EKSOTISME TELUK BANYU BIRU ALIAS SELANGGRONG

Teluk Banyu Biru Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Teluk Banyu Biru  - Obyek wisata laut ini tergolong masih belum banyak diketahui bahkan oleh masyarakat Banyuwangi sendiri. Maklum keberadaannya memang belum tergarap secara profesional, selain itu lokasinya cukup tersembunyi serta hanya bisa dijangkau melalui jalur laut, membuat keberadaan Teluk Banyu Biru kurang populer di kalangan traveller.

Teluk Banyu Biru berada di Kecamatan Muncar, Banyuwangi, lokasinya di balik semenanjung Sembulungan dan masih termasuk di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Masyarakat sekitar menyebut teluk biru dengan sebutan Selanggrong. Meskipun surga bawah laut yang satu ini belum sepopuler seperti Teluk Hijau, Pulau Merah, Sukamade, Kawah ijen, dll namun keindahannya dijamin tidak kalah.

Berbeda dengan Teluk Hijau yang mempunyai keindahan pasir putih dan warna air lautnya yang kehijauan, sedangkan Teluk Biru keindahannya justru terletak di bawah laut dengan pemandangan  terumbu karangnya yang eksotis dan berbagai macam biota laut, sehingga Teluk Biru bisa menjadi alternatif snorkeling di Banyuwangi selain di Pulau Tabuhan, Bangsring maupun Pantai Bama di Baluran. Laut disini juga masih asri dan alami, terbukti dari warna lautnya yang biru jernih.  Itulah kenapa teluk ini dinamakan Teluk Biru atau Blue Bay.
Teluk Banyu Biru Muncar

Teluk Banyu Biru



Teluk Banyu Biru Muncar


Teluk Banyu biru merupakan kawasan Fishground (Areal tangkap ikan) nelayan di sekitar selat Bali. Akibat kurangnya informasi tentang kelestarian Laut, sejak tahun 80-90an sampai sekarang banyak nelayan melakukan penangkapan ikan dengan bom Ikan, potasium dan penangkapan ikan dengan jaring monofilament yang tidak pada tempatnya, sehingga mengakibatkan kerusakan yang luar biasa.

Untuk menjaga kelestarian lingkungan setempat dan tidak terjadi lagi pengeboman ikan, kawasan ini dilindungi oleh komunitas sekitar yang bernama Gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku). Komunitas ini mempunyai beberapa kegiatan pelestarian lingkungan. Diantaranya adalah penanaman fish apartement, transplantasi terumbu karang, dan penanaman pohon mangrove yang bertujuan untuk menyelamatkan alam sekitar.

Di sini pengunjung dapat melakukan aktivitas diving, snorkeling, ski air, berenang, berkano maupun berperahu. Letak Banyu Biru yang berada di sebuah teluk membuat kita merasa nyaman untuk melakukan aktifitas snorkling, karena ombaknya tenang dan terumbu karang yang masih bagus. Aktivitas menjaring ikan atau memancing juga dapat dilakukan karena kawasan ini oleh para nelayan dikenal sebagai kantong ikan. Sementara di bagian tengah terdapat sungai (Sunglon) yang disampingnya terdapat tonjolan daratan yang sering disebut sebagai Legon. Di Legon ini perairannya relatif tenang dan dapat digunakan beristirahat di atas perahu tanpa takut goncangan ombak besar.



Keindahan bawah laut Teluk Banyu Biru




Untuk mencapai lokasi Teluk Biru satu-satunya akses melalui jalur laut. Pengunjung bisa menyewa perahu Katiran, perahu tradisional atau kapal boat dari pelabuhan Muncar dengan biaya sewa sekitar Rp 300ribu-Rp 500ribu. Dalam satu paket perjalanan menuju banyubiru biasanya sudah disediakan alat-alat Snorkling, Life Jaket, dan Kano.


Ombak di daerah muncar cukup besar dan lama perjalanan dari pelabuhan menuju Teluk Biru sekitar 2-3 jam, sehingga kalau mau datang sebaiknya di pagi hari sampai siang hari untuk menjaga keselamatan, karena kalau di sore hari para nelayan tidak mau mengantarkan dikarena ombaknya yang terlalu besar. Waktu terbaik pergi ke Teluk Biru adalah di Jam 2 dini hari sehinnga anda bisa menikmati sunrise di tengah laut.




Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

5 komentar:

  1. terimakasih untuk infonya, tapi sangat disayangkan untuk yang ada di video. untuk sekedar share usahakan jangan injak atau pegang terumbu karang karena bisa merusak terumbu karangnya.

    BalasHapus
  2. Mohon alamat GEMURUH di cantumkan... Karna hari ini saya di pelabuhan muncar dan tanya info petjalanan ke teluk biru sangat sedikit info yang di dapat.

    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Alamat : tembokrejo muncar baru rt/rw 03/09
    call/sms/WA : 082230101108
    pin bb : 5B9464C3
    salam telukbiru mbolang
    kami siap melayani anda semua

    BalasHapus
  4. Kunjungi facebook kami (telukbiru mbolang), semua nya lengkap disitu dengan paket pilihan travel elf sama paket biasa nya

    BalasHapus

Scroll to top