ADA BUS DAMRI DI BANDARA BANYUWANGI, CALON PENUMPANG MAKIN DIMUDAHKAN


Makin banyak pilihan tranportasi bagi calon penumpang yang akan bepergian maupun baru datang dari Bandara Banyuwangi. Selain kendaraan umum seperti taksi konvensional dan online, per 1 Desember 2018, ada Bus Damri yang melayani rute dari dan ke Bandara Banyuwangi di Blimbingsari.

Bus Damri di Bandara Banyuwangi.
Bus Damri di Bandara Banyuwangi (via Bali.tribunnews.com)

Bus Damri yang berkapasitas 17 penumpang tersebut akan melayani dua rute. Pertama rute Bandara Banyuwangi-Terminal Sri Tanjung, Ketapang. Sedangkan rute lainnya adalah Bandara Blimbingsari – Terminal Genteng yang direncanakan akan beroperasi Januari 2019.

Dengan demikian transportasi massal ini terkoneksi antara bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, dan terminal bus.

Dulu sebenarnya sudah pernah ada Bus Damri di Bandara Banyuwangi, namun kurang peminat sehingga vakum. Kini seiring dengan ramainya penumpang di Bandara Banyuwangi, layanan ini kembali diaktifkan.

Dengan volume penumpang per harinya mencapai 1.300 dengan 16 pergerakan pesawat (lepas landas dan mendarat/ take off-landing), bus bandara ini diperkirakan cukup prospektif. Apalagi ditunjang tarif yang lebih murah.

Jadwal Bus Damri Bandara Banyuwangi


Bus Damri tersebut beroperasi setiap hari dengan jadwal yang sudah disesuaikan dengan jam kedatangan dan keberangkatan pesawat.

Keberangkatan dari Terminal Sri Tanjung dijadwalkan pukul 06.00, 07.00, 14.00, dan 17.00 Wib.
Keberangkatan dari Bandara Banyuwangi pada pukul 08.00, 13.00, 14.00, dan 17.00 wib.

Keberangkatan pertama dari Terminal Sri Tanjung pada pukul 06.00 agar bisa mengangkut para penumpang yang hendak terbang ke Surabaya pada pukul 07.30 wib.

Keberangkatan pertama dari bandara pada pukul 08.00 sehingga bisa mengangkut penumpang yang datang dari Surabaya pukul 07.00 wib. Tentu saja jadwal bus ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan.

Tarif Bus Damri Bandara Banyuwangi


Untuk menikmati layanan Bus Damri, tarifnya cukup bersaing, yaitu Rp 25 ribu per orang untuk satu kali perjalanan. Tiket tersebut dapat dibeli di loket yang sudah tersedia di Bandara Banyuwangi ataupun Terminal Sri Tanjung.

Penumpang cukup nyaman karena bus juga dilengkapi dengan fasilitas Wifi.

Rute Bus Damri Bandara Banyuwangi


Seperti telah disebut, transportasi Bus Damri di Bandara Banyuwangi ini melayani dua rute, yaitu rute ke arah utara dan rute ke arah selatan.

Adapun rute utara yang dilintasi bus Damri rute Bandara-Terminal Sri Tanjung adalah Bandara Banyuwangi, Simpang Tiga Poli Teknik Banyuwangi, Simpang Perliman, Taman Blambangan, Pelabuhan Ketapang, dan Terminal Sri Tanjung PP.

Sedangkan rute selatan diawali dari Terminal Genteng-Jajag-Srono-Bandara Banyuwangi PP.

Tidak Mengganggu Trayek Lain


Pihak Damri meyakini kehadiran layanan transportasi yang disediakan Damri tidak akan  mengganggu trayek angkutan umum lainnya. Ini karena sudah ada aturan dan kesepakatan menaikkan dan menurunkan penumpang yang harus ditaati oleh Damri.

Bus Damri tersebut boleh menaikkan penumpang di tengah jalan hanya untuk tujuan bandara. Bus Damri juga boleh menurunkan penumpang di tengah jalan yang diangkut dari bandara.

Namun, Bus Damri tidak boleh menaikkan dan menurunkan penumpang di tengah jalan yang tidak menuju atau tidak berasal dari bandara.


loading...

Back To Top