AIR TERJUN KEMBAR LEGOMORO DI HUTAN TENGKORAK GLENMORE


Air Terjun Legomoro Glenmore - Mendengar lokasinya yang berada di Hutan Tengkorak, Anda mungkin sudah bergidik dulu. Atau malah langsung membatalkan niat ke Air Terjun Legomoro. Hei, jangan terburu mutung. Faktanya, lokasi air terjun ini jauh dari kesan seram. Jangankan menakutkan, yang tampak hanyalah keindahan dengan suasana yang masih alami.

Air terjun Legomoro Glenmore.
Air terjun kembar Legomoro (via https://www.instagram.com/banyuwangipunya)
Air terjun kembar Legomoro ini letaknya memang tersembunyi dibalik belantara hutan pinus di Dusun Sumbermulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Glemore, Banyuwangi. Kawasan ini berada di Petak 36 B KRPH Sumbermanggis, wilayah Perhutani KPH Banyuwangi Barat. Warga sekitar menyebut daerah hutan pinus air terjun kembar Legomoro sebagai hutan Tengkorak. Tidak diketahui asal mula sebutan tersebut.

Disebut air terjun kembar karena terdapat dua aliran air terjun yang berasal dari salah satu sumber mata air yang muncul di sekitar kaki Gunung Raung. Sedangkan nama “Legomoro” disematkan oleh seorang mandor Perum Perhutani KPH Banyuwangi. Secara harfiah “Lego” artinya “lega”, “moro” artinya “datang”. Mungkin dimaksudkan pengunjung akan merasa lega karena sudah datang ke lokasi air terjun kembar yang indah ini.

air terjun kembar Glenmore.
Sisi lain air terjun Legomoro memang bikin lega melihatnya. (via https://www.instagram.com/jejakkaki_banyuwangi)

Dari aliran sungai tersebut selanjutnya membentuk banjuran dua mata air terjun setinggi sekitar 10 meter. Jatuhan air terjun ini ditampung dalam sebuah kolam buatan semi alami seluas lapangan bola voli. Sekeliling kolam dipagari tumpukan karung pasir. Selanjutnya air mengalir ke bawah membentuk anak sungai kecil mengikuti kontur batuan yang berundak hingga empat tingkat.

Di sekitar air terjun terdapat ukiran batu dalam aneka bentuk, seperti ukiran naga, kepala macan dan ada pula patung kepala manusia seperti kakek-kakek. Keberadaan patung-patung ini mungkin yang bisa menimbulkan kesan seram lokasi air terjun kembar ini, meskipun sebenarnya dimaksudkan untuk menambah daya tarik tempat tersebut.

Tak jauh dari lokasi air terjun kembar Legomoro, hanya berjarak sekitar 100 meter, terdapat satu lagi air terjun tersembunyi. Kedua titik lokasi air terjun ini sebenarnya hanya terpisah punggungan bukit dengan sumber mata air yang berlainan. Air terjun yang konon bernama Putri Ayu ini banjuran airnya tidak terlalu tinggi, namun jatuhan airnya cukup besar dan deras, selain itu airnya lebih jernih dibanding dua mata air terjun kembar.
Air terjun Putri Ayu.
Air terjun Putri Ayu berada tak jauh dari Legomoro.

Air terjun Putri Ayu, Glenmore.
Air terjun Putri Ayu.

Destinasi wisata Air Terjun Legomoro memiliki sejumlah wahana yang cocok untuk para pecinta petualangan alam seperti flying fox, persewaan hammock, dan tubing menyusuri aliran sungai.

Untuk menikmati wisata alam air terjun Legomoro, pengunjung dikenakan retribusi parkir sebesar Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Sedangkan tiket masuknya Rp 5 ribu per orang.

Pihak pengelola juga menyediakan persewaan ban sebesar Rp 3 ribu yang bisa digunakan sepuasnya. Pengunjung bisa memanfaatkan untuk bermain air di kolam maupun bermain air seluncuran di antara aliran sungai kecil dibawah air terjun. Kedalaman air kolam cukup aman untuk anak-anak sekalipun dan aliran airnya tidak telalu deras.

