Stasiun Ketapang Banyuwangi Melayani Tes GeNose C19, Ini Persyaratannya

Stasiun Ketapang Banyuwangi melayani tes GeNose C19
Suasana Stasiun Ketapang Banyuwangi (Instagram @ricky.prasca)

Kabar gembira bagi traveler yang berencana liburan ke luar kota menggunakan kereta api, baik dari maupun menuju Banyuwangi, saat ini Stasiun Ketapang Banyuwangi telah melayani tes GeNose19 bagi para calon penumpang.

Per tanggal 10 Maret 2021, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah 2 stasiun lagi yang melayani pemeriksaan GeNose C19 yaitu Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang.
 
Hingga total stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 14 stasiun, dari sebelumnya yang hanya 12 stasiun. Yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan Malang.
 
Stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 terus KAI tambah secara bertahap sebagai dukungan terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021 dan SEKemenhub No 20 Tahun 2021.
 
Pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.
 
Pemeriksaan GeNose C19 di stasiun merupakan hasil kerja sama KAI dengan Rajawali Nusindo dan Universitas Gadjah Mada (UGM).
 

Persyaratan Tes Ge-Nose19 di Stasiun

 
Seorang penumpang melakukan tes GeNose di stasiun Ketapang (Detik.com)

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.
 
Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.
 
Untuk mendapatkan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, para pelanggan KA hanya dikenakan biaya sebesar Rp 20 ribu.
 
Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Selamat berlibur, tetap jaga protokol kesehatan ya.


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top