MENGINTIP KESERUAN LIBURAN RIDWAN KAMIL DAN DINO PATTI DJALAL DI BANYUWANGI


Di penghujung tahun 2019, kunjungan wisatawan ke Banyuwangi meningkat pesat. Diantaranya terdapat tokoh nasional yang sengaja mengajak keluarganya berlibur akhir tahun di Banyuwangi. Yaitu Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat dan Dinno Patti Djalal, mantan Wamenlu.

Ridwan Kamil, Abdullah Azwar Anas dan Dino Patti Djalal di Pendopo Sabha Swagata Blambangan    (via https://www.instagram.com/dinopattidjalal)

Selama beberapa hari mereka menghabiskan waktu di Banyuwangi dan menjadi tamu kehormatan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Berikut potret keseruan liburan mereka sekeluarga selama di Banyuwangi.

Keunikan Arsitektur Bandara Banyuwangi menuai pujian Kang Emil

Pujian Ridwan Kamil untuk arsitektur unik Bandara Banyuwangi.
Ridwan Kamil di Bandara Banyuwangi (via https://www.banyuwangikab.go.id\)

Setiba di Bandara Banyuwangi, bandara pertama Indonesia yang mengadopsi konsep terminal hijau, Kang emil sapaan akrab Ridwan Kamil yang juga merupakan seorang arsitek ini mengaku terpesona keunikan arsitekturnya.

”Bandara Banyuwangi luar biasa. Ini bandara yang arsitekturnya salah satu yang paling keren di Indonesia. Kecil, tapi sangat unik. Saya senang ada di Banyuwangi,” katanya.

Kang Emil Sebut Banyuwangi contoh sukses daerah yang bertransformasi dengan baik

Tuan rumah, Bupati Azwar Anas menjamu tamu istimewanya di Pendopo Sabha Swagata Blambangan
(via https://www.instagram.com/ridwankamil)
Tak hanya bandaranya, Kang Emil juga memuji keberhasilan pembangunan di Banyuwangi. 

”Jika ada cerita daerah yang sudah bertransformasi dengan baik, Banyuwangi adalah salah satu contoh terbaiknya. Inovasinya, program sosial-kemasyarakatannya, pengembangan pariwisatanya bagus. Sehingga sangat direkomendasi para pemimpin daerah untuk saling belajar,” ujar Kang Emil saat berkunjung ke Pendopo Sabha Swagata Blambangan.

Menerima banyak pujian dari sahabatnya, Ridwan Kamil, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku juga belajar banyak dari mantan wali kota Bandung tersebut.

“Pak Emil berhasil melakukan transformasi yang luar biasa, dan layak jadi contoh. Beliau visioner. Anak-anak muda sangat saya rekomendasikan untuk belajar banyak dari Pak Emil, “ ujar Anas.

Wujud kerjasama antara pemerintah Jawa Barat dan Banyuwangi dalam promosi pariwisata dengan hadirnya penerbangan direct flight dari Bandara Husen Sastranegara ke Bandara Banyuwangi setiap 2 hari sekali diibaratkan Kang Emil sebagai kerjasama antara Barat dan Timur.

Barat dan Timur tercipta agar saling menyempurnakan. (via https://www.instagram.com/banyuwangi_tourism)

Barat dan Timur tercipta agar saling menyempurnakan, tulis Ridwan Kamil dalam status Instagramnya.

Di resto dan pusat oleh-oleh Osing Deles, Kang Emil sempat mengekspresikan bakat melukisnya

Ridwan Kamil di Osing Deles Banyuwangi.
Hasil lukisan Kang Emil ternyata tidak kalah keren dengan pelukis profesional
(via https://www.instagram.com/osingdeles)
Dalam kunjungannya ke Osing Deles, Kang Emil memilih bersantai di lantai 3. Disana ia duduk di pinggir jendela sambil menggoreskan kuas di sebuah kanvas. Hasilnya, lukisan yang cantik.

Kang Emil Sekeluarga merasa bahagia saat muncak Ijen, Kamu kapan?


