LAYANAN TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI UBER RESMI BEROPERASI DI BANYUWANGI

Kini ada Uber di Banyuwangi. Berkunjung ke tempat-tempat wisata di Banyuwangi bakal makin mudah dan nyaman.

Perusahaan rintisan (start-up) dan jaringan transportasi asal San Francisco, California ini sejatinya sudah beroperasi di Jakarta sejak 2014 lalu.

Setelah melakukan ekspansi diberbagai kota besar Indonesia, pada Juni 2017 akhirnya Uber membuka membuka layanan ke Kabupaten Jember dan Banyuwangi. Uber mulai beroperasi di Banyuwangi sejak 22 Mei 2017.

Taksi Uber di Banyuwangi

Perluasan layanan ini menyusul kesuksesan perusahaan global ini yang telah lebih dulu hadir di kota-kota Jawa Timur seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang dan Batu.

Seperti dilansir laman Kabarbisnis.com, menurut Head of Public Policy and Government Relations Uber Indonesia, John Colombo, alasan pihaknya memilih Jember dan Banyuwangi karena di dua tempat tersebut memiliki potensi yang cukup bagus.

"Terutama potensi wisata yang dimiliki dua daerah ini. Juga pertumbuhan ekonomi daerah ini yang cukup signifikan," katanya di Surabaya, Kamis (8/6/2017).

Layanan transportasi Uber menggunakan aplikasi yang menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan sewaan serta layanan tumpangan.

Dengan menggunakan aplikasi Uber, warga dan pengguna di sejumlah kota kini dapat menekan satu tombol untuk mendapatkan layanan penjemputan di berbagai lokasi dan menikmati perjalanan yang aman, nyaman dan terjangkau dalam hitungan menit dengan kendaraan roda empat dari layanan uberX.

Aplikasi Uber di Google Play.
Untuk menggunakan Uber, pengguna harus mengunduh aplikasi Uber di Google Play.

Di sisi lain, aplikasi Uber menghadirkan peluang ekonomi yang fleksibel bagi warga yang ingin memperoleh pendapatan tambahan dengan cara berbagi tumpangan menggunakan kendaraan milik sendiri atau sewaan untuk untuk warga lain yang memerlukannya.

Pihak Uber berharap kehadiran aplikasi Uber dapat membantu meningkatkan mobilitas dan dinamika warga untuk aktivitas sehari-hari.

"Dulu waktu kami masuk ke Surabaya waktu tunggu penumpang adalah sekitar 10 menit dan sekarang waktu tunggu hanya enam menit. Artinya saat ini banyak pemilik kendaraan dan juga penumpang yang menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan sehari-hari mereka," ujar John.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya memiliki sekitar empat ribu mitra uber yang diharapkan mampu membantu mobilitas masyarakat.

"Dengan menggunakan layanan ini, tentunya dapat mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi dan mendorong penggunaan transportasi multimoda," ujarnya.

Menurut John, dari survei yang dilakukan saat ini sebanyak enam persen pengguna aplikasi ini telah berhenti menyetir kendaraan pribadi dan 62 persen mengurangi frekuensi menyetir kendaraan pribadi.

"Selain itu, menggunakan layanan ini merupakan pilihan yang lebih murah hingga 65 persen pertahunnya dibandingkan dengan memiliki mobil sendiri," ucapnya didampingi Dian Safitri, Head of Communications Uber Indonesia.

Pihaknya memprediksikan pada tahun 2020 nanti, penggunaan mobilitas bersama dapat mengurangi lebih dari 71 juta perjalanan dengan mobil di jalan-jalan di Indonesia.

"Selain itu, lebih dari 400 ribu warga Indonesia yang bisa masuk dalam sistem perbankan nasional berkat industri ini," jelas John.

Uber Banyuwangi
Uber di Banyuwangi

Untuk sementara waktu Uber di Banyuwangi baru tersedia layanan UberX, yaitu kendaraan roda empat dengan empat tempat duduk. Sedangkan untuk kendaraan roda dua masih melihat perkembangannya.

Kantor operasional Uber di Banyuwangi berada di Kantor Koperasi Wiratama Mandiri, Jl. Brawijaya No. 27 Banyuwangi (Sebelah Hotel Aston). Waktu operasional mulai hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.00-16.00 WIB, sedangkan hari Minggu libur.

Lihat juga : Info Taxi di Banyuwangi

Untuk menggunakan jasa transportasi Uber, pengguna dapat mengunduh aplikasinya di Apple Store bagi pengguna iOS dan Google Play Store bagi pengguna HP Android secara gratis.

Keberadaan layanan transportasi Uber berbasis aplikasi ini tentunya diharapkan dapat mendukung iklim wisata di Banyuwangi. Kemudahan layanan dan kepastian biaya yang ditawarkan akan menjadi alternatif transportasi dan perjalanan wisata di Banyuwangi bagi para wisatawan dan warga lokal. 


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top