PANTAI MUARA MBADUK BANYUWANGI, SATU DESTINASI BANYAK ATRAKSI

Muara Mbaduk salah satu lokasi camping favorit di Banyuwangi (https://web.facebook.com/MuaraMbaduk)

Muara Mbaduk - satu lagi pantai yang layak kamu kunjungi ketika berlibur ke Banyuwangi. Lokasinya searah dengan destinasi wisata pantai lain seperti Pulau MerahTeluk Hijau dan Pantai Sukamade, sehingga bisa dijadikan satu tujuan.

Meskipun pantai Muara Mbaduk ini tak sepopuler seperti Pulau Merah, tetapi pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang tak dimiliki pantai lain. 

Berkat pesona alamnya, pantai di selatan Banyuwangi ini pun sukses memikat para pecinta camping. Hanya dalam waktu yang tak terlalu lama, di tangan pemuda setempat, Muara Mbaduk sukses dikembangkan menjadi lokasi favorit camping bagi semua kalangan, baik anak muda, keluarga maupun komunitas. 

Kelebihan Pantai Muara Mbaduk itu ibaratnya mengunjungi satu destinasi, tapi mendapatkan banyak atraksi menarik di lokasi tersebut. Di sini kamu bisa menikmati suasana pantai, sungai, perbukian, sunrise dan sunset, memancing, dan ngecamp sekaligus.

Nah, seperti apa saja keseruan berlibur di Muara Mbaduk Banyuwangi.

Panorama Muara Mbaduk



Wisata pantai Muara Mbaduk Banyuwangi, paduan antara muara sungai dan laut selatan (Facebook

Muara Mbaduk terletak di Kampung Bayuran, Dusun Krajan, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. 

Lokasinya tepat berada di muara Sungai Buyuk yang melintasi Desa Sarongan dan Desa Kandangan, setidaknya ada 4 sungai yang bermuara di sini, sehingga kawasan wisata ini pun disebut Muara Mbaduk.

Sementara itu, di sisi selatan terbentang pantai yang berbatasan dengan Taman Nasional Meru Betiri yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. 

Dengan gambaran tersebut, bisa dibayangkan lokasi Muara Mbaduk ini sangat eksotis. Berupa perpaduan antara suasana yang tenang dengan aliran air bergerak perlahan di sekitar muara sungai Buyuk disertai hembusan angin sepoi-sepoi berdampingan dengan deburan ombak yang menderu dan embusan angin yang kencang dari laut selatan. Sebuah harmonisasi alam yang cukup langka dijumpai.     
 Suasana yang nyaman di tepi sungai Buyak yang mengalir tenang dan panorama perbukitan di Muara Mbaduk membuat tempat ini menjadi lokasi yang cocok untuk melarikan diri dari kesuntukan sehari-hari (via https://web.facebook.com/rhpermana41)

Sementara di sekeliling Muara Mbaduk terdapat hamparan padang savana yang cukup luas dengan panorama rangkaian perbukitan yang menghijau di seberangnya. Sebuah tempat yang menjanjikan relaksasi jiwa untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Sedangkan bagi yang lebih suka suasana yang lebih riuh, berjalan kaki menyusuri pantai yang berjarak tak jauh dari muara, bisa menjadi aktivitas lain yang tak kalah menyenangkan. Apalagi pasir pantainya lembut dan masih bersih. 

Kontras dengan kawasan di muara sungai yang tenang, bergerak sedikit ke selatan maka tersaji hamparan deburan ombak laut pantai selatan yang susul menyusul (via https://web.facebook.com/zamcenk)


Tempat Camping Favorit Semua Kalangan



Muara Mbaduk salah satu lokasi camping favorit di Banyuwangi (https://web.facebook.com/goblehh.anis)


Salah satu daya tarik Muara Mbaduk lantaran memiliki padang savana yang luas. Hamparan rerumputan ini bahkan sudah terpampang sejak mulai pintu masuk hingga di pinggiran sungai bahkan sampai ke pantainya. 

Hal ini menjadikan lokasinya sangat cocok untuk dibuat sebagai tempat camping maupun ngabuburit di sore hari. 

Bahkan saat week end dan hari libur, banyak pengunjung dari Banyuwangi maupun luar kota yang berkemah di sini. Mereka berasal dari berbagai kalangan, para pecinta alam baik remaja maupun keluarga. 

Selain di pinggiran muara sungai, kamu juga bisa memilih mendirikan tenda di dekat pantainya (via https://www.instagram.com/abdillah.abdil.188)


Bagi pengunjung yang tak mau repot menyiapkan sendiri, pihak pengelola sudah menyediakan semua kebutuhan peralatan camping secara lengkap, seperti tenda camping serta perlengkapan tidur maupun memasak yang dikemas dalam berbagai paket sesuai kapasitas dan kebutuhan.

