CARI RUJAK SOTO DI BANYUWANGI, INI DAFTAR WARUNG PENJUALNYA YANG REKOMENDED


Salah satu kuliner khas Banyuwangi adalah Rujak Soto. Kuliner yang satu ini termasuk yang paling diburu oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Mereka yang pernah mencicipinya selalu merekomendasikan teman atau kerabatnya yang sedang berwisata di Banyuwangi. Belum lengkap ke Banyuwangi jika kalian belum pernah mencoba Rujak Soto. Suer!

Rujak Soto yang enak dan recomended di Banyuwangi.
Rujak Soto salah satu kuliner khas Banyuwangi
Rujak Soto adalah rujak yang berkuah. Kuliner Rujak Soto khas Banyuwangi merupakan perpaduan antara rujak yang disiram kuah soto daging. Itu gambaran umumnya rujak soto.

Rujaknya seperti rujak cingur yang terdiri rebusan sayuran seperti kangkung, sawi, kecambah/taoge, irisan ketimun plus potongan dadu tahu dan tempe goreng yang diracik dengan bumbu kacang dan petis udang atau ikan.

Siraman kuah soto akan menggenapi cita rasa khas Rujak soto Banyuwangi. Kuah soto tersebut dari kaldu daging dan jeroan sapi, seperti paru, babat, ati rempela. Namun dalam perkembangannya, ada juga penjual Rujak Soto yang menyediakan ayam bagi yang tidak suka sapi.

Penyajian rujak soto dilengkapi taburan bawang goreng, irisan jeruk nipis, dilengkapi kerupuk udang atau kerupuk aci.

Rujak Soto selalu dibuat secara fresh. Artinya rujaknya dibuat sesuai pesanan pembali yang datang. Penjual akan menyiapkan bumbu rujak lalu menguleknya, memasukkan sayuran, lalu menyiramnya dengan kuah soto dan irisan daging atau jeroan sesuai permintaan pembeli.

Perbedaan antara penjual rujak soto satu dan lainnya biasanya terletak pada kualitas petis yang digunakan dan porsi daging/jerohan dan tingkat kekentalan kuah sotonya.

Ada penjual rujak soto yang cenderung membuat kuah soto yang bening, tapi ada juga yang kuahnya agak kental dan keruh. Ini juga nantinya akan mempengaruhi selera pembeli. Ada yang senang kuah bening, ada yang tidak suka banyak kuah.



Pada dasarnya, ada dua jenis penjual Rujak Soto di Banyuwangi. Yang pertama adalah penjual rujak soto rumahan. Yang kedua, penjualan rujak soto ala restoran atau rumah makan.

Rujak Soto ala rumahan biasanya diracik sendiri oleh pembuatnya, yang merupakan ibu rumah tangga. Lokasinya menjadi satu dengan rumahnya, dengan memanfaatkan sebagian ruang untuk berjualan.

Awalnya mereka berjualan tanpa nama, namun karena popularitasnya, akhirnya orang-orang menyebut warungnya dengan nama panggilan penjualnya. Maka banyak penjual Rujak Soto di Banyuwangi yang dikenal dengan nama "Mbok" yang merupakan panggilan "Bu" di Banyuwangi. 

Sebaliknya, dengan makin populernya kuliner Rujak Soto, banyak rumah makan dan restoran di Banyuwangi yang mulai menambahkan menu tersebut. Belakangan juga makin marak rumah makan baru yang khusus menjual menu kuliner khas Banyuwangi. Nah, rumah makan tersebut biasanya menggunakan jasa tukang masak/koki lain, bukan dimasak sendiri oleh ownernya.

Kejadian dimana rasa makanan tertentu, termasuk Rujak Soto, berubah-ubah biasanya datang dari penjual tipe ini. Beda koki, beda rasa. Kualitas masakan berubah karena ganti koki. Maka tak heran, Rujak Soto Banyuwangi yang kondang lezatnya berasal dari Mbok-Mbok yang berjualan ala rumahan.

