KEMERIAHAN KARNAVAL 17 AGUSTUS 2016 KECAMATAN GENTENG-BANYUWANGI


Karnaval 17 Agustus di Banyuwangi - Seperti di tempat lain di seluruh Indonesia, peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahun selalu dimeriahkan dengan berbagai acara dan lomba. Salah satunya yang tidak pernah terlewatkan adalah karnaval, selain lomba gerak jalan tentunya.

Tidak beda dengan daerah lain, di Banyuwangi peringatan hari kemerdekaan pada 17 Agustus selalu dirayakan secara besar-besaran dan penuh semangat. Perayaan ini tidak hanya dipusatkan di Kabupaten, melainkan juga dilakukan di semua Kecamatan Banyuwangi yang berjumlah 24 buah. Setiap Kecamatan seakan berlomba tak mau kalah dengan Kecamatan lain dalam mempersiapkan acara 17 Agustus.
Karnaval 17 Agustus 2016 Kecamatan Genteng, Banyuwangi.

Dua acara yang selalu hadir dan ditunggu-tunggu setiap tahun adalah lomba gerak jalan dan karnaval. Paling tidak selama sebulan pada bulan Agustus, masyarakat Banyuwangi disibukkan dengan berbagai acara. Mulai persiapan sampai pelaksanaannya, sangat menyita energi.

Bayangkan saja, jika setiap kecamatan mempunyai agenda gerak jalan dan karnaval yang melibatkan kelompok usia TK, SD, SMP, SMA dan umum secara tersendiri. Secara matematis, paling tidak terdapat lebih dari 200 acara yang digelar selama 3 minggu di Banyuwangi untuk menyambut HUT RI.

Padahal dalam satu hari setiap Kecamatan hanya bisa menggelar satu macam acara untuk setiap kelompok usia tersebut. Maka tak heran seperti pada tahun 2016 ini, perayaan hari kemerdekaan baru tuntas dilaksanakan di minggu pertama bulan September, mengingat begitu padatnya acara dan harus ada pengaturan jadwal yang pas untuk setiap Kecamatan, untuk menghindari timbulnya kemacetan arus lalu lintas yang parah.

Bayangkan juga bagaimana pusingnya orangtua yang memiliki anak, apalagi kalau lebih dari 1 orang, setiap menjelang bulan Agustus. Pusing memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk menyiapkan perangkat dan dandanan sang anak.

Tapi inilah Banyuwangi, dimana masyarakatnya sangat antusias menyambut acara 17 Agustusan. Yang melihat 17 Agustus sebagai tradisi tahunan yang wajib diselenggarakan dengan meriah dan penuh semangat. Merdeka!

KARNAVAL KECAMATAN GENTENG MINIATUR BANYUWANGI ETHNO CARNIVAL


Dari keseluruhan karnaval di Banyuwangi, karnaval Kecamatan Genteng mempunyai daya tarik tersendiri. Bisa dikatakan, Karnaval Genteng adalah miniatur Banyuwangi Ethno Carnival (BEC). Selain mengadopsi temanya, sebagian peserta merupakan peserta BEC. Bahkan kostum yang tampil di Karnaval Genteng, nantinya juga diperagakan dalam BEC. Seperti tahun ini BEC mengambil tema The Legend of Sritanjung Sidopekso, tema serupa ditampilkan dalam Karnaval Genteng tahun 2016 ini.

Karena keistimewaannya, tak heran Karnaval Genteng selalu ditunggu oleh masyarakat Banyuwangi. Kemeriahan dan kreativitas Karnaval Kecamatan Genteng menjadi hiburan yang paling ditunggu-tunggu, bukan hanya oleh masyarakat Genteng, namun mampu menarik warga dari Kecamatan lain untuk menyaksikannya.

Dari sisi penonton, karnaval Genteng juga paling banyak menyedot perhatian. Maka tak heran selalu diagendakan sebagai penutup atau "gong" dari seluruh karnaval di Kecamatan Banyuwangi. Seperti tahun ini, karnaval 17 Agustus 2016 untuk Kecamatan Genteng baru diadakan pada 4 September 2016 berupa karnaval umum, setelah kecamatan lain menyelesaikan acaranya.

Berikut ini sebagian kemeriahan karnaval 17 Agustus 2016 tingkat SMA di Kecamatan Genteng, Banyuwangi, yang berlangsung 3 September 2016. Meskipun hanya diikuti 8 sekolah, namun pesertanya ribuan orang karena setiap sekolah menampilkan ratusan orang peserta. Alhasil karnaval berlangsung 5 jam lebih.


SMA MUHAMMADIYAH 2 GENTENG





MAN GENTENG

Tari Gandrung ala MAN Genteng
Drama tari Sritanjung Sidopekso.
Sendratari Legenda Sritanjung Sidopekso 
SMA NU GENTENG



SMA TAMANSISWA

Hujan tidak menyurutkan semangat.

SMAN 2 GENTENG






SMAN 1 GENTENG






loading...

Back To Top