porsi, separuhnya 30 ribu.

Singkong goreng original, rekomended pokoknya. Disajikan 3 macam saus, wow rasanya. Empuknya ora umum.

salted egg singkong goreng 1911 cafe & resto kalibendo
Singkong goreng salted egg alias singkong goreng telur asin. Porsi setengah.
Secara harga menu di cafe 1991 memang agak lebih tinggi dari umumnya. Tapi dengan memperhatikan bahan yang baik, cita rasa yang enak dan lokasi, masih worth it lah.

Semisal gado-gado - baru kali ini dengar cafe menyuguhkan menu gado-gado - yang sebenarnya termasuk menu rekomendasi, dihargai 25 ribu. Kamu akan mendapat seporsi gado-gado cukup banyak, dengan sayur selada segar, potongan lontong, telur ayam, plus kerupuk yang disiram kuah kacang yang gurih. Dijamin kenyang.

Gado-gado cafe 1991.
Gado-gado Cafe 1991, porsi gede.

nasi pecel cafe 1991 kalibendo
Pecel seharga Rp 25 ribu ini bikin penasaran. Ternyata isinya biasa saja seperti pecel umumnya, cuma ada telurnya.
Tapi soal rasa okelah. 
House blend coffee di cafe 1991 Kalibendo.
Ada yang bilang, ngafe tanpa ngopi hambar. Makanya cobalah House blend coffee
yang merupakan perpaduan antara kopi Arabica dan Robusta.

Lokasi Cafe 1913 berada di wilayah PT Perkebunan Kalibendo, Kecamatan Glagah, Banyuwangi

Letak perkebunan Kalibendo berada di ketinggian 800 meter diatas permukaan laut, memiliki udara sejuk dan segar memang cocok buat ngilangin kesuntukan bagi orang yang mengalami kejenuhan dengan rutinitis keseharian. Di sinilah terdapat 1991 Cafe & Resto.

Mencari suasana baru yang bernuansa alam menjadi rujukan yang pas buat menghilangkan rasa jenuh dan bikin suasana hati lebih rileks. Cafe 1913 menjadi jujugan yang pas untuk urusan ini.

Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh pusat kota Banyuwangi, hanya sekitar 14 KM ke arah Desa Kemiren.

Setelah melewati gerbang Perkebunan Kalibendo, kamu akan menjumpai pabrik pengolahan kopi di sisi kiri jalan. Teruskan perjalanan perlahan, kurang dari 100 M terdapat tikungan, letak Cafe 1991 di sebelah kanan tikungan jalan. Terdapat papan nama besar yang terlihat jelas.


Selain 1911 Cafe & Resto, di sekitar perkebunan Kalibendo juga terdapat destinasi wisata lain seperti Air Terjun Jagir, Agrowisata Taman Suruh, Wisata Air Jopuro, Pemandian Taman Suruh. Nggak bakal nyesel deh datang ke tempat ini.

1 2 3 4 5

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top