PANTAI MUSTIKA BANYUWANGI, SENTRA LOBSTER SEKALIGUS PANTAI CANTIK BERKONTUR LANDAI DENGAN BUTIRAN PASIR EMASNYA

Pantai Mustika Banyuwangi
Pesona Pantai Mustika dengan butiran pasir emasnya (Instagram @zakki.firdaus)


Pantai Mustika Banyuwangi - Selain dikenal memiliki keindahan panorama alam dengan pasir putihnya, Pantai Mustika juga menjadi sentra lobster di Banyuwangi. Setelah pada tahun 2019 dikenalkan melalui event "Festival Pantai Mustika", giliran potensi kulinernya diangkat melalui "Festival Lobster".

Festival Lobster digelar di Pantai Mustika, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, selama dua hari (3-4 April 2021). Event tersebut untuk pertama kalinya berlangsung di Banyuwangi dan merupakan bagian dari agenda Banyuwangi Festival 2021.

Pemilihan Pantai Mustika sebagai lokasi, bukan sekadar berkaitan event pariwisata. Namun juga untuk mengenalkan kekayaan laut Banyuwangi, lobster khususnya.

Lebih dari itu, Pantai Mustika adalah pantai cantik dengan berbagai kelebihannya. Seperti apa?

PESONA PANTAI MUSTIKA BANYUWANGI

Pantai Mustika Sentra Kuliner Lobster

 
Menikmati lobster di Pantai Mustika, enaknya rame-rame
(Facebook.com/Pantai-Mustika-152070478607829)



Banyuwangi telah dikenal dengan keindahan wisata pantainya, salah satunya  Pantai Mustika. Pantai ini memiliki lansekap cantik dan dikenal sebagai sentra kuliner lobster. Potensi inilah yang diangkat melalui Festival Lobster 2021.
 
Lobster yang ditampilkan dalam festival ini adalah hasil tangkapan nelayan setempat. Pantai di pesisir selatan Banyuwangi ini memang dikenal sebagai salah satu penghasil lobster berkualitas ekspor.
 
Ekspor?
 
Yups, selama ini lobster-lobster dari Banyuwangi telah rutin diekspor ke Singapura, Malaysia dan Taiwan dari pintu bandara setempat lo. Baru tahu ya? Telat loh!

Bagaimana rasanya menyantap lobster2 semacam ini di pinggiran pantai? Jangan cuma membayangkan, kamu bisa langsung menghubungi sang empunya di (Instagram @yuna_seafood)



Festival Lobster 


Festival Lobster untuk mengangkat potensi lobster di Pantai Mustika (Antara foto)


Dalam Festival Lobster 2021, ditampilkan berbagai makanan dari olahan lobster. Diantaranya ada lobster bakar, lobster saus padang, lobster cheese cream hingga lobster berbumbu kari. Nah yang terakhir ini dipuji Bupati Ipuk Fiestiandani yang sempat mencicipinya. 

“Rasanya mantul, enak banget. Yang berbumbu kari ini saya suka,” ujarnya.



 
Festival Lobster ini bisa dibilang sebagai kelanjutan dari festival sebelumnya yang pernah digelar di lokasi yang sama. Sebelumnya pada 2019 lalu melalui Festival Pantai Mustika, Pemkab Banyuwangi sudah mempromosikan pantai ini sebagai destinasi wisata bahari dengan kekhasan kuliner lobsternya. Bisa dibilang, inilah festival lobster pertama di Indonesia.
 
Keistimewaan menikmati hidangan lobster di Pantai Mustika adalah kesegarannya. Lobster yang disajikan masih fresh karena berasal dari hasil tangkapan nelayan setempat. 

Hasil olahan lobster dalam Festival Lobster 2021 (Instagram @ipukdani)


Beraneka jenis lobster yang bisa diperoleh di Pantai Mustika antara lain lobster bambu, lobster pasir dan lobster mutiara. Namun yang paling sering ditemukan adalah lobster pasir dan bambu.
 
Kedepan, bekerjasama dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Bangsring, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pemkab Banyuwangi bakal membuat Lobster Center sebagai sentra penelitian dan pengembangan lobster.

