PESONA GANDRUNG SEWU, MENJADI AJANG SELFI DI HUT KORPRI 2015


Gandrung Sewu menggebrak Surabaya  -  Perayaan ulang tahun  Korps Pegawai Republik Indonesia ( Korpri ) ke 44 di Surabaya, berlangsung meriah dengan persembahan kesenian khas Banyuwangi, tari Gandrung yang ditampilkan secara kolosal atau yang lebih dikenal sebagai Gandrung Sewu.
Gandrung Sewu jadi ajang selfie di HUT Korpri 2015.
Para PNS berselfie ria dengan latar Gandrung Sewu (sumber : Detik.com)
Ribuan PNS yang mengikuti jalannya upacara HUT Korpri di lapangan Makodam V Brawijaya, Senin (30/11/2015), terpesona oleh penampilan gemulai gerak para penari Gandrung Sewu Banyuwangi. Tampilnya 1.200 penari  yang membawakan fragmen “Indonesia Ayo Kerja” itu membuat heboh upacara yang tadinya khidmat.
Ayo jepret. (Sumber : Tribunnews.com)
Fragmen Gandrung Sewu "Indonesia Ayo Kerja" (sumber : Detik.com)
Kekhidmatan upacara yang dipimpin Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, berubah menjadi heboh, saat ribuan penari gandrung masuki dua sisi gerbang lapangan Makodam. Tak tertahankan lagi, para peserta upacara berebut berfoto selfie dengan latar jejeran apik penari Gandrung.

Terik matahari seolah tak bisa membatasi pesona anggun ribuan gandrung yang dengan cantik mengibaskan merahnya sampur (selendang tari), sambil menggelorakan seruan semangat para abdi negara untuk membangun bangsa Indonesia.

Saat jejeran ribuan penari sedang asyik menampilkan fragmen, banyak peserta upacara yang sengaja keluar barisan mengabadikan gambar dan berfoto bersama. Dengan asyik mereka mengabadikan barisan penari gandrung dengan kamera ponsel atau kamera yang sengaja mereka bawa. 

Dengan berbagai komentar bangga sambil berpose, para PNS ini mengungkapkan keseruannya bisa melihat secara langsung akbarnya penampilan gandrung sewu.

"Salut, bangga, seneng bisa lihat ribuan penari gandrung langsung seperti ini. Kompak ya narinya," ujar Fitri yang sambil mengajak kawan-kawan lainnya untuk berpose bareng.
Gandrung Sewu di lapangan Makodam Brawijaya, Surabaya.
Penampilan Gandrung Sewu di HUT Korpri ke 44 (sumber : Twitter.com)
"Fragmen Indonesia Ayo Kerja ini menggambarkan ajakan bagi para PNS atau abdi negara untuk berkarya dan terus bekerja mewujudkan Nawacita. Sesuai program Presiden untuk semangat membangun negeri," ujar Sekretaris Korpri Banyuwangi, Bambang Wahyudi.

Bagi para penari Gandrung dan masyarakat Banyuwangi pada umumnya, tampilnya Gandrung Sewu di acara yang berskala nasional ini juga membawa kebanggaan. Pasalnya, kesenian yang masuk dalam Banyuwangi Festival ini dipilih sendiri oleh presiden Jokowi untuk tampil di acara ini. Tidak diketahui darimana Jokowi mengetahui tentang Gandrung Sewu dan mengapa Gandrung Sewu yang dipilih untuk mengisi acara HUT Korpri. Bagaimanapun juga penunjukkan ini menjadi kehormatan tersendiri bagi seluruh masyarakat Banyuwangi. Ini adalah penampilan kedua Gandrung Sewu dalam tahun ini setelah pertunjukan Gandrung Sewu di Pantai Boom bulan September 2015.

Semula disiapkan 1000 penari untuk mengisi acara HUT Korpri ini. Mereka berlatih di Stadion Diponegoro Banyuwangi sebagai persiapan. Namun di hari H ternyata jumlah penari yang tampil bertambah hingga mencapai 1.200 penari. Mereka diberangkatkan dari Banyuwangi dengan menggunakan 22 bus.

Tari Gandrung menyimbolkan kegiatan masyarakat agraris Banyuwangi yang rajin bekerja sebagai petani. Sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen,  mereka selalu menanggap Gandrung.

Dengan tampil di acara nasional, membuat Gandrung semakin dikenal luas dan semakin banyak orang-orang yang terbuai oleh pesona tarian Gandrung dan penarinya. (sumber : Detik.com) 

Berikut penampilan Gandrung Sewu membawakan fragmen "Indonesia Ayo Kerja" :

Sumber : Beritasatu.com
sumber : Klikpositif.com
sumber : Tribunnews.com
sumber : Tribunnews.com
sumber : Tribunnews.com
sumber : Tribunnews.com
sumber : Beritasatu.com


Gandrung Sewu Di HUT Korpri Ke 44 Di Lapangan... oleh banyuwangibagus


loading...

Back To Top