PANTAI PARANG KURSI


Wisata pantai Parang Kursi, Pesanggaran, Banyuwangi.
Pantai Parang KursiPantai Parang Kursi yang terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi ini memang masih belum banyak dikenal wisatawan. Salah satunya karena lokasinya yang tersembunyi dan belum tersedia sarana dan prasarana yang memadai. Padahal letak pantai ini berada diantara dua pantai yang sudah terkenal di Banyuwangi, yaitu Pantai Pulau Merah dan Pantai Lampon. Pantai Parang Kursi berada di sebelah timur Pantai Pulau Merah dan sebelah barat Pantai Lampon. Ketiganya terletak di Kecamatan Pesanggaran.


Pantai Parang Kursi, Banyuwangi.

Mengenai namanya, sebelumnya ada banyak versi. Ada yang menyebut Pantai Manis, pantai Karang Kursi, ada juga yang menyebut Parang Kursi. Namun pada akhirnya oleh Bupati Azwar Anas, disepakati namanya adalah Pantai Parang Kursi. Hal ini tidak lepas dari keberadaan sebuah karang besar yang jika dilihat dikejauhan mirip sebuah kursi yang berdiri. Ada mitos tentang keberadaan karang ini, yaitu sebagai tempat Nyai Roro Kidul muncul ke dunia ini dari dunianya.        

Pantai Parang Kursi


Wisata Banyuwangi, pantai Parang Kursi.


Dari karang yang berbentuk seperti kursi tersebut, jika kita berdiri di atasnya, terdapat sebuah jendela angin dari bawah laut yang menghembuskan angin kencang dari laut yang kemudian disusul air laut yang menyembur ke atas. Uniknya, air yang menyembur tersebut tidak berasa asin melainkan tawar.   

Pantai Parang Kursi terletak di sebelah Lampon, Pesanggaran, Banyuwangi.
Di balik bukit yang terlihat dari Lampon itulah terletak Pantai Parang Kursi.
Untuk mencapai pantai yang indah dan masih sangat alami ini memang paling mudah dicapai dari Pantai Lampon. Jika Anda berada di Pantai Lampon dan melihat sebuah bukit, dibalik bukit itulah Pantai Parang Kursi. Dari arah Pasar Sanggar ambil jalur lurus ke selatan ke arah Lampon. Jalur dari Sanggar ke Lampon sudah mulus, karena sudah diaspal. Lalu lanjutkan perjalanan menuju ke arah pelabuhan di sebelah barat Lampon, disana titipkan kendaraan Anda. Setelah itu perjalanan dilanjutkan jalan kaki mengikuti jalan setapak yang merupakan jalur pegunungan Tumpang Pitu. Ada petunjuk arah yang dibuat oleh Kopiwangi (Komunitas Pecinta Pariwisata Banyuwangi).

Jalur menuju pantai Parang Kursi, Pesanggaran, Banyuwangi.


Selanjutnya Anda akan menyeberangi muara yang banyak ditumbuhi pohon bakau selama kurang lebih 15 menit. Muara tersebut pada saat air laut sedang pasang, ketinggian air mencapai setinggi lutut. Tapi kalau pas surut cuma setinggi mata kaki. Saat menyeberangi muara, Anda akan melihat sebuah bangunan peninggalan belanda. Konon itu merupakan bangunan pos pengintaian penjajah belanda. Lepas dari muara, perjalanan belum usai. Anda masih akan menyusuri sebuah bukit sejauh kurang lebih 1 km sebelum sampai pada pantai Parang Kursi.

Selain melalui Lampon, ada alternatif  jalur menuju Pantai Parang Kursi yaitu melalui Petak 56. Bahkan bagi Anda yang tidak suka menyeberangi muara, jalur Petak 56 dapat menjadi pilihan. Karena tidak perlu menyeberangi sungai. Untuk melalui Petak 56, pada saat mencapai perempatan jalan menuju ke Pulau Merah dan Lampon, Anda harus bertanya pada penduduk setempat. Mereka akan menunjukkan jalan yang harus ditempuh. Namun pada akhirnya, baik jalur melalui Lampon maupun Petak 56 akan bertemu di jalan yang sama.

Rute Menuju Parang Kursi

Banyuwangi kota/Jember - Jajag - Pasar Pedotan - Siliragung - Perempatan Pasar Pesanggaran - Pantai Lampon - Asrama TNI - Pelabuhan lampon - Parang Kursi.



loading...

Back To Top