PANTAI WEDI IRENG DAN TEKA-TEKI PASIRNYA

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi - Dibandingkan pantai Pulau Merah, pantai yang satu ini jelas kalah populer, meskipun masih berada dalam satu jalur. Masalahnya lokasinya sulit terjangkau. Padahal keindahannya tidak kalah, oleh Teluk Hijau sekali pun. Bahkan ada kemiripan antara pantai Wedi Ireng dengan pantai Teluk Hijau. Bentuknya seperti huruf "W". Namun pantai Wedi Ireng memiliki garis pantai yang lebih panjang. Ada dua sisi pantai di Wedi Ireng, tapi dipisahkan oleh bebatuan di tengah pantai. 

Wisata pantai Wedhi Ireng di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.
Pantai Wedi Ireng letaknya di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak dirambah wisatawan. Secara geografis posisi Pantai Wedi Ireng diapit oleh Pantai Pulau Merah dan Teluk Hijau. Jaraknya hanya sekitar 5 km dari Pantai Pulau Merah. Meski tanpa tiket masuk, namun pengunjung wajib menjaga keasrian tempat ini dan membawa pulang sampah yang dihasilkan.

Jika pantai selatan umumnya terkenal dengan ombaknya yang tinggi, namun berbeda dengan Wedi Ireng, keindahan teluk berpasir putih diapit bukit-bukit hijau serta ombaknya yang landai akan menyambut kedatangan wisatawan. Anda pasti akan betah berlama-lama menikmati indahnya pantai wedi ireng ini. Teluk yang sunyi, pasir yang bersih, pepohonan besar nan rindang, hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi dan birunya lautan adalah perpaduan sempurna yang memberi kedamaian dihati.

Jika diperhatikan Pantai Wedi Ireng terdiri dari dua bagian, sisi barat dan sisi timur, yang dipisahkan dengan bebatuan. Pengunjung umumnya memilih berlama-lama di sisi barat yang memiliki ombak yang lebih tenang dibandingkan sebelah baratnya.
Sisi timur pantai Wedi Ireng (sumber : Google.com)
Sisi barat pantai Wedi Ireng
Keseluruhan view pantai Wedhi Ireng.
Pantai Wedi Ireng relatif masih belum banyak terjamah oleh wisatawan, jadi kondisi alamnya masih bener-bener masih alami. Keunikan pantai ini terletak pada beberapa elemen yang membentuknya, yaitu pasir halus putih, pasir coklat yang agak kasar dan hamparan batu karang yang menambah eksotisnya pantai Wedi Ireng.
Pantai Wedhi Ireng, Banyuwangi.
Hamparan batu karang di pantai Wedi Ireng.
Indahnya Wedi Ireng di Banyuwangi.

Wisata pantai Wedhi Ireng, Pesanggaran, Banyuwangi.


Lalu dimana keterkaitan nama Wedi Ireng, yang berarti pasir yang berwarna hitam dengan kenyataan pasir pantainya yang terlihat berwarna putih kecoklatan?

Nama Wedi Ireng ternyata merefleksikan salah satu keunikan elemen yang terdapat pada pantai ini. Cobalah Anda keruk pasir pantainya, disana Anda akan menemukannya sekaligus menjawab rasa penasaran tentang keterkaitan nama Wedi Ireng untuk pantai yang indah ini. Dibalik pasir putih pantainya yang terlihat ternyata menyimpan butiran pasir hitam didalamnya. Inilah sebabnya pantai ini disebut dengan sebutan Pantai Wedi Ireng.

Saat ini Pantai Wedi Ireng dikelola oleh Pokmas Wisata Wedi Ireng, sehingga secara perlahan tapi pasti sarana dan fasilitas wisata di pantai ini semakin diperhatikan. Saat ini wisatawan yang berkunjung ke Pantai Wedi Ireng selain bisa menikmati keindahan alamnya, juga bisa menjelajahi panorama bawah lautnya yang kalah indahnya. 

Pihak pengelola wisata Wedi Ireng telah menyiapkan alat snorkeling bagi wisatawan yang ingin menjelajahi bawah laut yang memiliki aneka terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni. 


Fasilitas yang tersedia bagi wisatawan antara lain tempat bilas, kursi malas, payung dan tentunya tempat sampah. Warung makan dan minum juga sudah tersedia di pantai ini.

RUTE MENUJU PANTAI WEDI IRENG

Tidak sulit menemukan pantai Wedi Ireng, tapi dibutuhkan perjuangan untuk mencapainya.
Dari pusat kota Banyuwangi, jaraknya sekitar 65 km yang bisa ditempuh selama tiga hingga empat jam perjalanan. Dari Banyuwangi menuju ke Kecamatan Jajag dan ikuti petunjuk jalan menuju Pulau Merah. Wilayah Pedotan merupakan pusat keramaian terakhir dari jalan yang dilewati. Di sini dapat dibeli perbekalan dan keperluan pribadi karena selanjutnya tak ada pertokoan.