Tentu saja, ini tidak bisa disamaratakan. Seiring dengan makin ngetopnya menu kombinasi rujak dan soto ini, sekarang banyak juga rumah makan dan restoran yang menyuguhkan Rujak Soto dengan cita rasa berkelas.

Yang pasti, mencari menu Rujak Soto di Banyuwangi sangat mudah, lokasin penjualnya tersebar di berbagai tempat.

Btw Rujak Soto pernah lo ditampilkan dalam sebuah film nasional. Tahu tidak, film apa itu?

Rujak Soto dalam film Aruna dan Lidahnya


Rujak Soto ternyata juga pernah ditampilkan secara kontroversial di film "Aruna dan Lidahnya" (2018).

Film ini mengisahkan petualangan Aruna, seorang epidemiologi, bersama ketiga sahabatnya di 4 daerah. Mereka sedang menyelidiki kasus wabah flu burung di daerah tersebut, dan diantara aktivitasnya, mereka juga sempat mencicipi kuliner lokal. Salah satunya Rujak Soto.

Dian Sastro mencicipi Rujak Soto
Dian Sastro berperan sebagai Aruna sedang mencicipi Rujak Soto dalam film Aruna Dan Lidahnya. Di film ini dia justru mengkritik Rujak Soto
Yang disayangkan, di film tersebut, penampilan Rujak soto terkesan dipaksakan hanya untuk memperkuat adegan ucapan sindiran Aruna terhadap masalah pribadi sahabatnya.

“Ini Soto, rujaknya kalah. Sebenarnya mereka nggak perlu bersatu. Kayak pasangan-pasangan yang sudah ditakdirkan untuk berpisah, terus mereka jadi lebih baik di jalannya masing-masing,” ucap Aruna.


Rujak Soto dalam film Aruna dan Lidahnya.
Rujak Soto dalam film Aruna Dan Lidahnya, tampilannya terlihat aneh. (via Youtube). Bandingan saja dengan tampilan
Rujak Soto made in Banyuwangi.

Digambarkan, Aruna hanya sempat mencicipi satu suapan saja lalu meninggalkannya. Jadinya image Rujak Soto jelek di film tersebut. 

Yang juga disayangkan, Rujak Soto yang ditampilkan di film Aruna bukan asli dari Banyuwangi, tapi dari sebuah rumah makan di Surabaya. Dilihat dari potongan adegannya, Rujak Soto tersebut tampak beda. Rujak Soto ala Banyuwangi tidak menggunakan mie kuning pun tampilannya kurang mengesankan.

Meskipun pernah diangkat dalam film nasional dengan pemain populer macam Dian Sastro & Nicholas Saputra, Rujak Soto tidak jadi perbincangan netizen. Salah satunya karena disitu Rujak Soto hanya ditampilkan sekilas saja. Selain itu, film Aruna Dan Lidahnya tidak booming.

Toh hal ini tidak mengurangi pamor Rujak Soto di mata penggemar kuliner. Terbukti, tingginya permintaan wisatawan yang datang ke Banyuwangi, mayoritas mencari informasi keberadaan Rujak Soto.

Bisa dikatakan, Rujak Soto dan Sego Tempong adalah dua kuliner khas Banyuwangi yang selalu diburu wisatawan. Padahal masih banyak lo kuliner otentik Banyuwangi lain yang tak kalah juara lezatnya.

Di Banyuwangi cukup mudah mencari tempat makan yang menyajikan menu rujak soto, di setiap kecamatan bisa dipastikan ada. Jumlahnya bisa puluhan dan mungkin lebih dari 100 warung/rumah makan.

Bisa dibilang, para penjual Rujak Soto yang legendaris di Banyuwangi bukanlah rumah makan yang besar. Umumnya merupakan warung kecil 

Khusus buat kamu-kamu yang ingin menikmati kelezatan Rujak soto dengan cita rasa yang otentik dan maknyus, berikut ini beberapa tempat makan yang menyediakan menunya. 

Sengaja tidak dicantumkan harganya, karena hal ini bisa saja berubah/naik tiap waktu. Yang pasti, harga-harga kuliner di Banyuwangi, termasuk Rujak Soto, terjangkau semua kalangan.

