FESTIVAL ANGKLUNG CARUK PELAJAR, LESTARIKAN BUDAYANYA, HILANGKAN TAWURANNYA


Festival Angklung Caruk Pelajar 2017,  yang digelar Sabtu malam (25/2) di Gesibu Blambangan Banyuwangi, benar-benar menghibur  ribuan pecinta kesenian angklung dari berbagai daerah di Banyuwangi. Masyarakat tumplek blek di arena festival, seakan menuntaskan kerinduan menyaksikan lomba Angklung Caruk yang sudah lebih 25 tahun tidak mereka lihat di Banyuwangi.

Angklung Caruk Banyuwangi.
Suasana Festival Angklung Caruk (via Twitter.com/AdlawiSamsudin)
Sebanyak 16 grup yang terdiri grup pelajar SD dan SMP mengikuti Festival Angklung Caruk ini, dan hanya 5 grup terpilih sebagai penyaji terbaik. Mereka dinilai mulai dari penampilan, aransemen hingga kekompakannya. Grup penyaji terbaik akan mendapatkan hadiah seperangkat alat angklung dengan total Rp 20 juta.

"Kita lakukan pembinaan kepada anak-anak ini dengan alat musik. Dan kita harap ditahan kedepan mereka bisa tampil lebih baik lagi," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda.

Angklung caruk adalah kesenian khas Banyuwangi yang mempertemukan dua kelompok pemain angklung untuk diuji ketangkasannya bermain angklung. Yang unik dari gelaran ini adalah permainan caruknya. Dua kelompok angklung saling tebak lagu layaknya berpacu dalam melodi versi angklung. Yang tak bisa menebak lagu, dianggap kalah.

Angklung Caruk yang nyaris punah kembali dihidupkan kembali melalui festival. Pertunjukan Angklung Caruk yang melibatkan supporter kedua kelompok sempat dihentikan karena sering menimbulkan tawuran antar supporter yang mendukung grupnya.

Namun kini kondisi dikelola dengan baik, para pemain Angklung Caruk saling berjabat tangan setelah tanding sehingga tidak ada pertengkaran.

Kesenian Angklung Caruknya  pantas dilestarikan, budaya tawurannya dibuang!

Berikut kemeriahan Festival Angklung Caruk Pelajar 2017.

Angklung Caruk
Suasana Festival Angklung Caruk yang sempat vakum 25 tahun di Banyuwangi. (via Facebook.com/anton.tri.16)

Penampilan salah satu penari Angklung Caruk (via Facebook)

Penampilan salah satu peserta (via Facebook)

Penampilan salah satu peserta (via Facebook )

Penampilan salah satu peserta (via Detik.com)

Penampilan salah satu peserta (via Timesindonesia.co.id)




loading...

Back To Top