Air terjun Legomoro Glenmore.
Bertubingria di Air terjun Legomoro (via https://www.facebook.com/groups/Pariwisata.Banyuwangi/jiono.hendros)

Air terjun Legomoro ini memang dalam tahap pengembangan dan keberadaannya masih belum banyak diketahui masyarakat Banyuwangi sendiri. Hal ini bisa dimengerti mengingat air terjun ini baru dibuka pertengahan November 2016 lalu. Tentunya masih banyak hal yang perlu ditingkatkan oleh pihak pengelola. Termasuk dukungan dari para pengunjung air terjun Legomoro untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan dan tidak melakukan aksi corat-coret di lokasi wisata.

AKSES MENUJU AIR TERJUN LEGOMORO-GLENMORE


Air terjun kembar Legoromoro terletak di Dusun Sumbermulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Glemore, Banyuwangi. Akses menuju Air terjun Legomoro Glenmore bisa dicapai dari beberapa lokasi. Namun berdasarkan faktor kemudahannya, akses utamanya dari pertigaan Kecamatan Glenmore yang letaknya bersebelahan dengan kantor Telkom. Dari pertigaan ini jarak menuju air terjun Legomoro sekitar 8,3 km. Selanjutnya Anda bisa menggunakan jasa ojek yang biasa mangkal di sudut jalan sebelah Telkom.


Rute menuju air terjun Legomoro.
Menuju lokasi air terjun Legomoro, belok ke kiri.

Sedangkan jika Anda menggunaka jasa kereta api kelas ekonomi rute Surabaya-Banyuwangi, Anda bisa turun di Stasiun Glenmore atau Stasiun Sumber Wadung.

Stasiun Glenmore.
Stasiun Glenmore via Google Maps.

Jarak dari Stasiun Glenmore ke air terjun Legomoro sekitar 7 km, sedangkan dari Stasiun Sumber Wadung ke air terjun Legomoro lebih jauh lagi, yaitu sekitar 8,8 km. Untuk mencapai ke lokasi air terjun tidak ada pilihan lain kecuali menggunakan jasa ojek setempat.

Ke air terjun Legomoro dari Stasiun Sumberwadung

Dari Stasiun Sumberwadung menuju air terjun Legomoro akan melalui tempat Wisata Umbul Pule. Menurut informasi petugas air terjun Legomoro, jalur dari Umbul Pule menuju Legomoro medannya lebih berat karena melalui jalan makadam yang lebih panjang. Baik melalui jalur pertigaan Glenmore maupun jalur Umbul Pule, nantinya akan bertemu di titik jalan menjelang sampai di lokasi air terjun Legomoro.

Secara umum perjalanan menuju lokasi air terjun Legomoro cukup baik, bahkan sampai di perumahan penduduk terakhir jalannya sudah beraspal mulus. Namun menjelang 2 km terakhir jalannya berupa makadam, dan cukup sempit jika berpapasan dengan kendaraan lain. Ini berlaku untuk kendaraan roda empat. Karena itu sebaiknya berhati-hati berkendara, terutama saat jalan menikung. 

FOTO-FOTO KEINDAHAN AIR TERJUN LEGOMORO

Perjalanan menuju lokasi air terjun Legomoro cukup baik dengan beberapa pemandangan yang cukup unik, seperti deretan pohon pinus yang posisinya miring.

Sekitar 2 km terakhir melalui jalan makadam.
Ada juga pemandangan berupa persawahan terasiring.
Halaman depan lokasi air terjun Legomoro.


Loket pembelian tiket masuk yang  menarik perhatian.

Pintu masuk air terjun Legomoro.
Icon Legomoro

Salah satu sudut Legomoro.
Air terjun Legomoro dilihat dari atas.

Air terjun Legomoro.



Menuju air terjun.


Tempat persewaan peralatan outbound.

Persewaan hammock

Salah satu fasilitas out bond.

Flying fox.



loading...

Back To Top