Sebelum Pulau Merah, ikuti petunjuk jalan menuju Pantai Pancer,  yang jaraknya sekitar 3 km dari Pulau Merah (versi Google jaraknya 4,5km). Dari Pancer ada dua jalan menuju Wedi Ireng yang berjarak sekitar 2 km di sebelah barat. Pertama dari tempat pelelangan ikan Pancer lurus mengikuti jalan sekitar dua km. Anda jangan segan bertanya ke warga sekitar dan menitipkan kendaraan Anda di sana.

Pilihan jalan kedua, parkir kendaraan di sekitar TPI dan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju muara sungai. Pilihan ini hanya direkomendasikan untuk penyuka petualangan karena harus menyebrangi muara, naik turun bukit serta melewati hutan. Di pagi hari, mudah saja melewati muara, karena air hanya setinggi betis. Namun di siang hari, laut pasang sehingga harus menyeberang dengan kapal nelayan, ongkosnya hanya Rp 5 ribu.

Setelah menyeberangi muara, ada dua jalan setapak. Pilih yang kanan atau jalan di sebelah barat dan dari sini Anda akan melewati bukit penuh pohon pisang sebelum masuk hutan. Sekitar 30 menit berjalan di bawah rerimbunan daun dan ditemani kicauan burung-burung liar, kondisi jalan cukup curam dengan kemiringan sekitar 80 derajat, sehingga harus ekstra berhati-hati. Selain itu sewaktu melewati semak belukar banyak ranting-ranting pohon yang berduri, karena itu jangan lupa untuk membawa sebatang kayu sebagai perlindungan diri dari duri-duri yang tajam.

Lelah perjalanan akan terbayarkan oleh pemandangan yang indah pantai Wedi Ireng di depan mata. 

Dari pantai Pancer bisa naik perahu nelayan ke pantai Wedhi Ireng.
Ojek perahu yang siap mengantarkan Anda menuju Pantai Wedi Ireng.
Bagi pengunjung yang tidak memiliki cukup waktu,  perjalanan menuju pantai Wedi Ireng ini bisa juga dilakukan menggunakan perahu milik para nelayan di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Banyak perahu-perahu nelayan - mereka menyebutnya ojek perahu - yang siap mengantarkan Anda menuju 'surga' baru Wedi Ireng yang berlatar belakang pulau-pulau kecil. 

Dengan ongkos Rp 40 ribu, Anda bisa diantar jemput menggunakan perahu kecil. Namun bila hanya untuk mengantar atau menjemput di Pantai Wedi Ireng, nelayan hanya mematok harga Rp 25 ribu dengan perjalanan yang memakan waktu sekitar 30 menit.

Selain itu, ojek perahu ini juga menawarkan beberapa trip laut di wilayah tersebut. Pengunjung diajak mengelilingi beberapa pulau, seperti Pulau Bedil, Pulau Mustika, Pasir Pendek, Batu Mukijo dan transit ke Pantai Wedi Ireng. Ongkosnya Rp 550 ribu untuk maksimal 6 orang.


AIR TERJUN PLOSOAN
  
Air terjun Plosoan di lokasi pantai Wedi Ireng, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.


Setelah Anda puas bermain dan menikmati keindahan Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi, sempatkan untuk menengok air terjun Plosoan. Di sana ada air terjun yang meluncur turun di atas batu raksasa berwarna kehijauan. Jaraknya sekitar 1 km dari bibir pantai. Selain itu, pemandangan hutan di sepanjang jalan menuju air terjun ini, cukup rindang dan menyejukkan.




Penduduk setempat menyebutnya Air Terjun Plosoan. Karena batu yang dialiri air ini bentuknya seperti tikar atau keloso dalam Bahasa Jawa). Tingginya sekitar 10 meter dengan air mengalir di atasnya.

Yang menarik dari air terjun Plosoan ini adalah warna batu yang dialiri air berwarna hijau. Warna hijau ini bukan karena lumut tapi berasal dari batu yang alami. Warna batunya memang hijau asli sebab kalau lumut tentunya licin.

Apalagi saat kita sudah puas menikmati panasnya Pantai Wedi Ireng, menikmati air terjun ini serasa di surga, karena airnya sangat jernih dan segar.

