PT KAI SEGERA BUKA RUTE BANYUWANGI KE MALANG, JAKARTA DAN BANDUNG DENGAN KERETA EKSEKUTIF

PT KAI segera buka rute baru dari Banyuwangi ke Malang, Jakarta dan Bandung (Instagram @wotasepur)


PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI Persero akan segera membuka rute perjalanan baru antara Banyuwangi dan Malang, serta Jakarta dan Bandung, sebagai respons terhadap peningkatan jumlah kunjungan ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Keputusan ini juga sejalan dengan aspirasi masyarakat yang berharap agar KAI membuka rute kereta api dari Banyuwangi ke kota lain yang belum tersedia.

Dilansir dari situs Antaranews.com, Buntar Ris Wirawan, Kepala PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember yang juga mengawasi Banyuwangi, mengungkapkan bahwa rute baru Banyuwangi-Malang akan menggunakan kereta kelas eksekutif. 

Pembukaan rute ini merupakan respons terhadap tingginya minat penumpang untuk rute Banyuwangi-Malang, yang selama ini hanya dilayani oleh kereta ekonomi Tawang Alun.

Menurut Buntar, minat masyarakat terhadap rute Banyuwangi-Malang sangat tinggi, terlihat dari penjualan tiket yang habis selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Rute ini selalu ramai dengan penumpang, bahkan tiket sudah terjual sejak pertengahan Desember 2023 hingga awal Januari 2024.

Buntar menyatakan antusiasmenya untuk menambah layanan kereta api dan menunggu izin penambahan rute Banyuwangi-Malang dengan kelas eksekutif. Dia berharap semuanya berjalan lancar sehingga operasionalnya dapat dimulai dalam 2 bulan mendatang.

Rute Banyuwangi-Malang pergi pulang (PP) akan menggunakan set kereta baru. Kehadiran rute baru dengan kelas eksekutif diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi, yang menjadi bentuk dukungan PT KAI untuk kemajuan pariwisata di daerah tersebut.

Buntar juga menyebut bahwa PT KAI sedang menyiapkan rute Banyuwangi-Jakarta PP menggunakan KA Blambangan Ekspres, yang saat ini beroperasi dari Semarang ke Banyuwangi. Rencananya, rute ini akan diperpanjang menuju Jakarta setelah mendapatkan persetujuan. 

PT KAI juga sedang mempertimbangkan potensi pembukaan rute Banyuwangi-Bandung melalui Surabaya, meskipun rencana ini masih terus dalam tahap kajian.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menerima kunjungan Kepala PT KAI Daop IX Jember, di Lounge Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi (Antaranews)


Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyambut baik rencana pembukaan rute baru tersebut. Dia berharap agar rute-rute lain dari Banyuwangi menuju kota-kota besar juga dapat dipertimbangkan, karena hal ini akan mempermudah aksesibilitas masyarakat dan berdampak positif pada kesejahteraan warga Banyuwangi.

Semoga pembukaan relasi baru KAI Banyuwangi-Malang, termasuk Jakarta dan Bandung dapat segera terealisir dalam waktu dekat sehingga aksesibilitas Banyuwangi semakin meningkat.

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top