Tempat mancing favorit


Memancing menjadi salah satu aktivitas menyenangkan di Muara Mbaduk (https://web.facebook.com/handoko.zion)

Pantai Muara Mbaduk juga menjadi tempat memancing favorit, khususnya bagi warga lokal yang tinggal di sekitarnya. Pada waktu-waktu tertentu akan terlihat warga yang asyik memancing, biasanya pada sore hari. 

Memancing di sini bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Karena bisa dilakukan sambil bersantai di pinggiran muara. Dengan permukaan yang landai memungkinkan pemancing menggelar tikar sambil menunggu umpan disambar ikan diselingi ngobrol antar sesama. 

Memancing di Muara Mbaduk (via https://www.youtube.com/c/EdoSutrisno)

Dengan arus di Muara Mbaduk yang cukup bersahabat, tak heran banyak aneka jenis ikan terdapat di area ini, sehingga merupakan spot memancing yang digemari para mancingmania.

Aktivitas Lain Di Muara Mbaduk

Memiliki lokasi yang lapang serta luas memungkinkan berbagai aktivitas dilakukan di sini, seperti olahraga. 

Salah satu olahraga air yang cocok dilakukan di Muara Mbaduk adalah bermain Kano. Dengan aliran sungai yang relatif tenang dan tidak dalam, maka siapapun bisa mencobanya. Termasuk para pemula. Tapi siapkan sendiri alatnya. Pasalnya pihak pengelola belum menyediakan.

Berkano di Muara Mbaduk (https://web.facebook.com/pakpur.keren)


Jika belum puas, pengunjung bisa menyusuri pantainya dengan menyewa perahu milik nelayan setempat. Soal tarif bisa dinegosiasikan.

Menyusuri pantai Muara Mbaduk dengan perahu nelayan (via Intagam @inibanyuwangi.id)


Sebelum populer sebagai tempat camping, lokasi Muara Mbaduk juga sering dijadikan arena berlatih bagi pecinta olahraga motorcross. Di bagian lokasi yang agak berundak menjadi sirkuit dadakan yang cukup menantang adrenalin. 

Biasanya pada sore hari mereka memanfaatkan waktu untuk memacu motornya bersama komunitasnya.



Dengan lahan yang luas dan terbuka, di samping keindahannya, tak heran Muara Mbaduk pun sering menjadi pilihan berbagai komunitas sebagai lokasi pertemuan atau menggelar acara. Di hari libur pun sering terlibat rombongan keluarga yang memilih berpiknik sambil menggelar tenda atau tikar di pinggiran muara sambil menikmati panorama sekitar.


Muara Mbaduk Banyuwangi lokasi favorit berkumpul berbagai komunitas
Muara Mbaduk jadi lokasi favorit berkumpul berbagai komunitas (https://www.instagram.com/diah_s91)

Waktu terbaik mengunjungi Muara Mbaduk adalah pagi hari sambil menikmati sunrise yang muncul di celah perbukitan atau menjelang sore hari sekalian menyambut sunset di pantainya.

Mengingat lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Banyuwangi, mengunjungi Muara Mbaduk bisa dijadikan agenda bersama dengan menjelajahi destinasi wisata lain. Misalnya satu rute dengan Pulau Merah dan Pantai Mustika.

Atau jika memilih tujuan yang berdekatan, ada Pantai Rajekwesi dan Teluk Hijau yang keduanya berada di jalur yang sama. Dan memungkinkan dijangkau dalam sehari. 

Secara umum fasilitas di Pantai Muara Mbaduk cukup memadai, setidaknya sudah tersedia tempat parkir, toilet umum, mushola serta warung-warung makan yang dikelola warga setempat. Namun secara bertahap pihak pengelola akan terus meningkatkan dan menambah fasilitas bagi para pengunjung.

Untuk tarif masuk ke wisata Muara Mbaduk, hingga Oktober 2021 pihak pengelola belum memberlakukan tiket masuk. Pengunjung hanya diminta memberikan sumbangan secara sukarela untuk perawatan dan perbaikan lokasi wisata.


Cara Menuju Muarambaduk


Lokasi Muara Mbaduk berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Dari pusat kota Banyuwangi, tempat wisata Muara Mbaduk berjarak 80 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 90 menit perjalanan. 

Untuk mencapai lokasinya, kamu akan melewati 9 kecamatan ke arah selatan Banyuwangi, berturut-turut adalah Kabat, Rogojampi, Srono, Cluring, Gambiran, Bangorejo, Purwoharjo, Siliragung, dan Pesanggaran.

Secara keseluruhan, akses jalan dari Banyuwangi kota menuju Muara Mbaduk sudah beraspal mulus. Untuk memudahkan kamu mencapai lokasi, bisa memanfaatkan Google Maps dengan mengetikkan "Muara Mbaduk" lalu ikuti saja jalurnya.

 




Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top