Namun, butuh perjuangan untuk sampai ke sana. Jalan yang dilalui memang tidak terlalu mendaki. Namun medannya cukup sulit dengan semak belukarnya yang menghalangi perjalanan. Selain itu, menyebrangi anak sungai dan kayu-kayu tumbang juga menjadi tantangan saat menuju air terjun tersebut

Keberadaan air terjun ini masih sedikit yang mengetahui. Adalah Wagiman, seorang penduduk setempat bersama anaknya yang membuka akses jalan menuju Air Terjun Plosoan. Semoga ke depan ada perhatian dari pemerintah untuk turun tangan membangun fasilitas penunjang bagi wisatawan yang berkunjung ke Wedi Ireng maupun Air Terjun Plosoan.

TIPS MENUJU WEDI IRENG

- Jangan lupa membawa bekal air minum sebanyak mungkin, karena Anda pasti sangat kehausan sesampainya di pantai Wedi Ireng. Namun sekarang sudah ada beberapa warung yang menyediakan minuman dingin dan kelapa muda bagi pengunjung yang kehausan. 
- Tidak ada salahnya sewaktu masih di TPI Pancer membeli ikan sebagai bahan pengisi perut setelah melewati perjalanan yang sangat menyita energi. Tentu sangat mengasyikkan membakar ikan di tepi pantai sambil menikmati panorama indah sekeliling pantai.
- Siapkan kayu atau bambu untuk menyibak rimbunnya semak belukar yang dilewati di tengah hutan, sekaligus untuk melindungi badan dari duri-duri belukar yang tajam.
- Jangan meninggalkan sampah di pantai. Ingat, wisata ya wisata, ambil indahnya, jangan tinggalkan kotoran setelahnya.


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

22 komentar:

  1. Terimakasih atas tulisan dan informasi yg pastinya penting buat penyuka #backpacker
    Soal pasang surut di muara/dilaut, setahuku tergantung kpd posisi bulan. Bukan tergantung kpd malam ato siang. Mdh2an benar adanya :)
    Sekali lagi terimakasih.
    #Pancer #WedhiIreng #BackPackers #Banyuwangi

    BalasHapus
  2. anjrit.,baru tw klo ada pantai ini di banyuwangi..indah bgt.

    BalasHapus
  3. Wualah dalah ne pantai kan dekat ma rumahku, he... iya uapik tenan. para maniak wisata nyesel klo gak mampir d wedi ireng, karena nuansa bener2 indah. Sayang aq g sempat bakar ikan waktu k WI

    BalasHapus
  4. Kereng banget nih Banyuwangi, banyak surga tersembunyi

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. parkir 5000
      naik prahu 5000 tpi di trus kan jalan kaki
      kalok pengen gak jlan kaki naik prahu 25000 langsung ke tempat tujuan :)

      Hapus
    2. oo ya kawan itu arah nya duluan mana teluk ijo kah apa teluk merah duu yak., ak bingung cari info lengkap nya.,., maksud nya itu dari arah kota banyuwangi tsb 1 jalur sma pantai yg ku maksut kah ., mohon info nya yak

      Hapus
    3. @Onny Prida.H
      Wedi Ireng dekat dengan Pulau Merah. Coba tanyakan orang-orang di sana, pasti dengan senang hati akan ditunjukkan arah jalannya.

      Kalau Teluk Hijau harus ke Rajekwesi dulu, dari sana bisa lewat jalur treking atau sewa perahu ke Teluk Hijau. Antara Pulau Merah/Wedi Ireng dan Teluk Hijau memang jalurnya sama tp beda arahnya ketika mencapai sebuah pertigaan di Pesanggaran, kalau Pulau Merah belok kiri, Teluk Hijau masih terus.

      Hapus
    4. pantai wedi ireng itu kan dikelola oleh kelompok masyarakat setempat ya ? apakah kelompok masyarakat tersebut sudah mendapat ijin dari dinas pariwisata banyuwangi ? thanks infonya

      Hapus
  6. Sampai saat ini gratis, bayar parkirnya saja.

    BalasHapus
  7. hari ini saya mau kesana, doakan selamat sampai tujuan dan pulang juga selamat

    BalasHapus
  8. jadi pengen kesana nih, makasih infonya

    BalasHapus
  9. Kalau belom melihat dan menikmati belom lengkap

    BalasHapus
  10. tunggu aq disana pantai banyuwangi

    BalasHapus
  11. untuk tempat parkir mobil aman gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk parkir bisa di area Pantai Mustika atau di Pantai Pancer, pengelola warga setempat, jadi cukup amanlah karena ini menyangkut mata pencaharian mereka juga.

      Hapus
  12. 1.Apakah bisa bermalam/camp disana ?
    2.kalau melalui jalur tracking apakah ada petunjuknya?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  13. @GeryRetanubun. Setahu saya tidak boleh kemping di lokasi Wedi Ireng. Untuk jalur tracking sebaiknya fungsikan GPS (gunakan penduduk setempat).

    BalasHapus

Scroll to top