TAMAN GANDRUNG TERAKOTA, BAK ETALASE SERIBU PATUNG PENARI GANDRUNG

Kalau kamu berencana melakukan pendakian ke Kawah Ijen, sebelum pulang atau melanjutkan perjalanan ke destinasi wisata lain, cobalah mampir ke Taman Gandrung Terakota. Disini kamu akan melihat ratusan patung penari Gandrung di berbagai lokasi bak sebuah etalase. Jumlah pastinya tidak diketahui, tapi setidaknya mendekati angka seribu.

Taman Gandrung Terakota

Lokasi Taman Gandrung Terakota menyatu dengan hotel resort Jiwa Jawa di kawasan Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Meskipun ratusan patung tersebut tersebar di beberapa tempat, namun semuanya berada di sekitar area persawahan, menyatu dengan alam.

Diantara patung-patung Gandrung tersebut, sebagian diantaranya dalam kondisi tidak utuh. Ada yang hanya berupa kepala Gandrung, ada juga yang sebatas dada, dan lainya sebatas pinggang. Namun kesemuanya ditata secara harmonis.

Ada yang ditempatkan di antara areal persawahan yang berundak. Ada yang ditata di tengah kolam, di tengah taman maupun di tepi persawahan dengan susunan yang rapi.

Kalau dilihat sekilas patung-patung Gandrung tersebut mirip satu sama lain. Tapi sebenarnya paling tidak ada empat formasi gerakan yang berbeda. Patung Gandrung yang berbahan tembikar alias terakota yang berasal dari tanah liat ini dikerjakan oleh pengrajin patung di Kasongan, Yogyakarta.

Patung penari Gandrung ini hanya sebagian saja dari atraksi yang bisa dinikmati di taman terakota. Pengunjung juga bisa melihat pertunjukan sendratari Meras Gandrung yang digelar setiap bulan dan pada waktu tertentu. Pertunjukan ini berlangsung di sebuah amfiteater yang berada di kawasan taman.

Lelah menyusuri area taman dan persawahan, pengunjung bisa bersantai di cafe ditengah taman dengan sajian aneka kopi yang nikmat. Atau membeli kopi kemasan, kaos atau kain batik khas Banyuwangi sebagai oleh-oleh.

Untuk memasuki kawasan Taman Gandrung Terakota, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 25 ribu. Namun untuk pertunjukan sendratari tiketnya dijual terpisah.

Inilah taman seribu patung penari Gandrung di Banyuwangi, Taman Gandrung Terakota.

Patung Gandrung Terakota

Taman Gandrung Terakota 1

Patung Gandrung di persawahan
Deretan patung penari Gandrung di antara area persawahan.

Patung Gandrung di Djiwa Djawa

Patung Penari Gandrung

Patung Gandrung di kolam Terakota

Ratusan patung penari Gandrung di persawahan terakota

Patung Gandrung di Banyuwangi

Patung penari Gandrung di terakota desa Tamansari

Gandrung Terakota

Gandrung terakota di Banyuwangi

ratusan patung penari Gandrung di taman Terakota Banyuwangi

penari Gandrung

Gandrung Terakota

Gandrung Banyuwangi

Seribu patung penari Gandrung di taman gandrung terakota

view persawahan di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi.


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

1 komentar:

  1. mau tanya yg membuat patung penari dar tembikar itu dimana ya? bisa saya diberi alamatnya?

    BalasHapus

Scroll to top