PEDASNYA KULINER AYAM PEDAS BANYUWANGI


Ayam Pedas Banyuwangi - Bagi anda penggemar masakan pedas, jangan melewatkan kuliner Ayam Pedas ketika berkunjung ke Banyuwangi. Jangan ngaku jagoan pedas jika Anda belum mencicipinya. Dijamin Anda tidak kecewa karena sajian yang satu ini termasuk salah satu masakan khas Banyuwangi yang cukup banyak penggemarnya.

Namanya saja Ayam Pedas, sudah terbayangkan kan rasanya ya pasti pedas. Bukan sekedar pedas biasa tapi pedas yang super! Jadi jangan kaget dengan sensasi pedasnya Ayam Pedas. Pokoknya rasa pedasnya setara dengan pedasnya Sego Tempong. Walau pedasnya minta ampun, kedua kuliner khas Banyuwangi ini sama-sama enaknya, terutama bagi penggemar makanan pedas tentunya.
Kuliner Ayam Pedas khas Banyuwangi.
Ayam Pedas khas Banyuwangi (sumber : Kotaikan.blogspot.co.id)
Ada banyak tempat yang menyediakan menu Ayam Pedas, Anda bisa menemukannya di beberapa tempat di Banyuwangi. Beberapa diantaranya terbilang cukup populer dan bisa dijadikan jujugan saat berkunjung ke Banyuwangi. Cekidot gan!

AYAM PEDAS RANTINEM
Penyuka makanan pedas wajib mencoba Ayam Pedas Rantinem di Kecamatan Genteng. Rantinem ini nama pemiliknya. Yang jelas Ayam Pedas Rantinem sudah sangat populer, ini menjadi jaminan kenikmatan rasanya. Bukan hanya di sekitar Banyuwangi, banyak warga luar kota yang menjadi pelanggannya.
Kuliner Ayam Pedas khas Banyuwangi
Penampakan Ayam pedas Rantinem yang dibungkus.
Meskipun letaknya bukan di jalan raya, mencarinya sangat mudah. Anda menanyakan pada siapapun di Genteng, mereka akan menunjukkan tempatnya. Gampangnya, Anda tinggal cari Kantor Pos Genteng, Ayam Pedas Rantinem ini persis di jalan disampingnya. Masuk 30 meter langsung kelihatan warungnya. Tapi Anda tidak bisa sembarangan waktu menikmatinya, karena warung ini baru buka setelah sore hari sampai malam. Siapkan tisu yang banyak ya. Ingus Anda bakal terus-terusan meleleh dibuatnya!
Warung Rantinem di Genteng Kulon, menu spesialnya Ayam Pedas .
AYAM PEDAS WTS
Ayam Pedas WTS
Salah satu warung yang menyajikan menu Ayam Pedas ada di desa Jatirejo, Kecamatan Purwoharjo. Warung ini  lebih dikenal sebagai WTS alias Warung  Tengah Sawah. Disebut demikian karena letaknya memang di tengah persawahan, di samping jalur irigasi. Jika Anda mengunjungi Pantai Grajagan, tidak ada salahnya mampir ke warung ini karena lokasinya di jalan raya Grajagan, Jatirejo, Kecamatan Purwoharjo.

Warung yang satu ini memang bentuknya sederhana, namun cukup popularitas di kalangan penggemar kuliner Ayam Pedas. Bahkan banyak pejabat dari Kabupaten lain yang datang ke Banyuwangi minta diantar ke WTS ini.

Rasanya yang istimewa membuat pengunjung ketagihan mencicipi nikmatnya Ayam Pedas yang merupakan satu-satunya menu di warung WTS-nya Mbah Dam, sang pemilik. Nama Mbah Dam ini diberikan karena di depan warungnya ada dam irigasi. Ada-ada saja ya cara orang kasih nama.
Warung Tengah Sawah Mbah Dam (sumber : Detik.com).
Ayam pedas memang juara. Kuliner Banyuwangi sepertinya memang pas untuk penggemar masakan pedas.  Contohnya ya  Ayam Pedas ini!

AYAM PEDAS MBOK WO
Bergeser ke selatan di Kecamatan Pesanggaran, di sini ada Ayam Pedas Mbok Wo yang juga terkenal sejak lama. Letak warungnya berada di Desa Silirbaru, 5 km ke utara dari pantai. Kalau Anda berwisata di Teluk Hijau atau Pulau Merah, sekalian saja mampir di warung yang sudah berdiri sejak 1957 tersebut. Ayam Pedas merupakan satu-satunya menu yang tersedia di warung ini.
Ayam pedas Mbok Wo (sumber : Pinterest.com)
 Ayam Pedas Mbok Wo disajikan bersama telur rebus dalam satu mangkuk besar. Bagi yang tidak suka pedas, bisa memilih gorengan ati, ampela atau usus ayam. Nasinya bisa dipilih nasi putih atau nasi jagung yang bisa bebas diambil sendiri sesuai dengan porsi yang diinginkan.

AYAM PEDAS BU MAKSUM
Selain Ayam Pedas Rantinem, Di Kecamatan Genteng ada beberapa tempat makan lain yang menjual Ayam Pedas, salah satunya Rumah Makan Bu Maksum. Yang ini lokasinya mudah dijangkau, karena berada di jalan raya tengah kota, persis di sebelah BCA.
Ayam pedas Bu Maksum Genteng-Banyuwangi
Ayam pedas Bu Maksum
Sebetulnya menu khas rumah makan Bu Maksum adalah Ayam Panggang, tapi mereka juga menyediakan Ayam Pedas. Nah, Ayam Pedas disini cocok bagi mereka yang tidak menyukai makanan yang terlalu pedas. Entah kenapa, tapi mungkin karena rumah makan ini memang kelasnya menengah, bisa jadi ini menjadi pertimbangan si pemilik tidak menyediakan makanan yang pedasnya ekstra.

Kalau mau disebut, masih ada lagi tempat yang menyediakan Ayam Pedas di Genteng. Di Genteng Wetan ada warung Al Barokah, sedangkan di terminal lama Genteng Kulon juga terdapat warung-warung yang menjual menu Ayam Pedas.

Secara umum tidak sulit menemukan menu Ayam Pedas di berbagai daerah di Banyuwangi. Hal ini menunjukkan bahwa kuliner Ayam Pedas memang cukup merakyat dan menjadi makanan khas masyarakat Banyuwangi. 


loading...

Back To Top