NASI TEMPONG ALIAS SEGO TEMPONG KHAS BANYUWANGI

Nasi Tempong, kuliner khas Banyuwangi.
Salah satu kuliner popular Banyuwangi adalah Nasi Tempong atau warga lokal menyebutnya Sego Tempong

Mencari sego tempong tidak sulit, karena hampir semua wilayah di Banyuwangi terdapat warung yang menyediakan menu ini. Memang umumnya nasi tempong dijual di warung-warung dan depot kecil, tidak aneh karena  makanan ini memang sangat merakyat. Sebagian penjual nasi tempong mulai buka sore hari sampai menjelang tengah malam. Namun ada juga yang buka mulai pagi hari sampai malam.

Konon di zaman dahulu nasi tempong adalah makanan yang biasa disantap para petani di sawah. Nasi dengan lauk sederhana itu sebagai pengisi perut para petani yang sudah bekerja keras di sawah atau ladang. Namun, entah bagaimana awal mulanya, makanan yang dulu biasa dikosnumsi petani di tengah sawah, kini justru “naik kasta”. Lantaran, nasi tempong dikonsumsi masyarakat umum dari berbagai kalangan, dan dijual di warung-warung yang bertebaran di berbagai sudut kota. 

APA ITU NASI TEMPONG


Menu nasi tempong terdiri dari sepiring nasi panas, sayuran rebus plus gorengan tahu, tempe, ikan asin dan dadar jagung, yang dilengkapi sambal mentah yang super pedas.  Ada banyak jenis sayur yang digunakan: genjer, kubis, kacang panjang, terung, bayam, kangkung, sawi, selada, daun singkong, daun pepaya, ditambah daun kemangi segar dan irisan timun.  Sedangkan pilihan lauknya bisa berupa: ayam, empal,ikan laut, telur, aneka sea food, jeroan, pepes, botok tawon, lele, jeroan dll.

Keistimewaan nasi tempong justru terletak pada sajian sambalnya yang khas, karena diracik secara khusus. Yaitu menggunakan bahan yang serba mentah : Cabai rawit, tomat ranti (Solanum lycopersicum) yaitu jenis tomat yang permukaannya bergelombang, gula pasir, terasi, garam dan tidak lupa air jeruk limau ( orang-orang disini menyebutnya jeruk sambel) yang  menggugah selera. 
Tomat ranti bahan sambel nasi tempong banyuwangi
Ranti
Orang Banyuwangi menyebut ranti ini sebagai bagian dari tomat sayur, sedangkan tomat pada umumnya yang kulitnya halus sebagai tomat buah. Bedanya dengan tomat pada umumnya, ranti ini tidak “lengur” (bhs. Jawa) kalau dibikin sambal tanpa dimasak. Bijinya ranti ini juga lebih banyak, dibanding tomat jenis lain. Namun apabila akan digunakan sambal, biasanya bijinya dibersihkan, hanya kulit dan dagingnya yang dipakai.
Tomat Ranti bikin sambal Nasi Tempong makin nendang.

Saking pedasnya, orang yang habis menyatap nasi sambal ini seperti di-Tempong (ditampar atau ditempeleng). Tentu saja ini arti kiasan yang menggambarkan sensasi rasa pedas yang ditimbulkan dari sambalnya, seperti serasa di tempeleng atau ditampar wajahnya, panas. Dari sinilah muncul istilah “Nasi Tempong” yang membuat penyuka makanan pedas menjadi ketagihan.
Sego Tempong Mbok Wah
Dimana mendapatkan nasi tempong ?

Warung penjual nasi tempong yang terkenal  di antaranya :


- Warung Nasi Tempong Sukowidi milik mbak Sumiyati yang akrab dipanggil mbak Sum, lokasinya tidak jauh dari lampu merah Sukowidi. Ciri khasnya terletak pada nasinya yang di masak dengan kukusan, dan sambelnya menggunakan terasi berbahan dasar teri nasi.
- Warung Mbak Sum yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ( selatan Bank BRI ) Banyuwangi, konon kabarnya  dari sinilah ide kuliner sego tempong bermula.
- Warung Buk Nah di daerah Kertosari setiap hari pengunjungnya juga padat serta ada yang berasal dari luar kota bisa terlihat dari plat mobil yang parkir bernomer luar kota.
- Nasi tempong Mbak Nah di jalan Kolonel Sugiono 16 Banyuwangi, yang buka mulai pk 14.00 sampai tengah malam.
- Warung nasi tempong milik Holisa yang ada di Jl. Thamrin yang menempati sebagian teras rumah  sebagai tempat berjualan.
- Nasi tempong Mak Wah, dekat stasiun Karangasem.
- Di daerah Bakungan, Glagah, ada warung Mbok Wah.
- Di Genteng ada nasi tempong bu Sulik yang terletak di dekat  pertigaan lampu merah Genteng Wetan yang buka pagi sampai sore.
- Nasi tempong Bu Ham Padang di Singojuruh.
- Di Benculuk ada nasi tempong Mbak Har yang mulai berjualan mulai sore hari di jalan raya Benculuk. 
- Di jalan Gatot Subroto Ketapang ada warung nasi tempong mbok Titin.

Itulah sebagian kecil dari warung yang menyediakan menu Nasi Tempong alias Sego Tempong. Pada dasarnya di setiap wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan mudah kita bisa menjumpai warung atau rumah makan yang menyediakan menu Nasi Tempong.


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top