Untuk membantu pencarian lokasi tempat penjual Rujak Soto yang dimaksud, ditambahkan petunjuk lokasinya berdasarkan Google Maps.

Daftar Rumah Makan Penjual Rujak Soto di Banyuwangi

Rujak Soto Warung Citra Mbak Har

Rujak soto mbak Har Tumenggungan Banyuwangi
Rujak Soto Warung Citra mbak Har di Tumenggungan (via https://www.instagram.com/eddy.9un)

Nama warungnya Warung Citra, pemiliknya biasa dipanggil mbak Har. Lokasinya di Kelurahan Tumenggungan, Banyuwangi kota. Rujak Soto menjadi menu andalan di warung ini. Soal rasa tak perlu diragukan lagi.

Selain rujak soto, menu lain yang bisa dipesan adalah rujak cingur, rujak kecut, rujak cemplung dan beberapa jenis panganan lain.

Lokasi Warung Citra Mbak Har :
Jl. Sritanjung, Temenggungan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411


Rujak Soto Bu Har Gapangan 

Rujak Soto Bu Har Gapangan (via https://web.facebook.com/warung.buhar.1)

Masih tentang rujak soto Bu Har, tapi yang ini beda tempatnya. Rujak Soto ala Bu Har warungnya berada di Kelurahan Mojopanggung, di belakang Hotel Aston Banyuwangi.

Warung ini tidak hanya menyediakan menu Rujak Soto. Tetapi juga berbagai masakan rumahan lain. Rujak Soto menjadi salah satu menu andalannya. Berada di sini serasa di rumah sendiri, suasana tenang, parkir cukup luas. 

Lokasi Warung Bu Har Gapangan :
Lingkungan Cuking Rw., Mojopanggung, Kec. Giri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68425
Telepon : 0896 7419 9310   



Rujak Soto Baluk Bu Islamiyah

Rujak Soto Baluk Bu Islamiyah Banyuwangi.
Rujak Soto Baluk Bu Islamiyah (via https://www.instagram.com/yenyindriyati)

Lokasi rujak soto ini di daerah Baluk, karena itu kemudian dikenal sebagai Rujak Soto Baluk.
Selain kelezatannya, beberapa pengunjung di tempat ini merekomendasikan menu rujak sotonya karena porsinya banyak dan harga yang ekonomis.

Warung Rujak Soto Baluk buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 16.00 WIB. Tak hanya rujak soto, juga tersedia menu rujak lainnya, seperti rujak cingur, rujak gobed, rujak manis    Namun yang lebih populer menu Rujak Soto. Maka tak heran yang menjadi trademark warung ini adalah Rujak soto Baluk.

Lokasi Rujak Soto Baluk
Jl. Airlangga No.62, Kel. Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 684

Untuk memudahkan pencarian lokasi rujak Soto Baluk, Anda bisa menggunakan Google Maps berikut ini.


Rujak Soto Losari

Rujak soto Losari Banyuwangi.
Rujak Soto Losari (via https://www.instagram.com/i_will_eat_that)

Menyebut rujak soto legendaris Banyuwangi pastilah tidak akan melewatkan nama Rujak Soto Losari. Keistimewaan rujak soto yang satu ini membuat penyanyi Ari Lasso membuktikannya sendiri. Bahkan ia sempat menyebut Rujak Soto sebagai makanan jenius.

Lokasi Rujak Soto Losari memang berada di gang yang cukup sempit, karena itu pengendara mobil harus parkir di mulut gang. Dan sebaiknya kamu datang sebelum pukul 12 siang untuk menghindari antrian yang panjang.

Lokasi Rujak Soto Losari :
Jl. Progo, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411
Telepon : (0333) 414074




Warung Rujak Mbok Ijah

Rujak Soto Mbok Ijah Banyuwangi.
Rujak soto Mbok Ijah, juara festival kuliner (via Hobimakanbanyuwangi.com)
Mencari lokasi warung Rujak Soto Mbok Ijah ini mungkin agak sulit ya, perlu tanya-tanya warga setempat. Masalahnya, tempat usahanya bukan berupa bangunan yang permanen. Lokasinya berada di samping kantor Pemkab Banyuwangi. Namun soal rasa jangan tanya, juara.