Ridwan Kamil di Kawah Ijen Banyuwangi
Kang Emil dan istri di Kawah Ijen. Alhamdulillah, senang banget bisa lihat blue flame,” ujar Kang Emil kepada media.
  (via https://www.instagram.com/banyuwangi_kab)
Di mata Kang Emil, pendakian Gunung Ijen untuk melihat api biru merupakan perjalanan yang layak dicoba oleh keluarga Indonesia, karena bisa memperkuat kebersamaan diantara anggota keluarga.
Kang Emil sekeluarga naik Kawah Ijen Banyuwangi.
Kang Emil, istri dan kedua anaknya. Perjalanan menuju Kawah Ijen menciptakan quality dengan dengan keluarga, ujarnya. (via https://www.instagram.com/banyuwangi_kab)
”Kan butuh waktu itu mendaki. Dalam perjalanan, ada quality time dengan keluarga. Anak-anak bisa saling curhat dengan orang tua. Ini perjalanan yang berharga buat saya,” ujar Kang Emil.

Kang Emil di Kawah Ijen.
Menurut Kang Emil, mendaki kawah Ijen bersama anggota keluarga bisa memperkuat rasa kebersamaan. (via https://www.instagram.com/ridwankamil)

Dari Puncak Gunung Ijen, Kang Emil mengucapkan selamat tahun baru 2020

Berlatarkan Kawah Ijen yang dipenuhi kepulan asap tersebut, Ridwan Kamil dan keluarganya kompak menyapa pengguna media sosial dan mengucapkan selamat Tahun Baru 2020.


Seusai mendaki Gunung Ijen, Ridwan Kamil beserta keluarga mengunjungi Taman Gandrung Terakota

Kang Emil berada di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi.
Tempat yang keren serta dirancang sangat profesional puji Kang Emil tentang Taman Gandrung Terakota (via https://www.instagram.com/gandrung.terakota)
Taman Gandrung Terakota adalah situs budaya berisi ribuan patung penari gandrung di lahan sawah terasering di kaki Gunung Ijen yang merupakan kawasan taman geopark nasional. Lokasi taman ini berada di kawasan Jiwa Jawa Resort.

"Sebuah taman luar biasa. Ada patung Gandrung yang khas, yang bertebaran di persawahan, pelataran, dan kolam air. Apalagi di sini ada fasilitas sanggar seni, galeri, kafe cokelat dan kopi. Lengkap dan asyik," kata Kang Emil yang bersama sang istri sempat berpose menirukan aksi penari Gandrung.

Banyuwangi is very good surprice, kata Dino Patti Djalal

Dino Patti Djalal bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. (via https://www.instagram.com/banyuwangi_kab)
Selain Ridwan Kamil, ada mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal yang menghabiskan libur akhir tahun di Banyuwangi.

Bersama anggota keluarganya, Dino yang juga mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat itu mengunjungi beragam destinasi di Banyuwangi, mulai dari arung jeram, Kawah Ijen, Pendopo Sabha Swagata Blambangan, cagar biosfer dan geopark Taman Nasional Alas Purwo, Taman Gandrung Terakota, hingga Bangsring Underwater.

Ia juga sempat melihat atraksi kuliner Arabian Street Food, Sanggar Genjah Arum, dan Malangsari Food and Coffee Market yang khusus menyajikan kopi premium kualitas ekspor.

"Banyuwangi is very good surprise. Saya banyak dengar cerita dari sejumlah duta besar tentang Banyuwangi, bagi saya daerah ini luar biasa. So many things to do, so many things to see," ujar Dino Patti Djalal.

Mantan juru bicara era Presiden SBY ini juga mengaku jadi salah satu penggemar terbaru Banyuwangi

Dino Patti Djalal di Gunung Ijen, Banyuwangi
Dino Patti Djalal bersama keluarganya di Gunung Ijen. (via https://www.instagram.com/banyuwangi_kab)
Tak mau kalah dengan Kang Emil, Dino Patti Djalal pun mengajak seluruh anggota keluarganya muncak ke Ijen.

Dino Pati Jalal yang pernah jadi Jubir Presiden RI di era Presiden SBY ini mengaku terkesan dengan Banyuwangi. Bukan hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga model pemerintahan yang sangat mengedepankan pada kepentingan rakyat.

Bahkan Dino mengatakan, saat ini dirinya menjadi salah satu penggemar terbaru Banyuwangi yang prestasinya sudah lama ia dengar.

