GRAND HARVEST RESORT & VILLAGE, HOTEL BINTANG EMPAT BARU DI BANYUWANGI


Hotel bintang di Banyuwangi terus bertambah. Setelah hotel bintang empat pertama El Royale Hotel, menyusul sekarang Grand Harvest Resort & Villas resmi beroperasi di Banyuwangi.  

Tak tanggung-tanggung, peresmian hotel ini dilakukan Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Sabtu (9/9/2017).

Grand Harvest Resort and village Banyuwangi.
Grand Harvest Resort & Village (via https://www.instagram.com/grandharvestresort)
Dengan nilai investasi lebih dari Rp 50 miliar, Harvest Resort & Village ini menyasar pasar kelas menengah ke atas. Dengan jumlah kamar sebanyak 40 kamar, tingkat okupansinya ditarget mencapai 80 persen.

Grand Harvest Resort & Village merupakan resort seluas enam hektare, yang dibangun di tengah persawahan Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Lokasinya sangat strategis, karena Kecamatan Licin merupakan salah satu basecamp menuju kawasan wisata Ijen. Jaraknya sekitar 35 menit dari Paltuding, pos awal menuju Kawah Ijen.

Salah satu sudut romantis Grand Harvest Resort & Village (via https://www.instagram.com/grandharvestresort)
Kehadiran hotel bintang empat baru ini makin memantapkan Kabupaten Banyuwangi yang menargetkan menjadi Kota MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition). 

Selain kedua hotel tersebut, dalam selang waktu tak lama, hotel bintang di Banyuwangi akan bertambah lagi. Salah satunya Hotel Aston yang berlokasi di jalan Brawijaya Banyuwangi. Pembangunan hotel delapan lantai tersebut telah dimulai sejak Oktober 2016 dan diproyeksikan mulai beroperasi Oktober 2017. Selain itu masih ada satu lagi Hotel Agastya yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Banyuwangi, pembangunannya masih berlangsung.


Pengembangan industri pariwisata di Banyuwangi memang sangat menjanjikan. Data menunjukan kenaikan jumlah wisman dan wisnus yang fenomenal dibanding dengan "Beyond Bali destinations" lainnya di Indonesia.

Pada tahun 2016 tercatat lebih dari 4,6 Juta wisnus yang berkunjung ke Banyuwangi, melonjak 85% dari tahun 2015 dengan 2,5 juta Wisnus; dan jumlah tersebut hampir 3 kali lipat jumlah penduduk Banyuwangi sebanyak 1,6 juta warga.

Sedangkan kunjungan wisman tahun lalu juga tumbuh 33% dan mencapai 141 ribu wisman, sebelumnya sebesar 105 ribu wisman di 2015; relatif sangat besar bagi destinasi yang baru.

Data hotel di Kabupaten Banyuwangi, jumlah hotel di 2016 sebanyak 76 hotel dengan total jumlah 2.385 kamar dan 3.571 tempat tidur. Saat ini ada tambahan hotel baru yakni Hotel eL Royale Hotel & Resort Banyuwangi (Bintang 4), progres pembangunan Hotel Aston (Bintang 3), dan Singgasana (Hotel Bintang 4).

Tak pelak, kehadiran resort ini semakin menunjang perkembangan pariwisata di Banyuwangi. Apalagi, sudah ada penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi 3 kali dalam sehari. Aksesibilitas dari dan menuju Banyuwangi pun terbuka lebar. Dan seperti teori, dimana ada pergerakan manusia di situ terjadi pergerakan uang.



loading...

Back To Top