Warung Mbok Ijah ini mulai buka pukul 08.00-16.00, dan tidak buka setiap hari. Hari Sabtu dan Minggu tutup. Jadi yang berminat menikmati rujak soto yang pernah menjadi juara dalam event Festival Rujak soto di Banyuwangi ini harus memperhatikan jam dan hari bukanya ya supaya tidak kecele.

Lokasi Rujak Soto Mbok Ijah
Jl. Borobudur, Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416



Pondok Rujak Soto 

Pondok Rujak Soto Banyuwangi
Rujak Soto dari Pondok Rujak Soto (via Google.com)
Kalau kamu mencari lokasi penjual Rujak Soto yang mudah dicari, silakan meluncur ke Pondok Rujak Soto. Pasalnya, tempatnya berada di jalan raya di tengah kota Banyuwangi. 

Sesuai namanya, tempat ini menu andalannya memang serba rujak. Selain Rujak Soto, kamu bisa memesan rujak cingur, rujak buah, rujak cemplung, rujak lontong dan rujak gobet. Menu makanan lain juga tersedia lo, seperti aneka lalapan. 

Untuk isian Rujak Sotonya, kamu bisa pilih daging sapi, babat atau ayam. Soal harga, dijamin ramah 

Lokasi Pondok Rujak Soto :
Jl. Basuki Rahmat No.113, Singotrunan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68414
Telepon : 0812-4925-2279
Jam buka : pk 09.00-21.00


Warung Rujak Soto Bu Ning Irama

Rujak Soto Bu Ning irama, Banyuwangi.
Rujak Soto Bu Ning Irama (via Google.com)
Ini sebenarnya warung rumahan, entah kenapa dinamakan warung Bu Ning, padahal pemiliknya bernama bu Pon. Coba deh kamu tanyakan kalau pas makan disini. Embel-embel Irama di belakangnya merupakan nama bioskop yang sudah lama tutup. Mungkin sebagai petunjuk untuk memudahkan mencari lokasinya.

Di warung ini hanya menyediakan dua menu saja, Rujak Soto dan Rujak Cingur. Pengunjung bisa menikmati rujak soto racikan Bu Pon ini sejak pukul 10.00 mungkin sampai sore ya. 

Lokasi Rujak Soto Bu Ning Irama:
Jl. Tiga Berlian, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411


Warung Rujak Soto Mbok PaT

Rujak Soto Mbok Pat Banyuwangi.
Rujak Soto Mbok Pat (via Tommy Wendi)
Kelezatan Rujak Soto olahan warung rumahan Mbok Pat tak diragukan lagi. Meskipun warungnya cukup kecil dan berada di kampung, namun tak menyurutkan penggemarnya untuk berdatangan. Pembeli selalu ramai sehingga sering terjadi antrian panjang.

Disarankan jangan membeli di saat jam makan siang, tapi juga jangan kesorean, kemungkinan sudah habis.

Lokasi Warung Rujak soto Mbok PaT :
Kelurahan Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411
Telepon : 0813-3277-1077




Rujak Soto Waroeng Kemarang

Rujak Soto ala Waroeng Kemarang  
Kalau kamu sedang berada di Waroeng Kemarang, salah satu menu recommended adalah Rujak Soto. Warung yang sangat populer ini bahkan sudah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner Banyuwangi, selalu ramai pengunjung luar kota. Terutama pada hari Minggu atau liburan.

Waroeng Kemarang berada di Desa Taman Suruh, searah dengan jalur menuju Air Terjun Jagir di Dusun Kampung Anyar, disini menyediakan menu makanan dan minuman khas Suku Osing dan Jawa Timuran. 

