PARAS GEMPAL, TEMA BANYUWANGI BATIK FESTIVAL 2015


Banyuwangi Batik Festival (BBF) kembali digelar pada Sabtu malam, 10 Oktober 2015, di Gesibu (Gedung Serba Guna) Taman Blambangan, Kabupaten Banyuwangi. Tahun ini BBF memasuki pagelaran tahun ketiga.
Banyuwangi Batik Festival 2015 bertema Paras Gempal.
Banyuwangi Batik Festival 2015 (sumber : Twitter.com/banyuwangi_kab)
Banyuwangi Batik Festival 2015 mengangkat motif Paras Gempal sebagai tema utama. Paras Gempal adalah salah satu dari 44 motif batik yang dimiliki oleh Banyuwangi.

Setiap motif batik Banyuwangi memiliki filosofi yang tinggi. Paras adalah batu cadas dan gempal artinya runtuh. Jika disatukan aras Gempal bermakna kerukunan terhadap sesama.
Pada BBF sebelumnya temanya adalah  motif batik Gajah Uling dan Kangkung Setingkes.
Motif batik tulis Paras Gempal dari Banyuwangi.
Motif batik Paras Gempal (sumber : Batikkhasbanyuwangi.blogspot.co.id)
Ada serangkaian even yang mengiringi BBF 2015, yakni lomba desain batik, lomba busana batik, lomba mencanting, pameran dan promosi batik, Fashion Show Batik On the Pedestrian dan puncaknya BBF Fashion Show.

Kecuali pameran, semua even tersebut dilombakan. Tujuannya untuk memberikan motivasi agar batik banyuwangi semakin berkembang dan inovatif.

Sehari sebelum helatan akbar BBF, akan digelar Fashion on Pedestrian pada Jumat (9/10). Peragaan busana yang digelar di ruas pejalan kaki di Taman Blambangan ini akan diikuti puluhan model yang membawakan busana rancangan para desainer lokal Banyuwangi.

Desainer batik nasional Pricilla Saputro dan Irma Lumiga kembali hadir sebagai juri lomba desain batik sekaligus merancang busana batik Banyuwangi yang akan diperagakan di atas catwalk BBF 2015.

Tidak ketinggalan, BBF 2015 juga dimeriahkan bintang tamu, yaitu Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri dan Diva Pop Indonesia Krisdayanti yang akan memeragakan busana hasil rancangan desainer Pricilla Saputro dan Irma Lumiga. KD juga akan memamerkan suaranya dengan duet bareng Danang, alumni Dangdut Akademi Indosiar. So pasti seru khan?

(sumber: Beritajatim.com)


loading...

Back To Top