CANTIKNYA WAJAH BARU AWT AGRO WISATA TAMANSURUH BANYUWANGI USAI DIREVITALISASI

Info Agro Wisata Tamansuruh Banyuwangi


Agro Wisata Tamansuruh (AWT) Banyuwangi tampil dengan wajah baru usai direvitalisasi dan siap dibuka lagi untuk masyarakat umum. Berikut informasi lengkapnya, meliputi fasilitas, tiket masuk, jam operasional dan lokasi AWT, penting bagi yang akan berkunjung.

Terletak di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, AWT telah direvitalisasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan tujuan menjadikannya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan menjadi kawasan eduwisata berstandar internasional.

Revitalisasi ini mencakup pembangunan infrastruktur yang terpadu, termasuk penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk. 

Semua upaya ini bertujuan untuk merubah wajah kawasan dengan cepat dan terpadu, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan nasional.

AWT Banyuwangi


bunga marigold di Agrowisata tamansuruh banyuwangi
Taman bunga marigold di area AWT Banyuwangi.


Agro Wisata Tamansuruh Banyuwangi terletak di lereng Gunung Ijen dan menggabungkan sektor pariwisata dengan pertanian, menawarkan berbagai komoditas di atas lahan seluas 10,5 hektar. 

Setelah pengerjaan revitalisasi selesai, AWT akan mengusung konsep Desa Osing, sebuah desa wisata yang menampilkan keotentikan budaya asli Suku Osing, masyarakat asli Bumi Blambangan.

AWT didesain sebagai destinasi wisata yang menggabungkan kearifan lokal dengan pemanfaatan teknologi. 

Deretan homestay model rumah adat Suku Osing di kawasan AWT (Instagram @dpmdbanyuwangi)


Selain menampilkan atraksi budaya dan kegiatan adat Osing secara rutin, AWT juga akan dilengkapi dengan perpustakaan digital dan ruang aktivitas smart kampung, sebagai bagian dari program digitalisasi desa yang digagas oleh Pemkab Banyuwangi.

Dengan lokasinya yang berada di kawasan wisata, pengunjung akan menikmati panorama cantik sekelilingnya dari ketinggian sekitar 450 mdpl. 

Landskap Agrowisata Tamansuruh Banyuwangi (Instagram @dpmdbanyuwangi)

Pemandangan terasering hijau yang luas dan keindahan barisan pegunungan Ijen akan membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di Agro Wisata Tamansuruh. 

Selain itu, lokasinya yang berada di dataran tinggi juga menawarkan pemandangan selat Bali yang memukau di kejauhan, terutama saat cuaca cerah. 

Keindahan ini ditambah lagi dengan gugusan rumah khas Suku Osing yang dikelilingi oleh berbagai macam bunga dan tumbuhan, menciptakan suasana sejuk dan asri yang memikat hati.


agrowisata tamansuruh Banyuwangi


Fasilitas AWT

fasilitas mushola di AWT Banyuwangi
Mushola berbentuk rumah adat Osing.


Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, destinasi AWT Banyuwangi dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum yang memadai diantaranya meliputi : 

- Tempat parkir yang luas mampu menampung ratusan kendaraan roda dua maupun empat.

- Mushola berbentuk rumah adat Osing.

- Toilet dibeberapa titik.

- Kamar mandi untuk penyandang disabilitas

- Jalan sekeliling taman dilengkapi jalan cukup lebar yang ramah bagi pengunjung yang menggunakan kursi roda maupun orangtua yang membawa anakkecil dengan stroller.

- Tempat kuliner dan gerai oleh-oleh UMKM.

Jam Operasional AWT


jam operasional AWT Banyuwangi

Untuk mengunjungi AWT Banyuwangi, pengunjung bisa leluasa memilih waktu yang disesuaikan dengan kepentingan masing-masing. Pasalnya jam buka Agro Wisata Tamansuruh Banyuwangi relatif panjang, dimulai sejak pagi hingga malam hari. Tepatnya mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

Namun sebagai rekomendasi, waktu yang paling ideal menikmati suasana AWT adalah pagi atau sore hari. Pagi hari pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit di arah selat Bali, sedangkan pada sore hingga menjelang senja suasana AWT lebih teduh dan bebas dari sengatan matahari.


Tiket Masuk AWT

tiket masuk AWT Banyuwangi


Sebelum revitalisasi, tiket masuk ke AWT Banyuwangi dipatok sebesar Rp 10.000/orang plus parkir motor Rp 2 ribu dan mobil Rp 5 ribu. 

Namun selama event Sepekan Agrowisata Tamansuruh yang berlangsung pada 19 hingga 30 Juli 2023, semua pengunjung dibebaskan dari tiket masuk alias gratis.  

Lokasi Dan Rute Menuju AWT


rute menuju agrowisata tamansuruh banyuwangi


AWT (Agro Wisata Tamansuruh) berlokasi di Dusun Wonosari, Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya se arah menuju Taman Wisata Kawah Ijen, jaraknya hanya sekitar 11 KM saja dari pusat kota.

Rute menuju lokasinya cukup mudah dijangkau dari Banyuwangi kota dengan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, bahkan bus bisa menjangkaunya. Kondisi jalan menuju AWT sudah beraspal mulus dan tidak melalui medan yang ekstrim, meski di beberapa bagian melalui jalan tanjakan. 

Untuk mencapai lokasi Agrowisata Taman Suruh dari Banyuwangi kota, kamu tinggal mengarahkan kendaraan ke arah Desa Adat Kemiren

Setelah sampai di persimpangan antara jalan Widuri dan jalan Banjarsari, ambil jalur lurus ke jalan Kemiren dan tinggal ikuti jalan raya utama sejauh 7 KM sampai menemukan lokasi AWT di sisi kiri jalan. Untuk mudahnya kamu bisa mengikuti rute di Google maps berikut untuk mencapai lokasi AWT.







Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top