PUSOKO WANGI, TEMPAT NONGKRONG SEKALIGUS EDUKASI PENGOLAHAN DAN BISNIS KOPI DI BANYUWANGI

Pusoko Wangi pusat kopi dan kakao banyuwangi
Peresmian Pusoko Wangi, wadahnya pecinta kopi dan kakao di Banyuwangi
(Instagram @kopikakao.kokawangi)

Ngopi sambil belajar proses pengolahan kopi di Banyuwangi, datang saja ke Pusoko Wangi. Ini adalah tempat edukasi kopi dan kakao di Kabupaten Banyuwangi yang diresmikan pada, Rabu, 17 Maret 2021.
 
Pusoko Wangi adalah singkatan dari Pusat Kopi dan Kakao Banyuwangi atau disingkat Pusoko Wangi, berlokasi di kawasan Rumah Kreatif Banyuwangi, yang berada di jantung kota, tepatnya di Jl. Ahmad Yani No. 97, Kelurahan Tukang Kayu, Kecamatan Banyuwangi.
 
Klinik Pusoko Wangi ini dikelola oleh Komunitas Kopi dan Kakao Banyuwangi (Kokawangi), sebagai salah satu komunitas kopi dan kakao Banyuwangi yang didalamnya tergabung mulai dari para petani kopi, pemilik kedai kopi, hingga para pecinta kopi.
 
Kokawangi sendiri berada dibawah pembinaan langsung Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Banyuwangi.
 
Di Klinik Pusoko Wangi tersebut masyarakat tidak hanya dapat menikmati kopi khas Banyuwangi, namun juga dapat langsung belajar cara mengolah kopi, mulai dari biji hingga proses penyeduhan.
 
Di tempat itu masyarakat yang berminat untuk berbisnis kopi maupun wisatawan bisa belajar cara memilih kopi yang baik, menyangrai kopi secara manual hingga menggunakan alat yang telah di sediakan oleh pemerintah daerah.

Nongkrong di Pusoko Wangi pusat kopi dan kakao Banyuwangi
Suasana di Pusoko Wangi(Instagram @kopikakao.kokawangi)

 
Bupati Ipuk berharap Kokawangi nantinya bisa menjadi jujukan bagi mereka yang ingin tahu tentang kopi dan coklat Banyuwangi yang keduanya merupakan komoditas andalan Banyuwangi.
 
"Sekolah-sekolah, anak muda yang yang mau membuka usaha kopi dan coklat, bahkan wisatawan bisa ke sini. Jadi, saat ini wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi tidak perlu repot-repot mencari kedai untuk ngopi. Kami sediakan lokasi ini yang sangat nyaman dan dikelola oleh para pegiat kopi dan coklat Banyuwangi," katanya.
 
Nah, bagi para pecinta kopi yang ingin menikmati kopi khas Banyuwangi, siapa saja yang berminat belajar tentang seluk-beluk pengolahan kopi dan kakao dari hulu hingga hilir, termasuk mereka yang ingin mengembangkan usaha, silakan datang ke klinik PusokoWangi jl. Ahmad Yani no. 97, Kelurahan Tukang Kayu, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.
 
Pusoko Wangi buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.
 
Yuk lor, ngopai solong!


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top