STOP ANTRIAN, TIKET KAPAL PENYEBERANGAN KETAPANG-GILIMANUK BISA DIPESAN ONLINE, BEGINI CARANYA.


Selamat tinggal antrian panjang di Pelabuhan Ketapang. Penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk dan sebaliknya, sekarang bisa lebih mudah dengan dibukanya pembelian tiket secara online. Tiket online ini secara efektif berlaku sejak awal Juni 2017.

Tiket online penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.
Pelabuhan Ketapang-Banyuwangi, antrian kendaraan memasuki kapal penyeberangan (via Beritadaerah.co.id)

Untuk tahap awal ada dua rute yang melayani pemesanan online untuk tiket penyeberangan, yaitu rute Ketapang-Gilimanuk dan Merak-Bakauheni.

Terobosan yang dilakukan PT ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) Indonesia Ferry ini bertujuan untuk mengurai antrian panjang yang biasa terjadi di pelabuhan penyeberangan, terutama di saat liburan panjang atau selama Lebaran.

Di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi misalnya, ketika musim liburan anak sekolah, lebaran, akhir tahun, termasuk ketika ada momen long week end, sering terjadi antrian panjang hingga beberapa kilometer dari gerbang pelabuhan dan berlangsung hingga selama 8 jam.

Antrian mobil di pelabuhan Ketapang.
Antrian kendaraan di Pelabuhan Ketapang (via Rimanews.com)

Jika selama ini pembelian tiket penyeberangan hanya bisa dilakukan secara manual di loket penyeberangan, dengan sistem tiket online ini diharapkan bisa memutus rantai kemacetan akibat menunggu lama antrian pembelian tiket. Setidaknya antrian akan berkurang drastis.

Sistem online membuat pembelian tiket lebih efisien, karena penumpang tidak harus membeli tiket di loket, mengisi manifest penumpang yang banyak membuang waktu, serta hal kecil lainnya yang sering menjadi penyebab antrian yakni pemberian uang kembalian.

Antrian semacam ini bakal tak terlihat lagi jika sistem tiket online penyeberangan Ketapang-Gilimanuk bejalan lancar sesuai rencana (via Banyuwangi.Merdeka.com)

Dengan pesan tiket online, ketika sampai di pelabuhan penumpang tinggal boarding yang hanya butuh waktu beberapa detik saja.

Bagi penumpang yang membeli tiket penyeberangan secara online, disediakan jalur khusus sehingga tidak membutuhkan banyak waktu. Sehingga penumpang bisa lebih nyaman.

Bahkan selama arus mudik Lebaran, PT ASDP menyiapkan 15 loket. Dua di antaranya untuk melayani tiket online, sedangkan sisanya untuk go show atau penumpang kapal yang membeli tiket di loket pelabuhan penyeberangan.

Tak hanya itu, pihak ASDP Ketapang juga menyiapkan 8 buffer zone yang tersebar di beberapa wilayah jalur mudik, untuk fasilitas bagi yang ingin beristirahat.

Seperti di Istana Gandrung, Jembatan Timbang Watudodol, Pelindo Tanjung Wangi dan Stasiun KA Banyuwangi Baru.

Selain mendapatkan kemudahan, pembeli tiket online tidak perlu khawatir tiketnya akan hangus jika mengalami kendala. Seperti dilansir dari laman Viva.co.id (14/6/2017), Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Faik Fahmi, menjamin tiket tidak hangus, pihaknya bersikap fleksibel terkait keterlambatan penumpang.

Jjika terjadi masalah pengguna jasa tidak datang sesuai dengan jadwal, pihak ASDP akan menyiapkan gerbang khusus bagi tiket keterlambatan atau irregularity gate

CARA MEMESAN TIKET ONLINE PENYEBERANGAN KETAPANG-GILIMANUK


Bagi pengguna jasa penyeberangan bisa memesan tiket online ini, melalui website www.tiket.indonesiaferry.co.id.

Di situs tersebut, pengguna jasa bisa memilih jadwal keberangkatan yang diinginkan. Calon penumpang perlu memperhatikan detail informasi, seperti tanggal keberangkatan, jam, hingga daftar manifes untuk di kapal nanti.


Daftar manifes ini merujuk pada berapa orang dan apa saja kendaraan yang dibawa, misalnya sejumlah orang dengan satu unit mobil atau beberapa sepeda motor.

Berikut tampilan situs pemesanan tiket penyeberangan ASDP Indonesia Ferry.



Untuk memesan tiket online penyeberangan ASDP, isi form yang tersedia. Ada beberapa data calon penumpang kapal yang harus dimasukkan, yaitu :
- Tanggal keberangkatan
- Jenis Penumpang : pilihannya Penumpang Berkendara dan Penumpang Tidak Berkendara
- Jika Anda berkendara, maka selanjutnya memasukkan info kategori kendaraan yang digunakan, yaitu mulai Golongan I (sepeda), Golongan II (sepeda motor roda 2), Golongan III (sepeda motor roda 3), Golongan IV A (kendaraan kecil atau mobil pribadi), Golongan IV B (mobil barang) dan Golongan V A (bis sedang).
- Jumlah penumpang
- Pelabuhan Asal - Pelabuhan Tujuan.
- Setelah datanya benar, lalu klik "Tampilkan".
- Maka berikutnya akan muncul jam keberangkatan yang akan Anda pilih.

Dalam contoh diatas, penumpang kapal membawa kendaraan, yaitu sepeda motor roda 2, terdiri dari 2 orang, dari Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk. 
Setelah memilih jam keberangkatan kapal, maka selanjutnya Anda diminta mengisi Data Penumpang yang terdiri :

- Nama kontak yang dapat dihubungi
- No. HP (salah satu penumpang)
- Email (salah satu penumpang)
- No. Polisi kendaraan (bagi yang naik kapal dengan kendaraan)
- No. identitas KTP/SIM/Passpor penumpang. Jika tidak memiliki KTP, isikan tanggal lahir, bulan dan tahun kelahiran.
- Nama lengkap penumpang sesuai KTP.
- Umur penumpang
- Jenis kelamin
- Lalu klik "Lanjutkan".
Sebelumnya pastikan data penumpang sudah betul, karena tidak dapat diubah lagi.


Selanjutkan akan ditampilkan rincian harga total yang harus dibayarkan sesuai dengan data penumpang.


Berikutnya muncul halaman Metode Pembayaran. Di tahap awal, metode pembayaran yang tersedia hanya transfer ke rekening BRI, belum tersedia alternatif pembayaran lain. Tentunya diharapkan nantinya tersedia lebih banyak lagi saluran pembayaran, tidak terbatas pada transfer bank, tapi juga melalui saluran jaringan supermarket atau PPOB, mengingat banyak anggota masyarakat yang tidak memiliki rekening bank. 
Manifes tiket online penyeberangan Ketapang-Gilimanuk
Rincian jumlah pembayaran mencakup no. pesanan tiket, kode tiket, nama penumpang dan petunjuk pembayarannya.
Pembayaran tiket online kapal penyeberangan ASDP ini dibatasi waktunya, yaitu sekitar 3 jam. Jadi masih ada cukup waktu bagi calon penumpang untuk melakukan pembayaran sebelum batas waktunya berakhir.

Anda tertarik memesan tiket penyeberangan Ketapang-Gilimanuk secara online? Atau sudah terlanjur nyaman dengan antrian panjang dan lama seperti biasanya? Pilihan ditangan Anda.


loading...

Back To Top