Pesona Pantai Mustika


Pantai Mustika Banyuwangi (Instagram @pantaimustika.bwi)



Bicara tentang Pantai Mustika, pantai ini tidak kalah pesonanya dengan Pantai Pulau Merah lo. Soal popularitas Pulau Merah memang unggul karena lebih dulu dikembangkan, jadi wajar lebih banyak yang mengenalnya.

Namun keindahan yang dimiliki Pantai Mustika, dijamin tidak kalah dengan “saudaranya”.
 
Saudaranya?
 
Bisa dibilang antara Pulau Merah dan Pantai Mustika masih sodaraan lo. Kalau dilihat dari kondisi bibir pantainya, keduanya sama-sama memiliki kontur yang landai. Pasir pantainya pun sama-sama putihnya.
 
Dan kedua pantai ini pun masih tetanggaan. Lokasi Pantai Mustika kurang dari 4 KM ke arah Barat dari Pulau Merah. Secara peta, keduanya berada di garis pantai yang sama. Kalau kamu berjalan dari garis pantai satu ke lainnya, maka akan sampai di pantai satunya. 




Nah, kelebihan yang dimiliki Pantai Mustika, konturnya sangat landai dan luas, bibir pantainya membentuk setengah lingkaran. Kontur semacam ini memungkinkan kita melakukan banyak aktivitas di pantainya secara menyenangkan.

Butiran pasir Pantai Mustika terkenal dengan sebutan golden sands. Butiran pasir pantainya bertekstur halus sekali dengan warna putih kekuningan, tampak berkilauan tatkala sang surya menyinarinya, membentuk hamparan butiran pasir emas (golden sands) yang luas.

 
Kontur Pantai Mustika yang sangat landai dan luas (Instragram @lieswidilestari)

Butiran pasir Pantai Mustika terkenal dengan sebutan golden sands. Butiran pasir pantainya bertekstur halus sekali dengan warna putih kekuningan, tampak berkilauan tatkala sang surya menyinarinya, membentuk hamparan butiran pasir emas (golden sands) yang luas.

Golden sands Pantai Mustika, pasirnya halus banget (Instagram @gurlznicky)


Selain itu karakteristik ombaknya cukup aman dan menyenangkan bagi pengunjung untuk berenang, bermain atau sekadar berjalan menyusuri bibir pantainya saat pagi atau sore hari.

Yang mager nyebur di laut, bisa duduk cantik dari deretan kursi dibawah rindangnya pepohonan kelapa sambil menikmati keindahan pantai Mustika di kejauhan.

Ayok layangkan pandangan ke sisi barat, kamu akan menjumpai dermaga batu yang menjorok ke tengah laut. Di sekitarnya kamu akan melihat banyak perahu nelayan yang tengah bersandar. 

Sore hari di pantai Mustika, puluhan perahu nelayan yang bersandar menjadi
pemandangan dan spot foto yang menarik (https://id.pinterest.com/tour_banyuwangi)





Panorama sisi barat Pantai Mustika dilihat dari udara (Instagram @traveling_banyuwangi)


Pantai Mustika juga menjadi lokasi yang pas untuk menikmati panorama sunset di kala senja. Semburat rona warna jingga sang surya yang kembali ke peraduan merupakan momen cantik untuk diabadikan. Sangat romantis.




Melengkapi kebutuhan gaya hidup kekinian, Pantai Mustika juga dilengkapi glamour camping (glamping) di pinggir pantai bagi pengunjung yang ingin bermalam. Pihak pengelola sudah menyiapkan paket komplit, pengunjung tinggal menikmati saja, tidak usah ngurusin ini-itu yang bikin repot.

Glamping Pantai Mustika Banyuwangi
Glamping di Pantai Mustika (Facebook.com/Pantai-Mustika-152070478607829)



Suasana malam hari nge-camp di Pantai Mustika (Facebook.com/Pantai-Mustika-152070478607829)

Selain dikenal sebagai pantai yang memiliki keindahan panorama alam yang cantik dan pasir berwarna keemasan, Pantai Mustika adalah tempat terbaik menikmati lobster di Banyuwangi. Pecinta kuliner lobster wajib membuktikannya.

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top