INFO JADWAL DAN HARGA TIKET BUS DAMRI RUTE JAKARTA-BANYUWANGI PP

Armada AKAP bus DAMRI (via Jumanto.com)


Jalan-jalan ke Banyuwangi makin banyak pilihan transportasi. Setelah Pandawa 87 melansir sleeper bus rute Jakarta-Banyuwangi PP, sekarang menyusul bus DAMRI milik BUMN meluncurkan rute yang sama. 

Launching rute baru bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) DAMRI dari Jakarta ke Banyuwangi PP ini dilakukan dengan keberangkatan perdana pada tanggal 24 Desember 2021 dari pool DAMRI di Kemayoran.

Untuk melayani trayek Jakarta-Banyuwangi, bus DAMRI menyiapkan armadanya dalam dua kelas, yaitu Royal dan Eksekutif.

Rute trayek Jakarta - Banyuwangi PP bus DAMRI akan melewati kota-kota Jakarta - Cirebon - Semarang - Probolinggo - Jember - Banyuwangi full tol.

Bus akan berangkat dari Pool Kemayoran pada pukul 14.00 WIB dan transit di beberapa kota untuk menaik-turunkan penumpang. Diperkirakan bus akan tiba di Terminal Brawijaya Banyuwangi antara pukul 7-8 WIB.

Kelas Bus DAMRI

Dilansir dari situs Tribunnews.com, untuk bus DAMRI trayek antar kota antar provinsi yang dilayani perusahaan pelat merah ini terdapat tiga pilihan kelas, yaitu Kelas Royal, Kelas Eksekutif dan Kelas Bisnis.

Perbedaannya terletak pada fasilitas dan kenyamanan yang diperoleh penumpang, dan tentunya harga tiket yang berbeda. Dari tiga kelas tersebut, Royal Class DAMRI merupakan kelas tertinggi dengan fasilitas terbaik. 

Berikut perbedaan masing-masing kelas bus DAMRI trayek antar kota antar provinsi :

ROYAL CLASS BUS DAMRI

Seat Royal Class DAMRI (via channel Youtube DN_AZ3)

- Eksterior : warna warna merah cerah, dan biru langit nan terang di masing-masing armada.
- Fasilitas penumpang : AC, Wi-fi, televisi, charger HP, toilet dan kursi mewah layaknya di pesawat. 
- Dilengkapi dengan kitchen set/minibar, sarana pijat refleksi dan karaoke. Di minibar ada dispenser kecil, dan beberapa sachet kopi gratis bagi penumpang.
- Di bagian belakang ada 2 kursi untuk penumpang yang ingin merokok sekaligus sebagai refleksi, ruang toilet dan minibar. Di minibar sendiri ada dispenser kecil, dan beberapa sachet kopi yang disediakan gratis bagi penumpang.
- Armada bus dengan suspensi kelas satu, yang meminimalkan guncangan dan tidak berisik.
- Jumlah kursi penumpang 23 tempat duduk dengan formasi 1-2. Kursi single sebelah kiri, 2 kursi sebelah kanan.

Bagian belakang Royal class DAMRI (via channel Youtube Ahmad Wildani)


Sementara untuk kelas Bisnis dan Executive, fasilitasnya dibawah kelas Royal. Kenyamanan penumpang berkurang mengingat daya tampung bus lebih banyak.

Untuk kelas Eksekutif jumlah kursi penumpang adalah 24 tempat duduk dengan formasi 2-2. Sedangkan untuk kelas Bisnis memiliki jumlah kursi penumpang adalah 43 tempat duduk dengan formasi 2-2.  

Namun menurut pengalaman seorang penumpang Irja Nailal Ulya yang dishare di akun Youtubenya, untuk kelas Eksekutif rute Jakarta-Malang, jumlah seatnya adalah 32 dengan fasilitas bus meliputi reclining seat dengan leg rest, tanpa bantal dan selimut. Ada juga colokan HP.

Jumlah seat penumpang tiap kelas sepertinya tidak pakem, karena info dari beberapa sumber, jumlahnya beda-beda. Mungkin tergantung juga pada tipe bus dan karoserinya.

Namun untuk trayek Jakarta-Banyuwangi, seperti dijelaskan pada akun Instagram @damriindonesia, pihak DAMRI hanya meluncurkan kelas Royal dan Eksekutif. 

Hal ini mungkin dengan pertimbangan kenyamanan penumpang, mengingat jarak tempuh yang relatif jauh, sehingga meniadakan kelas Bisnis untuk rute ini.

Tarif Bus DAMRI Jakarta-Banyuwangi


Untuk melayani trayek jurusan Jakarta-Banyuwangi, pihak DAMRI menyiapkan dua tipe bus, Royal Class dan Executive class.

Untuk kelas Royal pihak DAMRI mematok harga Rp 445 ribu dan Rp 380 ribu untuk kelas Eksekutif.
Sedangkan untuk tarif dari kota lain bisa dilihat dibawah ini.

Tarif bus DAMRI rute Jakarta-Banyuwangi (sumber Instagram @damriindonesia)


Penjualan Tiket Bus DAMRI

Bagi calon penumpang bus AKAP DAMRI tujuan Banyuwangi atau Jakarta, pembelian tiketnya dapat dilakukan melalui beberapa cara. Kamu bisa memilih cara yang paling 

1. Aplikasi DAMRI di android.


3. Redbus

4. Traveloka

5. Alfamart 

6. Indomaret

Syarat perjalanan DAMRI sesuai Surat Edaran (SE) 

Selama masa pandemi Covid-19, pihak DAMRI mengikuti kebijakan pemerintah untuk menerapkan syarat perjalanan darat.

Khusus untuk perjalanan akhir tahun 2021, syarat operasional perjalanan bagi calon penumpang bus DAMRI mengacu pada Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 24 Tahun 2021 tentang pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat Selama Periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam masa pandemi Covid-19, yaitu :

-Menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama melalui aplikasi PeduliLindungi.
-Penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid, sehingga tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi. 
-Menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. 

Penumpang berusia di bawah 12 tahun belum diperbolehkan melakukan perjalanan. Penumpang yang tidak memenuhi persyaratan tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan.

Dengan hadirnya bus DAMRI trayek jauh antar kota antar provinsi Jakarta-Banyuwangi PP, wisatawan yang akan berlibur di Banyuwangi melalui darat jadi memiliki alternatif transportasi. Dan semoga informasi jadwal dan harga tiket bus DAMRI trayek Jakarta-Banyuwangi PP ini bermanfaat bagi para calon penumpang.


Keberangkatan bus DAMRI dari Jakarta:
Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta
Pool Damri Kemayoran, JL.Angkasa No.17, Jakarta
Terminal Kampung Rambutan

Keberangkatan dari Banyuwagi :
Terminal Brawijaya
Jl. Brawijaya, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68417

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top