SERUNYA FAMTRIP DISBUDPAR BANYUWANGI DI KAWASAN WISATA SONGGON


Selain Kecamatan Licin, Famtrip Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Banyuwangi juga menjelajahi dan meng-explore kawasan wisata di Kecamatan Songgon yang memiliki potensi wisata yang tak kalah seru dan menariknya. Di wilayah Songgon yang berjarak sekitar 40 km dari kota Banyuwangi ini banyak terdapat tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Berikut catatan dari Marcellinus Franky Triawan yang mewakili Banyuwangi Bagus dalam famtrip kali ini.
Famtrip Disbudpar Banyuwangi di wisata Songgon.
Peserta Famtrip Disbudpar Banyuwangi di wisata rafting Karo Adventure, Songgon., yang terdiri dari para pelaku media sosial, media online dan  usaha tour & travel.

Wisata Rafting dan Tubing Sungai Badeng

Ada 2 pengelola wisata di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon ini, yaitu Karo Adventure dan X-Badeng Adventure. Wisata permainan alam yang berada di kawasan tepian sungai Badeng yang lebih dikenal oleh masyarakat lokal sebagai kali Badeng.

Disana kita bisa menikmati suasana alam nan sejuk dengan merdunya nyanyian alam dari deru air sungai Badeng, hembusan angin di sela-sela pepohonan dan kicauan burung terbang di alam bebas.. sungguh menyejukkan jiwa dan sarana serta fasilitas yang disediakan cukup lengkap mulai dari kedai makan, jembatan gantung untuk ber-selfie ria di atas kali Badeng, toilet, musholla dan kamar mandi yang bersih serta fasilitas permainan utama yaitu rafting dan Tubing Sungai Badeng.

Di samping itu terdapat pula fasilitas lainnya yang ditawarkan mulai dari Outbond, Camping ground, Homestay.
Pos pembelian tiket dan pusat informasi rafting sungai Badeng.

Bale-bale yang bisa digunakan untuk pertemuan, gathering dan bersantai di tepian sungai Badeng.

Wisata Hutan Pinus Songgon

Di sini Anda bisa menikmati sejuknya udara lereng pegunungan Raung yang begitu segarr...
Terdapat beberapa rumah pohon dengan view pemandangan yang menakjubkan dan bisa digunakan untuk ber-selfie dan berfoto ria bersama keluarga atau kerabat.
Peserta Famtrip di area wisata hutan pinus Songgon.
Disana juga disediakan tempat tidur menggantung di atas pohon yang lebih sering dikenal sebagai Hammock dengan aneka warna , pas banget untuk mengabadikan momen seru kamu, juga bagi yang mau bermalam atau sekedar bersantai juga tersedia fasilitas camping ground lengkap dengan tenda nya.

Atau yang sekedar ingin duduk-duduk santai juga banyak disediakan bangku ato kursi dan meja kayu yang nyaman sekali untuk bersantai penuh canda tawa.

Dan yang lebih seru lagi , pihak pengelola wisata hutan Pinus Songgon menyediakan paket "Safari Jeep" untuk meng-explore dan menjelajahi keindahan alam sekitar kaki gunung Raung serta mengunjungi Air Terjun Telunjuk Raung dan Air Terjun Lider yang sangat indah pemandangan nya. Pokoknya ga rugi deh kalo kamu main ke sana.
Hutan pinus Songgon.
Rumah pohon, salah satu lokasi selfie terbaik.

Jangan lupa bawa hammock jika berkunjung ke kawasan hutan pinus Songgon.

Aturan di kawasan hutan pinus Songgon, jangan dilanggar ya.

Serunya kalau rame-rame gini.

Air Terjun Pertemon

Yang tak kalah eksotis adalah Air Terjun Pertemon di Desa Sambung Rejo, Kecamatan Songgon yang masih terbilang baru juga untuk dijelajahi, sebab disana Anda akan diajak menyusuri keindahan alam yang mempesona dan bikin ga mau pulang serta ingin kembali.
Berjalan menyusuri persawahan sambil menikmati kesejukan di bawah rerimbunan pohon kelapa.

Selama perjalanan menuju Air Terjun Pertemon yang memakan waktu kurang lebih 15 menit dari jalan raya Songgon menuju arah kawasan wisata Rowo Bayu, kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa begitu eksotis dan memanjakan mata mulai dari rumah desa penduduk lokal, perkebunan kopi, areal persawahan yang hijau mempesona, berjalan di bawah rerimbunan pohon kelapa, menyusuri tepian sungai beraliran jernih, hingga meloncat-loncat diatas bebatuan sungai yang bikin kita kegirangan dan akhirnya menemukan keindahan yang luar biasa dari Air Terjun Pertemon dengan keunikan Batu Gantung diatasnya.
Air terjun Patemon dan keunikan Batu Gantung diatasnya yang bikin enggan pulang.

Susur Goa-Goa di kawasan Songgon 

Yang membuat perjalanan meng-explore kawasan wisata Songgon lebih menantang adalah ketika peserta Famtrip Disbudpar Banyuwangi diajak menyusuri Goa-Goa di kawasan Songgon. Total ada 7 goa yang terdapat di wilayah ini, namun yang sempat dijelajahi oleh peserta famtrip hanya 4 buah goa, yaitu goa Pawon, Goa Sumur, Goa Sadong dan Goa Konferensi. Keberadaan goa-goa tersebut relatif belum banyak dikenal masyarakat luar.
Pintu masuk Goa Pawon.
Goa Pawon merupakan goa yang sering digunakan oleh masyarakat dari luar Banyuwangi untuk nyepi diri. Sedangkan di Goa Sadong, Anda akan diajak memasuki sebuah pintu kecil menuju bagian dalam Goa dan ketika berada di dalam nya maka anda akan takjub karena ternyata di bagian dalam nya terdapat ruangan yang begitu luas kira-kira bisa menampung 200-an orang, masih terdapat kelelawar yang menghuni Goa Sadong ini.
Pintu masuk Goa Sadong.
Pintu masuk goa Sumur.

Bagian dalam Goa Konferensi yang cukup luas.
Goa yang terakhir yang dikunjungi adalah Goa Konferensi yang menyimpan nilai sejarah, karena dulunya goa ini dipakai sebagai ruang pertemuan pada masa perjuangan, dan gua ini konon bisa tembus hingga daerah Klungkung Bali.


Peta menuju Kecamatan Songgon dari kota Banyuwangi.


loading...

2 komentar

kalo rumah pohon songgon itu tiket masuknya berapa ya??

Back To Top