ADA WUJUD KEBERAGAMAN BERAGAMA DI SUMBER BEJI ANTABOGA


Sumber Beji Antaboga - Sebelumnya tempat ini lebih dikenal sebagai Pura dan Petirtan Anantaboga. Namun belakangan pihak pengelola menyebutnya sebagai Sumber Beji Antaboga. Memang di tempat tersebut terdapat sebuah sumber mata air Beji yang memiliki sumber air jernih.
Sumber Beji Antaboga, Glenmore, Banyuwangi.

Pura dan Petirtan Ananthaboga atau Anthaboga merupakan situs budaya sekaligus tempat beribadah bagi umat Hindhu. Disini terdapat mata air Beji yang airnya aneka khasiat dan sering digunakan untuk upacara Mendak Tirta sekaligus untuk ritual ruwatan.

Lokasinya dikelilingi hutan pinus di wilayah Bagian kesatuan pemangkuan hutan ( BKPH ) Perhutani Glenmore, tepatnya di perbatasan Dusun Selorejo, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng.

Selain situs Hindu, di tempat ini juga terdapat patung Dewi Kwam Im dan patung Bunda Maria, serta sebuah Mushola. Sehingga secara tak langsung situs ini menggambarkan adanya sebuah keberagaman dalam harmoni.
Antaboga Glenmore.
Pintu masuk Sumber Beji Antaboga masih alami berupa jalan masuk yang diapit pohon pinus. Lokasinya memang masih belum dikelola dengan baik. Untuk  tempat parkir mobil  mengambl tempat di pinggir jalan , sedangkan sepeda motor bisa masuk kedalam area.
Wisata Banyuwangi.
Jalan masuk menuju Antaboga. Dari jalan desa sampai area situs jaraknya hanya sekitar 100 meter.
Pura Ibu Pertiwi di Antaboga.
Pura Ibu Pertiwi.Ibu Pertiwi berasal dari bahasa Sanskerta: pthvi atau juga pthivī, adalah Dewi dalam agama Hindu dan juga "Ibu Bumi" , atau dalam bahasa Indonesia disebut "Ibu Pertiwi".


Bale Wantilan Antaboga.
Bale wantilan digunakan untuk kegiatan meditasi.
Mushola di bagian depan Sumber Beji Antaboga.
Patung Dewi Kwam Im di Antaboga.
Patung Dewi Kwan Im di Antaboga.
Patung Bunda Maria di Antaboga.
Patung Bunda Maria di Antaboga. Pemberkatan dilakukan pada 4 Juni 2016 lalu oleh Romo Sabbas Sudijono, CM dari Paroki Kristus Raja Genteng.


Petirtan Dewi Gangga, disini terdapat 3 buah mata air yang konon punya banyak khasiat.



AKSES MENUJU ANTABOGA GLENMORE

Dari arah Kecamatan Genteng, Banyuwangi, untuk menuju Pura Antaboga yang berjarak sekitar 16 km dapat dicapai melalui beberapa rute perjalanan. Namun akses yang paling mudah adalah melalui jalan raya Jember, yaitu dari Genteng ke arah barat menuju Glenmore sampai menemukan papan petunjuk arah ke Antaboga, belok kanan ke utara sampai melewati rel kereta api Sumber Wadung. Selengkapnya lihat jalur berwarna biru di peta Google dibawah ini. 

Secara umum jalan yang dilalui sudah beraspal, namun sekitar 3 km sebelum lokasi Antaboga jalannya masih berupa jalan desa/makadam.

 



loading...

Back To Top