Lokasi Waroeng Kemarang :
Jl. Perkebunan Kalibendo, KM. 5, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Dusun Wonosari, Taman Suruh, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68432
Telepon : (0333) 3385607



Rujak Soto Mbak Mus

Rujak Soto Mbak Mus Banyuwangi
Rujak Soto Mbak Mus (via https://www.instagram.com/kumendan)

Mencari lokasi Rujak Soto Mbok Mus relatif mudah, karena berada di jalan raya Kabat yang menghubungkan antara Rogojampi dan Banyuwangi kota. Warungnya mulai buka sejak pk. 09.00 sampai malam.

Lokasi Rujak Soto Mbak Mus :
Jl. Raya Jember No.28, Dusun Krajan, Dadapan, Kec. Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461
Telepon : 0853-3855-2226



Rujak Soto Mak Pur

Rujak Soto Mak Pur Banyuwangi.
Rujak Soto Mak Pur Srono (via Google.com)

Dari tadi yang dibahas rujak soto yang berada di wilayah banyuwangi kota, sekarang bergeser ke selatan. Ada Rujak Soto Mak Pur yang tak kalah lezat di wilayah Sukorejo, Kecamatan Srono.

Kelezatan Rujak Soto Mak Pur dibuktikan dengan diraihnya penghargaan sebagai Penyaji Terbaik 1 kategori C yang terdiri PHRJ, penjual/warung rujak soto dan umum dalam Festival Kuliner Rujak Soto yang diselenggarakan Pemkab Banyuwangi.

Selain Rujak Soto, menu lain yang jadi andalan warung ini adalah rujak cingur, tahu lontong dan lontong soto.



Rujak Soto Bu Pinisri

Rujak soto bu Pinisri Banyuwangi.
Rujak Soto Bu Pinisri (via Google.com)

Rujak Soto Bu Pinisri diambil dari nama pemiliknya, Bu Pinisri, kebetulan seorang yang berpendidikan tinggi. Dia sarjana pendidikan sejarah dari Universitas PGRI Banyuwangi.

Kelezatan Rujak Soto Pinisri ini diakui aktor Ibnu Jamil dan presenter Darius Sinatria, yang menyempatkan mampir usai melakukan petualangan di Hutan Pinus Songgon tahun 2018 lalu.

Usai menyantap rujak soto, kamu bisa sekalian main di wisata Bukit Mondoleko yang lokasinya hanya berjarak 200 meter saja.

Lokasi Warung Rujak Soto Bu Pinisri :
Dusun Sragi Tengah, Sragi, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68463


Rujak Soto Mbok Mbret

Rujak soto Mbok Mbret Banyuwangi
Rujak Soto Mbok Mbret (via https://hobimakanbanyuwangi.com/kuliner/mbok-mbret)

Jika Anda kebetulan berada di wilayah Banyuwangi selatan, semisal sedang berwisata di Djawatan Benculuk, Rujak Soto Mbok Mbret sangat direkomendasikan. Lokasinya mengambil tempat di depan bekas bioskop Sylvia yang sudah lama tidak beroperasi.

Warungnya memang sederhana, tapi soal rasa, juara. Banyak yang merujuk, Rujak Soto Mbok Mbret adalah salah satu yang terbaik di Banyuwangi. Kamu tidak bakal kebagian kalau tidak datang seawal mungkin.

Untuk seporsi Rujak soto seharga Rp 20 ribu ini, kamu wajib antri untuk menikmatinya. Meskipun jam bukanya mulai pukul 10.00 sampai 16.00, Rujak Sotonya sudah sold out duluan.

Akun IG @hobimakan.banyuwangi yang punya sekitar 28 ribu follower, menulis review tentang Rujak Soto Mbok Mbret dengan kalimat : Soal rasa, beneran uwenakk ...Potongan jeroannya gede2, bumbu rujaknya gurih, kuah sotonya mantab. Menjadikan rasanya begitu tasty, legit dan segar bercampur.

Lokasi Rujak Soto Mbok Mbret :
Dusun Kepatihan, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68482



Demikian daftar rumah makan dan warung yang menjual menu Rujak Soto yang recommended di Banyuwangi. Tentu saja di luar daftar tersebut masih banyak penjual rujak soto lain yang dari segi rasa tidak kalah enaknya. Silakan mencoba.

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top