Dino Pati Djalal sekeluarga menikmati serunya rafting di sungai Songgon

Tak cukup puas dengan mendaki Kawah Ijen, Dino Patti Djalal pun memboyong anak istrinya ke Songgon untuk memacu adrenalin melakukan rafting dengan perahu karet menyusuri sungai Songgon. 
Dino Patti Djalal rafting di sungai Songgon,Banyuwangi.
Memacu adrenalin dengan rafting di sungai Songgon (via https://www.instagram.com/banyuwangi_tourism)




Sang anak pun tidak mau kalah berrafting ria.


Happy ending setelah menyelesaikan susur sungai yang cukup menguras energi.

Pujian Dino Patti Djalal untuk kebersihan Pantai Pulau Merah

Liburan Dino Patti Djalal di Pulau Merah Banyuwangi.
Berfoto sekeluarga di Pulau Merah Banyuwangi. (via https://www.instagram.com/dinopattidjalal)
Salah satu destinasi yang dikunjungi Dino Patti Djalal dan keluarga adalah Pantai Pulau Merah.
Dino terkesan dengan cara para penjaga pantai Pulau Merah yang disebut Ranger Eco dalam menjaga kebersihan pantai.

Pantai ini SANGAT bersih, dan saya tidak melihat satu pun sampah karena mereka semua diambil oleh tim Ranger ECO yang bangga. Mereka akan pergi ke pengunjung yang baru saja melemparkan plastik ke tanah dan berkata, "apakah Anda keberatan jika saya mengambil sampah Anda? (Dengan senyum lebar)". Mereka mengagumkan !, tulis @dinopattidjalal di akun Instagramnya. 

Potret Keakraban Tiga Pemimpin

Dalam beberapa kesempatan selama berlibur di Banyuwangi, baik Ridwan Kamil maupun Dino Patti Djalal dan Azwar Anas selaku tuan rumah menunjukkan sikap yang akrab dan dekat seperti ditunjukkan dari bahasa tubuh mereka. Hal ini bisa dipahami, karena ketiganya sudah saling mengenal sebelumnya.
Ridwan Kamil, Abdullah Azwar Anas dan Dino Patti Djalal di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Tampak akrab dan kompak. It's oke. (via https://www.instagram.com/dinopattidjalal)
Dino mengenal Azwar Anas di Harvard University tahun 2014 sewaktu menjabat sebagai Dubes RI di AS.

"Dulu Azwar menyatakan banyak menimba ilmu pemerintahan dari Harvard. Kini, justru Harvard University yang perlu belajar dari Azwar Anas, " tulis Dino dalam status Instagramnya.
Berpotret bersama dengan istri masing-masing di Sanggar Genjah Arum, Kemiren,  (via https://www.instagram.com/dinopattidjalal)
Dalam kapasitas sebagai Gubernur Jawa Barat dan Bupati Banyuwangi, antara Ridwan Kamil dan Azwar Anas sudah sering bertemu dalam berbagai acara resmi kedinasan.
Kang Emil mensangrai kopi di Sanggar Genjah Arum disaksikan Anas dan Dino (via https://www.instagram.com/banyuwangi_kab)
Secara berseloroh, Kang Emil mengatakan, dia dan Anas selama ini hanya bertemu dari panggung penghargaan ke panggung penghargaan inovasi pemerintahan tingkat nasional. 
 Keceriaan di Pendopo (via https://www.instagram.com/banyuwangi_kab)
Nah, sekarang ini saatnya bertemu dalam situasi liburan yang santai penuh persahabatan.
Ridwan Kamil memberikan lukisan "Kawah Ijen” kepada Bupati Banyuwangi, Azwar Anas sebagai simbol persahabatan. Believe it or not, lukisan tersebut ternyata hasil lukisan spontan di sela-sela liburannya di Banyuwangi. (via https://www.kabarbisnis.com)
Pujian dan kekaguman banyak dilontarkan baik oleh Kang Emil dan Dino Patti Djalal selama perjalanan liburan mereka di Banyuwangi. Hal ini tak lepas dari kemajuan yang luar biasa dicapai Banyuwangi 

Kekagumannya terhadap Banyuwangi membuat Ridwan Kamil ikut mempromosikan pariwisata di kabupaten ini.

“Ayo berkunjung ke Banyuwangi dan jadikan Banyuwangi sebagai destinasi terbaik,” ucapnya.

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top