INFORMASI LENGKAP MUSEUM GEOLOGI PIGGI BANYUWANGI

info museum geologi geopark ijen PIGGI Banyuwangi
Museum geologi geopark PIGGI Banyuwangi (via Google maps)



Keindahan alam Geopark Ijen, yang baru-baru ini meraih status UNESCO Global Geopark (UGG), kini dapat dinikmati melalui Pusat Informasi Geologi Geopark Ijen (PIGGI)

Sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGG), Banyuwangi sekarang memiliki Museum Geologi pertama di Jawa Timur, yakni Museum Pusat Informasi Geologi Geopark Ijen (PIGGI) yang berdiri di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, di Jalan Gajah Mada.

Gedung berarsitektur ikonik lima lantai ini menjadi pusat informasi dan destinasi wisata edukasi geologi yang menarik, dengan desain arsitektur yang khas dan kekinian. Pendirian museum ini memperkuat posisi Banyuwangi setelah Geopark Ijen resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark.

Dukungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) semakin mengukuhkan eksistensi Geopark Ijen sebagai UNESCO Global Geopark. Museum Geologi PIGGI tidak hanya menyajikan pengetahuan tentang geologi, tetapi juga memamerkan kekayaan arkeologi, tinggalan budaya, serta flora dan fauna Banyuwangi.

Menggunakan teknologi media digital canggih, PIGGI memberikan panduan interaktif kepada pengunjung melalui setiap geosite, biosite, dan cultural-site di Geopark Ijen.

Museum PIGGI berisi info geopark Ijen (Radarbanyuwangi.jawapos.com)


General Manager Geopark Ijen, Abdillah Baraas, menyatakan bahwa PIGGI berisi semua informasi terkait Geopark Ijen, termasuk kekayaan geologi, budaya, dan hayati. Pengunjung dapat merasakan pengalaman menapaki setiap geosite, biosite, dan cultural-site Geopark Ijen saat memasuki gedung, disajikan dengan sejarah terbentuknya kawasan Geopark Ijen ribuan tahun lalu.

Informasi disajikan secara sistematis dalam media digital yang informatif. Di lantai dua, pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai aspek geologi melalui peta proyeksi yang atraktif, menyaksikan video singkat Geopark Ijen di mini theater, dan melihat foraminifera melalui mikroskop.

Yang juga unik dan menarik adalah bentuk tangga gedung museum PIGGI karena mengandung filosofi yang dalam. Tangga gedung 5 lantai ini jika dilihat dari atas tampak berbentuk ukel menyerupai  tunas daun pakis purba yang tersebar merata pada hampir semua kawasan hutan dataran tinggi Erek-Erek Geoforest yang berada diatas ketinggian 1350 mdpl.

Filosofi - Tangga museum PIGGI berbentuk uket seperti tunas daun pakis (Instagram.com/piggibanyuwangi)


PIGGI, selain menjadi destinasi wisata edukasi, diharapkan juga memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan ke depan. Harapannya adalah agar diskusi tentang ilmu kebumian di Banyuwangi dapat berkembang, bahkan memicu minat anak-anak terhadap ilmu geologi.

Tak hanya untuk wisatawan, PIGGI juga memberikan edukasi kegeologian yang lengkap bagi pelajar, masyarakat, hingga peneliti. Dengan terus dikembangkan, PIGGI akan menambah fasilitas dan tenaga interpreter yang cakap berbahasa asing untuk memberikan pengalaman lebih mendalam kepada pengunjung.

Sebagai destinasi wisata edukasi yang menggabungkan keajaiban alam dan kekayaan budaya, PIGGI diharapkan menjadi magnet bagi wisatawan dan masyarakat yang ingin mengeksplorasi pesona Geopark Ijen secara menyeluruh.

Tiket Masuk Dan Jam Operasional PIGGI


Pengunjung Museum Geologi PIGGI Banyuwangi dikenakan tarif yang relatif terjangkau. Untuk tarif yang dikenakan bagi pengunjung berbeda. Untuk kalangan pelajar biaya masuknya sebesar Rp 5.000. Sedangkan bagi masyarakat umum sebesar Rp 10.000.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin mengunjungi PIGGI, museum ini tidak buka setiap hari, namun hanya dibuka pada hari Senin hingga Kamis. Hari lainnya tutup. Jam operasional museum PIGGI mulai pukul 07.30 hingga pukul 15.00 WIB.

Untuk mengunjungi museum, pengunjung disarankan melakukan pendaftaran melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di jalan Ahmad Yani No.78, Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Pengunjung lebih dulu mengunjungi museum Disbudpar, dari sana mendapat bonus berkunjung ke Museum Geologi

Perlu diketahui, harga tiket masuk dan jam operasional PIGGI masih bersifat sementara, dan memungkinkan berubah kedepannya.

Lokasi PIGGI

lokasi museum piggi banyuwangi
Gedung PIGGI Banyuwangi di Jalan Gajah Mada (Google maps)


Museum geologi PIGGI berlokasi di jalan Gajah Mada, Lingkungan Cuking Rw., Mojopanggung, Kec. Giri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68465.

Letak bangunan museum Geologi menempati bekas wisma atlet di Jalan Gajah Mada, Penataban, Giri, Banyuwangi. Lokasinya cukup dekat dari pusat kota Banyuwangi, berjarak kurang dari 3 KM dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit.






Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top